Search Suggest

6 Fakta Menarik tentang Ikan Pari yang Jarang Orang Tahu

Ikan pari merupakan salah satu ikan dengan keunikan tersendiri dan banyak fakta menarik yang belum banyak diketahui dari ikan tersebut. Yuk, simak!

Fakta Menarik tentang Ikan Pari

Ikan pari merupakan salah satu jenis ikan yang mudah ditemukan. Kamu bisa menemukannya baik di perairan subtropis maupun tropis. Mereka juga termasuk yang suka perairan hangat dan dangkal. 

Setidaknya terdapat 60 spesies ikan pari yang bisa kamu temukan serta memiliki keunikannya masing-masing. Salah satu ciri khasnya adalah memiliki bentuk tubuh yang datar serta lebar. Terlihat seolah-olah seperti memakai baju yang panjang.

Inilah Fakta Ikan Pari yang Harus Kamu Tahu

Seperti penjelasan di awal bahwa ada banyak spesies ikan pari yang tersebar di seluruh dunia. Misalnya ada yang mempunyai ukuran sekitar 190 sentimeter serta memiliki berat badan 350 kilogram.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang fakta ikan tersebut. Untuk itu kami akan membahasnya kali ini.

1. Masih Kerabat Ikan Hiu

Mungkin hal ini membuatmu sedikit terkejut. Banyak ahli hewan yang meyakini bahwa ikan pari serta beberapa jenis hiu berasal dari nenek moyang atau keturunan yang sama. Salah satunya terbukti dengan ciri khas di mana keduanya sama-sama termasuk ikan yang bertulang rawan.

Ketika berburu, keduanya sama-sama memakai pori-pori elektromagnetik. Penemuan ini tentu membuat banyak orang terkejut karena selama ini tidak pernah terpikirkan jika keduanya masih kerabat.

2. Ikan Pari Tidak Memiliki Kerangka Tulang

Ikan pari adalah ikan yang tubuhnya berasal dari tulang rawan. Ini merupakan jenis tulang yang sama di mana kamu juga akan menemukannya pada telinga serta hidung manusia. Salah satu keuntungannya adalah membuat ikan terlebih lebih mudah bergerak.

Maka tidak heran ketika ikan tersebut mempunyai fleksibilitas yang lebih baik. Karena tulang ini juga membuatnya mampu melakukan gerakan seperti mengepak ketika berenang.

3. Racun di Bagian Ekor

Meskipun terlihat sebagai ikan yang biasa saja dan tidak menyeramkan, namun faktanya ikan ini memiliki racun yang terdapat di bagian ekor. Fungsi racun tersebut tentu saja sebagai perlindungan dari pemangsa seperti hiu.

Berbeda dengan hewan lain yang juga menggunakan racunnya untuk berburu, pada ikan pari hanya berfungsi sebagai pertahanan diri. Racun tersebut tidak digunakan ketika berburu.

4. Memiliki Penglihatan yang Buruk

Apakah kamu tahu bahwa ikan ini mempunyai penglihatan yang sangat buruk? Mungkin kamu bertanya bagaimana cara mereka untuk tetap bertahan dan mencari mangsa? Jika kamu perhatikan, matanya ada di atas tubuh.

Kondisi ini menyulitkan mereka ketika ingin mencari ikan yang berada di bawah tubuhnya. Maka dari itu, untuk berburu maka ikan tersebut akan memanfaatkan sensor elektro alias organ listrik. 

Organ inilah yang bekerja sebagai insting untuk bisa menemukan lokasi serta mendeteksi pergerakan mangsanya.

Uniknya lagi, kemampuan ini juga sama dengan dimiliki ikan hiu. Sensor yang letaknya di sekitar mulut tersebut memiliki nama ampullae of Lorenzini.

5. Ikan Pari Pandai Bersembunyi

Untuk fakta berikutnya ini mungkin bukan sesuatu yang baru. Namun masih banyak yang belum mengetahui fakta tersebut. Biasanya warna ikan mencerminkan kondisi di dasar laut.

Ikan tersebut kerap mengubur dirinya di pasir. Kemudian kamu hanya akan melihat matanya yang seperti bergerak mengikuti ombak. 

6. Berusia 15 Sampai 25 Tahun

Saat ini, yang menjadi ancamannya bukan predator melainkan lebih ke manusia. Banyak perburuan ikan tersebut yang menyebabkan populasinya semakin terancam. Belum lagi dengan eksploitasi terumbu karang sehingga menyebabkan populasinya menurun hingga 30 persen.

Sekian pembahasan seputar beberapa fakta menarik tentang ikan pari. Setiap ikan hadir dengan keunikannya masing-masing. Semoga informasi ini semakin menambah wawasan kita tentang hewan laut dan keunikannya!

6 Fakta Menarik tentang Ikan Pari yang Jarang Orang Tahu
Table of Contents
Sahputra
Hallo. Saya Sahputra, Saya seorang penulis dan juga seorang Digital Marketing.

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos