Search Suggest

Ikan Wolfish : Ikan Jenis Predator Galak Banget

Ikan wolfish merupakan ikan predator dengan sifat buas oleh masyarakat lokal habitat aslinya. Dikenal juga dengan Trahira serta julukan mengerikan

Ikan Wolfish


Ikan wolfish merupakan ikan predator dengan sifat buas oleh masyarakat lokal habitat aslinya. Dikenal juga dengan Trahira serta julukan mengerikan serigala air. Meski begitu ikan ini tetap menjadi incaran oleh kolektor asing dan di Indonesia. 

Ikan ini termasuk kelas Actinopterygii dengan nama latin Hoplias malabaricus yang hobi memangsa hewan lainnya. Habitatnya aslinya berada di perairan Amerika Latin yang meliputi negara seperti Ekuador, Argentina, Kosta Rika, Peru dan lainnya. 

Jenis ikan tawar ini sangat suka menyantap hewan yang memiliki ukuran lebih kecil dari dirinya. Warna ikan wolfish cukup beragam, sehingga menarik perhatian para kolektor untuk dijadikan sebagai peliharaan. Warna umumnya seperti coklat. Abu-abu dan warna gelap lainnya. 

Hingga kini ikan satu perairan air tawar ini semakin banyak diburu untuk dijadikan koleksi. Terkenal dengan sifatnya yang sangat galak menjadi daya tertarik tersendiri bagi para pecinta hewan air berbentuk unik. 

Karakteristik Predator Buas Ikan Wolfish


Terdapat karakteristik khusus yang menjadi ciri khas dari wolfish. Misalnya saja namanya diambil dari bentuknya yang mirip dengan serigala yang hidup di darat dan beberapa karakteristik lainnya. Apa saja? Lihat penjelasan ini

Bentuk 

Seperti namanya mendapat julukan sebagai serigala air. Tidak hanya sekedar nama, namun bentuknya benar menyerupai seekor serigala. Memiliki postur kuat dan menyeramkan dengan tampilan gigi yang menonjol dan sangat tajam. 
Kulitnya memiliki warna yang bervariasi setiap spesiesnya. Namun, pada umumnya banyak ditemui memiliki warna coklat dengan garis vertical atau horizontal dengan warna lebih gelap dari warna dasar kulitnya. 

Pada ukuran paling besar bisa mencapai lebih dari 50 cm dan berat kurang lebih 8 kg. untuk memeliharanya tentu harus menyiapkan wadah dengan kapasitas besar dan luas agar ikan wolfish dapat bergerak bebas mirip habitat aslinya. 

Pakan

Predator ini makanannya adalah daging hewan kecil. Ia memangsa dengan cara ganas dengan gerakan cepat dan lincah serta kekuatan luar biasa yang dimilikinya. Jika suatu saat kamu berminat untuk memeliharanya, bisa memberikannya makanan lain seperti udang, cacing atau ulat Hongkong.

Ikan ini juga termasuk ikan nocturnal sehingga aktivitasnya kebanyakan di lakukan malam hari termasuk berburu. Dengan aliran deras dan tampilan air keruh tidak menghalanginya untuk menjadi pemburu Tangguh di perairan.

Habitat 

Habitat aslinya berada di aliran sungai dengan arus kuat dan deras. Air yang disukainya termasuk air keruh yang akan membuat kesulitan untuk melihat ke dalamnya. Ia akan aktif pada saat malam hari dibandingkan pada saat hari masih terang. Ikan wolfish beristirahat di vegetasi di mana banyak tumbuhan di sekitarnya. 

Tempramen 

Pergerakan yang cenderung tidak aktif ini dan tempramen pendiam, bisa membaut salah paham. Tetapi jangan salah ikan satu ini sangat berbahaya. Ukuran tankmate harus lebih besar daripada mulutnya ini agar tidak dimakan olehnya. 

Jika kamu niat memelihara ikan wolfish ini, jangan menempatkannya dengan ikan lainnya atau akan dimangsa. Dengan ukuran badan yang besar tersebut akan membuatnya susah bergerak jika ditempatkan bersama ikan lainnya. 

Jenis 

Terdapat beberapa jenis yang bisa ditemukan diantaranya Hoplias Aimara, Hoplias Malabaricus. Hoplias Aimara memiliki habitat di Amerika Selatan, Brazil, Kolombia dan sebagainya. Hoplias Malabaricus memiliki ukuran hingga 55 cm.
 
Jadi, apa kamu tertarik untuk menjadikannya sebagai peliharaan di rumah? Sebelum itu pelajari dulu karakteristiknya ini dan cara merawatnya agar tidak kewalahan nantinya. Ikan wolfish tetap saja predator jadi bisa berbahaya tanpa pengetahuan merawatnya.
Ikan Wolfish : Ikan Jenis Predator Galak Banget
Table of Contents
ikanesia
Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos