Search Suggest

5 Keunikan Paus Orca Si Raja Lautan

Meski sering disebut sebagai paus pembunuh, paus orca tidak pernah membunuh manusia lho! Yuk, cari tahu keunikan paus orca lainnya!

Keunikan Paus Orca

Keunikan Paus Orca - Paus orca merupakan mamalia yang hidup di lautan. Salah satu keunikan paus orca adalah meskipun bernama paus, mereka bukan bagian dari keluarga paus melainkan keluarga lumba-lumba. Selain itu paus orca merupakan predator yang menduduki puncak rantai makanan, bahkan hiu putih besar sekalipun takut padanya. Hal ini yang membuat julukan raja lautan menjadi miliknya.

Selain raja lautan julukan lain dari paus orca adalah paus pembunuh, namun hingga saat ini paus orca tidak pernah sekalipun membunuh manusia di alam liar. Lalu apa fakta unik lain dari paus orca? Simak untuk mengetahuinya!

5 Keunikan Paus Orca

Terdapat banyak fakta unik paus orca yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut adalah lima di antaranya. 

1. Berukuran Raksasa

Paus orca terbesar yang pernah ditemukan memiliki bobot hingga 10.000 kilogram dan panjang hingga 9,8 meter. Umumnya paus orca jantan memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan paus orca betina.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa paus orca merupakan bagian dari keluarga lumba-lumba dan merupakan spesies terbesar. Ukurannya yang raksasa inilah yang membuatnya disebut sebagai paus. 

2. Tidur dengan Satu Mata

Keunikan paus orca selanjutnya adalah tidur hanya satu mata yang tertutup. Leta mata paus orca mirip seperti mata lumba-lumba dan sama seperti lumba-lumba, paus orca tetap terjaga meskipun sedang tidur. 

Paus orca tidak bisa tidur sepenuhnya karena sesekali mereka harus naik ke permukaan laut untuk bernapas. Lalu fakta lainnya adalah jika mata kanan paus orca terbuka, berarti otak kirinya sedang terjaga dan otak kanannya sedang tertidur. Hal ini berlaku sebaliknya, karena paus pembunuh hanya tidur dengan setengah otaknya.

3. Paus Orca Memangsa Paus dan Hiu

Jika kamu berpikir hiu adalah predator lautan yang tidak terkalahkan, kamu salah besar. Faktanya hiu merupakan salah satu dari mangsa paus pembunuh, bahkan paus orca juga memakan paus lainnya. Tidak ada hewan lain yang memangsa paus orca. 

Namun paus orca yang bersahabat ini meskipun tidak ada hewan lain yang dapat memangsanya, manusia dapat membunuh habitat paus orca. Hal ini bisa terjadi melalui perburuan dan pencemaran laut.

4. Sahabat Manusia

Fakta bahwa paus orca tidak pernah membunuh manusia meskipun dijuluki sebagai paus pembunuh adalah keunikan paus orca yang pasti membuatmu tidak lagi takut pada mamalia satu ini. 

Paus orca bahkan bisa menjadi sahabat manusia sama seperti lumba-lumba.Jika kamu mengetahui film berjudul “Free Willy”, kamu pasti tidak asing dengan cerita persahabatan antara manusia dengan paus pembunuh.

5. Makhluk Sosial dengan Bahasa Sendiri

Paus orca hidup dan berburu secara berkelompok. Mereka adalah makhluk sosial yang melakukan setiap aktivitas secara bersama-sama. Paus pembunuh juga melakukan komunikasi dan saling membantu satu sama lainya. 

Mereka juga dapat merasa bersedih jika salah satu kawanan mereka mati. Mereka mirip dengan manusia karena memiliki emosi dan kasih sayang.

Fakta unik paus orca lainnya adalah memiliki bahasa yang kompleks. Mereka dapat menghasilkan suara peluit dengan nada tinggi untuk komunikasi jarak dekat, panggilan berdenyut untuk komunikasi jarak jauh, dan melakukan komunikasi melalui gerakan serta sentuhan.

Mana Keunikan Paus Orca yang Mengejutkanmu?

Fakta di atas merupakan keunikan paus orca yang menarik dan mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya. Paus orca juga merupakan mamalia selain manusia dengan penyebaran paling luas. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuanmu!

5 Keunikan Paus Orca Si Raja Lautan
Table of Contents
Sahputra
Hallo. Saya Sahputra, Saya seorang penulis dan juga seorang Digital Marketing.

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos