Search Suggest

5 Manfaat Ikan Kembung, Lebih dari Ikan Salmon!

Tahukah kamu kan kembung ternyata mengandung lebih banyak omega-3 dibanding salmon? Simak berikut manfaat ikan kembung untuk kesehatan kamu.

Manfaat Ikan Kembung

Manfaat Ikan Kembung - Banyak yang tidak tahu kalau manfaat ikan kembung sangat banyak. Ikan ini memang kalah populer dengan beragam ikan lainnya. Misalnya saja ikan salmon, mungkin kamu lebih mengenal jenis ikan ini dan dengan mudah menemukannya di restoran.

Padahal gizi yang terkandung dalam ikan kembung tidak kalah dengan salmon. Bahkan suatu sumber menyebutkan, kandungan omega-3 ikan laut ini lebih banyak dibanding salmon.

Manfaat Ikan Kembung

Simak berikut 5 manfaatnya untuk kesehatanmu.

1. Mengatasi Obesitas

Punya berat badan berlebih seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Badan terasa tidak lincah bahkan bisa mengganggu pernapasan.

Namun tidak perlu khawatir, ada kabar baik untuk kamu yang punya lemak berlebih di dalam tubuh. Sebab manfaat ikan kembung yang pertama adalah menurunkan berat badan. 

Kandungan dalam ikan ini membantu memperlancar metabolisme tubuh karena protein yang tinggi. Sehingga lemak atau kalori akan lebih mudah terbakar. Tentu saja hal ini harus kamu sertai dengan olahraga rutin.

2. Menjaga Kesehatan Otot dan Saraf

Tahukah kamu kalau tubuh sangat membutuhkan natrium dan kalium untuk menjaga kesehatan otot dan saraf? Kedua kandungan ini dapat kamu temukan di dalam ikan kembung.

Oleh karena manfaat ini, para ahli kesehatan menyarankannya agar kamu makan secara rutin. Selalu ingat bahwa kekurangan kadar kalium dan natrium dapat berdampak buruk seperti lebih sering terasa nyeri pada bagian otot, terasa lemah, dan sebagainya.

3. Mencegah Radang

Manfaat ikan kembung berikutnya adalah mencegah peradangan. Peradangan terjadi karena daya tahan tubuh kamu sedang berjuang melawan zat asing yang berbahaya bagi tubuh.

Sayangnya jika daya tahan tubuh kamu tidak mampu melawan, akhirnya kamu akan jatuh sakit. Bukan hal yang bisa kamu remehkan karena ada banyak penyakit yang disebabkan oleh zat asing, seperti misalnya kanker.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu perlu mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung antioksidan, seperti misalnya buah, sayur, dan ikan kembung.

Manfaat ikan kembung akan sangat terasa untuk kesehatan karena kaya akan antioksidan. Kandungannya dapat menguatkan daya tahan tubuh untuk melawan radikal bebas.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Penyakit tulang merupakan salah satu penyakit yang menghantui banyak orang Indonesia. Terlebih bagi mereka yang sudah berumur lansia akan lebih mudah menderita akibat penyakit tulang jenis osteoporosis.

Oleh karenanya, penting untuk memperhatikan kesehatan tulang sejak usia muda seperti memastikan asupan kalsium dan vitamin D. Salah satu manfaat ikan kembung adalah menjaga kesehatan tulang karena kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D.

5. Mendukung Perkembangan Janin

Seorang ibu hamil memang membutuhkan tambahan berbagai asupan karena harus memberi makan janinnya. Salah satu yang disarankan adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya omega-3.

Ikan kembung dapat menjadi opsi karena mengandung omega-3 yang tinggi, yakni sekitar 2,2 gram dari total 100 gram. Lemak tak jenuh omega-3 juga bagus untuk psikomotorik dan perkembangan IQ anak.

Ingin Mendapat Manfaat Ikan Kembung? Masak dengan Cara Ini!

Sudah tahu banyak manfaatnya, pasti kamu ingin segera mengkonsumsinya secara rutin, bukan? Menggoreng adalah cara mudah untuk ikan ini namun hal ini bisa mengurangi kandungan amino dalam ikan. 

Oleh karenanya, lebih baik kamu memasaknya dengan cara mengukus atau merebus. Dengan rempah yang pas, ikan kembung rebus atau kukus tidak kalah nikmatnya dengan yang goreng. Selamat mencoba!

5 Manfaat Ikan Kembung, Lebih dari Ikan Salmon!
Table of Contents
Sahputra
Hallo. Saya Sahputra, Saya seorang penulis dan juga seorang Digital Marketing.

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos