Search Suggest

Umpan Ikan Mas yang Dilarang, Kamu Jangan Coba Pakai Umpan Ini

Dalam setiap lomba memancing selalu ada aturannya, termasuk memancing ikan mas. Ada beberapa umpan ikan mas yang dilarang. Apa saja itu?

 Umpan Ikan Mas

Umpan Ikan Mas - Setiap lomba memancing pasti memiliki aturan masing-masing untuk menertibkan para peserta lomba. Hal itu berfungsi untuk menghindari kecurangan dan menjaga kesehatan ikan. Seperti pada lomba mancing ikan mas, ada beberapa jenis umpan ikan mas yang dilarang penggunaannya di beberapa perlombaan memancing. Apa saja itu? Simak ulasan berikut ini!

5 Jenis Umpan Ikan Mas yang Dilarang

Jika kamu memiliki hobi memancing dan sering mengikuti perlombaan memancing, kamu pasti punya umpan andalan sendiri. Seperti halnya dalam lomba memancing ikan mas, kamu pasti punya umpan andalan yang akan kamu gunakan pada saat perlombaan. Tapi tahukah kamu jika ada beberapa umpan ikan mas yang dilarang?

Panitia penyelenggara lomba biasanya melarang penggunaan umpan jenis ini karena dapat membahayakan ikan mas dan juga membuat perlombaan tidak berjalan dengan fair. Jika kamu tidak ingin mendapat penalti atau bahkan terkena diskualifikasi dari perlombaan, kamu wajib simak ulasan berikut ini!

1. Ngebom

Jenis umpan memancing ikan yang dilarang pertama yaitu ngebom. Ngebom adalah teknik pemberian umpan kepada ikan yang bertujuan untuk menjaga kualitas air dan lumpur dalam kolam. 

Ngebom merupakan teknik pemberian makan kepada ikan melalui beberapa cara seperti melemparkan umpan ke kolam secara langsung agar ikan mendekat dan juga dengan cara menaruh umpan pada bemper.

2. Tembleg Susu

Tembleg susu adalah umpan yang terbuat dari campuran susu, kroto, dan tepung beras ketan. Panitia penyelenggara lomba memancing juga melarang penggunaan umpan tembleg susu karena dapat merusak kualitas air kolam dan juga menyebabkan perlombaan tidak fair.

Umpan ini mampu menangkap ikan mas dengan cepat. Oleh karena itu banyak panitia lomba memancing yang melarang keras umpan ini karena bisa menyebabkan perlombaan berjalan tidak fair

Pihak yang menggunakan umpan jenis ini maka besar kemungkinan akan memenangkan perlombaan, sedangkan pihak yang tidak menggunakannya akan merasa tidak adil karena sulit menangkap ikan. 

3. Umpan Hidup

Selain kedua jenis umpan tersebut, panitia penyelenggara lomba biasanya juga melarang penggunaan jenis umpan hidup

Namun tidak semua perlombaan memancing melarang penggunaan jenis umpan ini. Hanya beberapa perlombaan di daerah tertentu saja yang melarang penggunaan jenis umpan hidup.

Panitia penyelenggara lomba memancing biasanya melarang penggunaan umpan hidup seperti cacing, kroto, dan sejenisnya.

4. Racikan Mie Instan

Jenis umpan racikan mie instan ini sebaiknya juga jangan kamu gunakan untuk mengikuti perlombaan memancing. Hal ini karena umpan racikan mie instan dapat merusak kesehatan ikan dalam kolam.

Namun tidak semua perlombaan memancing melarang penggunaan jenis umpan ini. Jadi pastikan kamu tahu aturannya dulu sebelum memutuskan untuk menggunakan umpan jenis apa.

5. Nasi dan Umbi-Umbian

Umpan ikan mas yang dilarang terakhir adalah umpan dari nasi atau umbi-umbian. Panitia lomba biasanya tidak mengizinkan penggunaan umpan jenis ini karena dapat menurunkan kualitas air pada kolam.

Namun tidak semua perlombaan memancing melarang penggunaan umpan jenis ini. Masih ada beberapa daerah yang memperbolehkan menggunakan umpan dari nasi maupun umbi-umbian.

Sudah Tahu Apa Saja Jenis Umpan Ikan Mas yang Dilarang?

Itulah beberapa jenis umpan ikan mas yang dilarang di banyak perlombaan memancing. Namun tidak semua perlombaan memancing melarang penggunaan umpan tersebut. 

Setiap perlombaan pasti memiliki aturan dan kebijakannya masing-masing. Jadi sebelum kamu mengikuti perlombaan memancing, pastikan kamu tanya terlebih dahulu kepada panitia penyelenggara lomba mancing tersebut tentang kebijakan dan aturan yang mereka terapkan. Hal ini penting agar kamu bisa tetap mengikuti lomba dengan adil tanpa diskualifikasi. Selamat mencoba!

Umpan Ikan Mas yang Dilarang, Kamu Jangan Coba Pakai Umpan Ini
Table of Contents
Sahputra
Hallo. Saya Sahputra, Saya seorang penulis dan juga seorang Digital Marketing.

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos