Search Suggest

Mengenal Ikan Channa Pardalis

Ikan Channa Pardalis merupakan jenis ikan gabus hias yang memiliki warna yang sangat indah. Motif tubuh ikan channa pardalis ini berwarna biru

Ikan Channa pardalis

Ikan Channa Pardalis merupakan jenis ikan gabus hias yang memiliki warna yang sangat indah. Motif tubuh ikan channa pardalis ini berwarna biru dan di bagian pinggir atas bawah belakang berwarna hitam. Karena warna birunya sangat khas, dulunya ikan ini dijuluki sebagai ikan Channa Sp True Blue. Selain itu, ikan ini masih berkerabat dengan jenis ikan channa stewartii.

Perlu kalian ketahui, bahwa ikan channa pardalis ternyata besarnya bisa mencapai 17 cm - 25 cm. Dengan ukuran tersebut, maka tak heran jika ikan channa pardalis di cap sebagai spesies snakehead kecil.

Walaupun tubuhnya kecil, ikan ini ternyata memiliki ciri khas tersendiri yang mungkin belum kalian ketahui sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, kami sudah merangkumnya mengenai ikan channa pardalis sebagai berikut.

Asal Channa Pardalis

Ikan channa pardalis berasal dari negara vrindavan atau lebih tepatnya berasal dari Perbukitan Khasi, Meghalaya, Timur Laut India. Menurut cerita, bahwa "pardalis" berasal dari kata sifat latin yang yang memiliki arti "Macan Tutul". 

Hal ini mengacu pada bintik-bintik yang mencolok dari tubuh ikan ini, sehingga sekilas mirip dengan bintik-bintik macan tutul. Bahkan di perdagangan ikan hias di india menyebutnya ikan ini dengan nama channa sp. Meghalaya Leopard.

Persebaran Ikan Channa Pardalis

Ikan channa bisa kita jumpai di daerah Asia, Timur Tengah, hingga wilayah Afrika Tropis. Di Indonesia, ikan channa pardalis bisa kita temui dan biasanya dijadikan sebagai ikan hias.

Habitat Ikan Channa Pardalis

Habitat Ikan channa pardalis yaitu air tawar dan banyak ditemui di daerah rawa hingga aliran sungai perbukitan.

Ciri-Ciri Ikan Channa Pardalis

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa ikan channa pardalis memiliki panjang tubuh sekitar 17 cm hingga 25 cm. Selain itu, tubuh channa pardalis memanjang dan bulat di bagian depannya.

Jika kita amati, ikan ini memiliki gigi runcing dan tajam. Walaupun ikan channa hidup di air tawar, akan tetapi warnanya sangat memukau siapapun yang melihatnya. 

Tubuh ikan ini berwarna kebiruan dan sirip punggungnya berwarna bintik-bintik kehitaman. Tak hanya itu, sirip perut channa pardalis berwarna abu-abu dan di tepinya berwarna putih, sedangkan sirip dadanya dipenuhi dengan bintik biru cerah dan tepi putih yang indah. 

Makanan Ikan Channa Pardalis

Sama seperti jenis ikan channa lainnya, makanan ikan channa pardalis ialah cacing, katak, udang, dan berbagai jenis ikan lainnya. Dengan begitu, ikan channa pardalis disebut sebagai ikan karnivora. Jika kalian merawatnya di akuarium, sebaiknya ikan channa pardalis diberi makan udang segar dan pelet. Perlu diperhatikan, kalian juga harus memberikan makanan ikan ini secarateratur dan jangan sampai kelebihan.

Harga Ikan Channa Pardalis

Menurut sumber di berbagai situs marketplace yang ada, bahwa harga ikan channa pardalis berkisar di antara 900 ribu sampai jutaan rupiah. Bagi kalian yang ingin berminat untuk membeli ikan tersebut, jangan lupa siapkan budget dulu ya sob.

Perkembangan Biakan Channa Pardalise

Ikan channa atau ikan gabus umumnya melakukan pemijahan ketika musim hujan tiba, biasanya pada bulan Oktober hingga Desember. Pada musim kawin, ikan channa jantan dan betina akan saling berkontribusi untuk menyiapkan sarang di sekitar tumbuhan di tepi air.

Jika sudah menetas, anak ikan channa biasanya  berwarna jingga merah bergaris hitam. Lalu mereka akan berenang dengan kelompoknya dan mencari makan. Akan tetapi, anak ikan tersebut akan selalu dijaga induknya.

Mengenal Ikan Channa Pardalis
Table of Contents
ikanesia
Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos