Search Suggest

Perbedaan Ikan Guppy Dan Ikan Cere: Pastikan Tahu!

Perbedaan Ikan Guppy Dan Ikan Cere - Ikan hias jenis guppy dan cere banyak digemari oleh para pecinta ikan hias

Perbedaan Ikan Guppy Dan Ikan Cere

Perbedaan Ikan Guppy Dan Ikan Cere - Ikan hias jenis guppy dan cere banyak digemari oleh para pecinta ikan hias. Sehingga banyak yang mengira ikan guppy dan ikan cere merupakan jenis ikan hias yang sama, ternyata ini salah loh! Artikel ini akan membahas perbedaan ikan guppy dan ikan cere.

Ikan hias sedang menjadi ikan yang populer sampai kalangan internasional. Tidak heran jika ada kontes hingga taraf internasional. Jenis ikan hias ini memiliki harga yang variatif terjangkau. Meskipun ada beberapa ikan hias yang memiliki harga tinggi.

Namun, ada beberapa ikan yang dianggap sama, padahal sangat jauh berbeda. Salah satunya adalah ikan guppy dan ikan cere. Mari bahas perbedaan ikan guppy dan ikan cere.

Mengenal Ikan Guppy 

Ikan guppy merupakan ikan hias yang banyak digemari oleh masyarakat. Dengan bentuk yang indah dan menarik, inilah beberapa perbedaan ikan guppy dan ikan cere.

1. Klasifikasi

Ikan yang memiliki nama latin Poecilia Reticulata adalah habitat asal dari Amerika Selatan bagian timur laut. Ikan guppy pertama kali ditemukan di Venezuela, Kepulauan Karibia dan Guyana pada tahun 1859.

2. Habitat

Ikan guppy merupakan jenis dari ikan ovovivipar yang artinya bertelur dan berkembangnya embrionya di dalam telur. Dan telurnya akan tetap berada di dalam tubuh induknya sampai menetas. Dengan lama kehamilan 3-4 minggu dan mampu menghasilkan 80-100 ekor benih. 

Umur ikan guppy biasanya mencapai 1-3 tahun. Namun, karena benih ikan guppy rentan terhadap suhu air, maka banyak yang mengalami kematian. Pemeliharaan air dalam memelihara ikan guppy juga harus sesuai supaya bisa tetap hidup, yakni berkisar antara 27 C.

3. Guppy Jantan dan Guppy Betina

Untuk membedakan ikan guppy jantan dan betina tidaklah sulit. Karena perbedaan ini sangat mencolok. Untuk ikan guppy jantan memiliki bentuk tubuh yang ramping, warna lebih cerah dan ragam corak warna yang lebih beragam tapi tetap indah. 

Sirip punggung dan ekor pada ikan guppy jantan juga lebih panjang, lebih lebar dan mengembang. Ukuran Panjang ikan guppy jantan berkisar antara 2-3 cm. Berbeda dengan ikan guppy jantan, ikan guppy betina memiliki ukruan panjang 4-6 cm yang jauh lebih besar.

Jika dijual, harga ikan guppy ini memiliki harga yang murah, namun beberapa strange memiliki harga jual yang tinggi. Karena keindahan dari warna, sirip dan juga ekor yang menjadi nilai jual.

Mengenal Ikan Cere

Ikan cere merupakan jenis ikan hias yang mudah dijumpai di selokan, rawa ataupun sungai kecil. Dengan budidaya yang lebih mudah, inilah beberapa perbedaan ikan guppy dan ikan cere.

1. Klasifikasi

Ikan cere memiliki nama latin gambusia affinis. Ikan yang mirip dengan ikan guppy ini berasal dari Amerika Serikat bagian selatan dan timur. Ikan ini mulai tersebar di perairan Indonesia sejak 1920-an. 

2. Habitat

Ikan cere mampu hidup di air dengan kadar oksigen yang rendah, kadar garam yang tinggi, dan air yang kotor yang mengandung banyak limbah. Makanan utama ikan cere ini adalah larva atau jentik nyamuk. Ikan ini dikenal dengan sebutan mosquito fish.

Ikan ini dikenal sangat rakus karena, bisa memakan jentik nyamuk sebanyak 225 dalam waktu 1 jam atau mampu memakan 150% dari berat tubuhnya. Ikan cere ini tidak agresif dan hidup berkoloni di dalam akuarium.

Dengan harga jual yang murah, ikan cere ini sering dijual untuk pakan hewan peliharaan predator seperti ikan kura-kura, burung maupun hewan lainnya. 

Kesimpulan

Jika anda ingin memelihara ikan guppy, maka anda harus memperhatikan kadar oksigen di dalam airnya. Sebaliknya, Ikan cere mampu bertahan hidup di dalam air kotor sekalipun dan dapat digunakan untuk membasmi nyamuk.

Meskipun ikan cere mampu memakan jentik nyamuk lebih banyak, ikan cere ini memiliki ketahanan tubuh yang kuat daripada ikan guppy. Inilah perbedaan ikan guppy dan ikan cere yang harus anda ketahui. 


Perbedaan Ikan Guppy Dan Ikan Cere: Pastikan Tahu!
Table of Contents
ikanesia
Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos