Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Oxydoras Niger, Si Ikan Lele Berduri

Ikan Oxydoras Niger

Ikan Oxydoras Niger merupakan salah satu jenis ikan spesies ikan lele berduri yang berasal dari Benua Amerika. Disana, ikan ini banyak ditemui di daerah Lembah Amazon, Essequibo, dan Francisco. 

Tempat-tempat tersebut berada di negara Brazil, Guyana, Ekuador, Kolombia, Peru, dan Venezuela. Maka tak heran, jika kita jarang menjumpai Ikan Oxydoras Niger di Indonesia.

Perlu Kalian ketahui, bahwa Ikan Oxydoras Niger bisa tumbuh hingga panjang 90 sampai 100 cm. Selain itu, berat badan ikan Oxydoras Niger bisa mencapai 13 Kg (Kilogram).

Untuk memperdalam informasi mengenai jenis ikan Oxydoras Niger, maka Kalian bisa membaca artikel ini sampai habis. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Oxydoras Niger

Kingdom (Kerajaan)                 : Animalia (Hewan Multiseluler).

Phylum                 : Chordata. 

Class (Kelas)                 : Actinopterygii.

Order                 : Siluriformes.

Family                 : Doradidae.

Genus                 : Oxydoras.

Spesies (Species)                 : O. Niger.

Nama Ilmiah (Binomial Name) : Oxydoras Niger.

Nama Lain dari Ikan Oxydoras Niger

Di Benua Amerika Latin, biasanya ikan ini dijuluki sebagai Ripsaw Catfish atau Cuiu-Cuiu. Menurut penulis, jika kita amati nama Ripsaw berasal dari kata "Rip' dan "Saw". Jika kita artikan “Saw” berarti "gergaji" dan “Rip” memiliki makna lain "merobekan". Jadi kalau kita gabung, Ripsaw Catfish memiliki arti ikan gergaji yang merobekan lawannya.

Gimana, sangat unik bukan nama ikan  ini?

Awal Mula Persebaran Ikan Wilayah Ikan Oxydoras Niger 

Dikutip dari sebuah jurnal tahun 1997 bernama "Back to Nature Guide to Catfishes" yang ditulis oleh

Sands menemukan fakta unik mengenai ikan ini. Awalnya ikan Oxydoras Niger ditemukan di Amerika Selatan, mulai dari pantai timur sampai pangkalan Andes dengan keberadaan 3.000 kaki di atas permukaan laut.

Selain itu, jika kita melihat data dari Fish Base, jika dilihat dari sisi sungai, ikan Oxydoras Niger menyebar dari Sungai Amazon, Sao Francisco, hingga Essequibo. Bahkan tak jarang, ikan ini ditemukan di daerah Sungai Orinoco.

Makanan Ikan Oxydoras Niger

Ikan Oxydoras sangat suka sekali memakan siput, krustasea (udang), dan hewan invertebrata lainnya. Selain itu, ikan lele gergaji ini terkadang makan biji-bijian hingga buah-buahan. 

Jika kita simpulkan, ikan Oxydoras Niger termasuk ke dalam Ikan Omnivora (pemakan segalanya).

Bahkan Lowe-McConnell mengklasifikasikan Ikan Oxydoras Niger dijuluki sebagai pemakan serangga (Insektivora) berdasarkan dari data Marlier bahwa ditemukan hewan capung di dalam lambung Ikan Oxydoras Niger. 

Menurut laporan lainnya, lumpur dan daun busuk ternyata ditemukan di lambung Ikan Oxydoras Niger. Dengan fenomena tersebut, maka seseorang yang bernama Thornton W. Burgess mengklasifikasi langsung bahwa ikan Oxydoras Niger sebagai ikan pemakan bangkai (Detritivora).

Habitat dan Karakteristik Ikan Oxydoras Niger

Ikan Oxydoras merupakan suka sekali berada di sungai-sungai besar. Selain itu, ikan ini sangat suka bersembunyi di tempat gelap seperti bebatuan hingga goa kecil atau terowongan gelap yang berada di dasar sungai. Maka dari itu, jika kalian ingin memelihara ikan Oxydoras Niger di akuarium, maka kami sarankan untuk menyediakan batu-batuan hias, gua atau terowongan buatan. 

Ikan Oxydoras Niger Jika Dipelihara Didalam Aquarium?

Walaupun bentuknya menyeramkan, sebenarnya ikan ini tidak jahat dan cenderung kalem jika dipelihara ikan akuarium. Akan tetapi, hindari tankmate ikan dengan ukuran terlalu kecil. Sebab, bisa saja ikan Oxydoras Niger memakan ikan kecil tersebut.

Nah ada beberapa rekomendasi ikan yang cocok digabungkan di aquarium bersama Oxydoras Niger seperti Ikan Arwana, Dorado, Red Tail Catfish, Hingga Peacock Bass.

Satu hal lagi, jika memelihara ikan Oxydoras di Aquarium, kalian bisa memilih berbagai opsi makananya diantaranya :

  • Ikan Kecil
  • Udang Kecil
  • Kacang Polong Beku
  • Cacing Tanah
  • Pelet Kelinci
  • Hingga Hati Sapi.

Harga Ikan Niger

Menurut di berbagai situs marketplace yang ada, bahwa ikan niger kecil sampai besar harganya berkisar di antara Rp 500.000 sampai 2.500.000. Apakah kalian tertarik untuk membelinya?

ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar untuk "Ikan Oxydoras Niger, Si Ikan Lele Berduri"