Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Belut listrik (Electrophorus electricus)

Belut listrik

Belut listrik atau Sidat Listrik merupakan jenis ikan air tawar yang bisa menghasilkan aliran listrik hingga 650  Volt. Belut listrik memiliki nama latin Electrophorus Electricus dan termasuk ke anggota ordo Gymnotiformes.

Untuk lebih jelasnya, berikut Klasifikasi Ilmiah dari Belut Listrik

Kerajaan (Kingdom) : Animalia (Hewan Multiseluler).

Phylum : Chordata. 

Kelas (Class) : Actinopterygii.

Order : Gymnotiformes.

Family: Electrophoridae.

Genus : Electrophorus.

Nama Ilmiah (Binomial Name) : Carcharhinus Leucas.

Penyebaran daerah atau habitat asli dari belut listrik berada di wilayah timur laut Amerika Selatan termasuk Sungai Guyanas, Orinoco, hingga cekungan Sungai Amazon. 

Di Indonesia, belut listrik sudah bisa kalian temui, maka dari itu kalian tidak usah jauh-jauh pergi ke wilayah Amerika Selatan untuk melihatnya.

Ciri-Ciri Fisik Belut Listrik

Seperti yang kita bayangkan bahwa belut listrik memiliki sebenarnya buka jenis belut di persawahan akan tetapi merupakan jenis Ikan. Nama tersebut diambil, sebab sekilas bentuk ikan ini seperti belut.

Namun ada yang unik mengenai belut listrik yaitu fisiknya. Belut listrik sendiri memiliki kepala dengan bentuk pipih dan memiliki panjang berkisar 2,5 meter dan beratnya bisa mencapai 20 Kilogram.

Belut listrik memiliki beberapa warna tubuh yang khas seperti abu-abu kecoklatan, hitam, hingga kekuningan di bagian ventral anterior tubuh.

Selain itu, insang dan kulit belut listrik sangatlah tebal dan licin. Sayangnya, belut listrik tidak memiliki ekor. 

Makanan Belut listrik (Electrophorus electricus)

Belut listrik sangat suka sekali memakan burung, mamalia kecil, hingga berbagai jenis ikan lainnya. Dengan begitu, maka belut listrik tergolong sebagai ikan karnivora atau pemakan daging.

Apakah Belut Listrik Berbahaya bagi Manusia?

Seperti yang kita ketahui, bahwa belut listrik dewasa mampu menghasilkan hingga 600 Volt listrik. Daya listrik yang dikeluarkan cukup kuat, maka bisa saja menyebabkan hewan bahkan manusia dewasa terluka.

Walaupun kematian manusia akibat serangan belut listrik sangat minim terjadi, akan tetapi sengatnya bisa menimbulkan beberapa masalah seperti kegagalan pernapasan.

Perlu diketahui, bahwa sebenarnya belut listrik bisa mengatur tegangan yang dikeluarkan. Selain itu, belut listrik sangat sensitif dengan pergerakan dan getaran yang ada di sekitarnya. Hal tersebut juga membuat belut listrik mendeteksi mangsanya dengan mudah.

Dengan cara tersebut, belut listrik mampu melemahkan lawannya.

Bagaimana Belut listrik Menghasilkan Listrik?

Perlu kalian ketahui, bahwa belut listrik mampu menghasilkan listrik (Bio Elektro Genesis) yang berasal dari organ. Aliran listrik yang dihasilkan belut listrik berasal dari 3 organ abdominal, yaitu organ utama (main organ), organ hunter, dan organ sach's.

Ketiga orang tersebut ternyata mampu membuat 2 jenis listrik yaitu listrik bervoltase rendah dan tinggi.

Belut Listrik Bisa Dimakan atau Tidak?

Di Indonesia, belut sawah sering dijadikan sebagai olahan makanan yang lezat. Akan tetapi, tidak untuk belut listrik. Sebab, dalam penangkapannya saja belut listrik sangat berbahaya. 

Selain itu, dagingnya yang bisa dijadikan konsumsi manusia sangatlah sedikit. Jadi, penulis sarankan untuk tidak memakan belut listrik ya.

Harga Belut Listrik 

Menurut berbagai sumber di marketplace yang ada, bahwa harga belut listrik berkisar di antara 400 ribu hingga jutaan.

Fakta Unik Mengenai Belut Listrik

Ada fakta unik mengenai belut listrik yang wajib kalian ketahui. Bahwa terdapat percobaan yang pernah dilakukan oleh Miguel Wattson di Akuarium Tennesse, dimana belut listrik mampu menyalakan lampu pohon natal melalui listrik dari tubuhnya. Karena kekuatan belut listrik terbatas, maka lampu hanya berkelap kelip dengan cahaya yang redup.  

ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar untuk "Mengenal Belut listrik (Electrophorus electricus)"