Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Palmas Lapradei ( Polypterus bichir )

Berbagai jenis ikan palmas memang sangat banyak mulai dari Palmas Endlicheri (Polypterus endlicheri), Palmas Ansorgii (Polypterus ansorgii), Palmas Senegalus (Polypterus senegalus), Polypterus polli, Polypterus Weeksii hingga  Palmas Lapradei (Polypterus bichir). Namun kali ini, kita akan membahas palmas Palmas Lapradei saja.

Palmas Lapradei ( Polypterus bichir )

Palmas Lapradei merupakan salah satu subspesies polypterus bichir. Jika dilihat dari penampilannya, ikan ini mirip sekali dengan ikan palmas nile bichir (nile). Ikan jenis ini memiliki marking pola garis paralel yang berada di kepala hingga ekor. 

Akan tetapi, yang membedakan ikan palmas nile dan palmas lapradei bichir yaitu jumlah sirip atau duri dorsalnya. Jika palmas lapradei memiliki jumlah duri lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah duri yang dimiliki palmas nile.

Selain itu, kalian harus tau bahwa ikan palmas lapradei bisa dipelihara tanpa oksigen jika berada di air akuarium. Hal ini dikarenakan ikan palmas ini bisa mengambil udara dengan cara berenang diatas permukaan air. Cara seperti ini, mirip sekali dengan ikan cupang. 

Ukuran Ikan Palmas Lapradei

Perlu kita ketahui bahwa jenis ikan palmas lapradei (Polypterus bichir) merupakan jenis ikan palas yang bisa tumbuh besar seperti monster air. Ukuran tubuh ikan ini bisa mencapai 75 cm hingga 100 cm.

Makanan Ikan Palmas Lapradei

Makanan ikan palmas lapradei memang sama dengan jenis ikan palmas lainnya seperti udang, serangga kecil, hingga jenis ikan kecil lainnya. Jika kalian memeliharanya, ikan ini bisa dilatih dengan memberinya makan potongan udang segar hingga pelet. 

Dilihat dari makanan kesukaannya, maka ikan palmas lapradei digolongkan sebagai ikan karnivora (Ikan pemakan daging).

Habitat Ikan Palmas Lapradei

Ikan palmas berasal dari keluarga polypteridae yang sering disebut juga sebagai ikan primitif. Sebutan ikan ini tidak kalah unik, ada yang menyebutnya jenis ikan palmas sebagai ikan naga bahkan ikan ular.

Tapi intinya, ikan ini berasal dari perairan afrika dan aliran sungai nil. Di daerah tersebut, ikan ini masih banyak ditemui bahkan beberapa orang membudidayakan jenis ikan palmas.

Harga Ikan Palmas Lapradei

Ikan jenis palmas lapradei memang cukup mudah untuk kita pelihara. Sebab, ikan ini mampu hidup di dalam air kotor dalam jangka waktu yang lama. Walaupun begitu, kita sebagai pecinta ikan hias tentunya juga paham bahwa ikan ini perlu perawatan khusus.

Karena keunikannya, ikan palmas lapradei mulai dijual di berbagai marketplace. Saat ini, harga ikan lapradei yang panjangnya hanya 20 cm bisa dihargai sekitar 170 ribu sampai 200 ribu. Jadi, apakah kalian tertarik untuk membelinya?.

Cara Melihat Jenis Kelamin Ikan Palmas Lapradei

Ada cara yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui palmas jantan atau betina seperti melihat lebar dari sirip anus ikan tersebut. Jika dilihat dari sirip anus, ikan palmas betina ukurannya 2 lebih pendek daripada ikan palmas jantan.

Cara Breeding Ikan Palmas Lapradei

Untuk mengetahui cara breeding ikan palmas, kalian bisa menggabungkan ikan palmas betina dan jantan yang umurnya sudah cukup dewasa dan diletakan di wadah yang cukup lalu diberikan daun-daunan atau serat untuk dijadikan tempat telurnya. Kemudian, telur tersebut biasanya akan menetas pada waktu 4 sampai 7 hari. Gimana, sangat unik bukan jenis ikan ini?

Sekian pembahasan mengenai ikan palmas lapradei semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Jika ada pertanyaan silahkan komen di kolom komentar ya guys.

ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar untuk "Mengenal Palmas Lapradei ( Polypterus bichir )"