Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polypterus bichir bichir (Palmas PBB), Ikan Palmas Termahal

Ikan Palmas Termahal

Ikan Polypterus Bichir Bichir merupakan salah satu jenis ikan hias langka yang jarang dimiliki beberapa orang. Selain itu, Polypterus Bichir Bichir termasuk ke dalam golongan jenis ikan palmas termahal yang ada pasaran Indonesia. 

Ikan Polypterus Bichir Bichir banyak ditemui di benua Afrika. Sehingga, permintaan impor jenis ikan ini masih berlangsung hingga sekarang. Melihat momen seperti itu, beberapa orang ternyata mulai mencoba membudidayakan jenis ikan Polypterus Bichir Bichir.


Asal kalian tahu, bahwa Polypterus Bichir Bichir (Palmas PBB) memiliki nama sains/ilmiah sebagai berikut.


Kerajaan (Kingdom) : Animalia (Hewan Multiseluler).

Phylum : Chordata

Kelas (Class) : Actinopterygii.

Order : Polypteriformes.

Family : Polypteridae.

Genus : Polypterus.

Nama Ilmiah : P. bichir.


Nah setelah kita mengetahui nama ilmiah, selanjutnya kita akan membahas karakteristik, ciri-ciri, habitat, hingga harga Polypterus Bichir Bichir. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.


Reproduksi Polypterus Bichir Bichir


Polypterus Bichir Bichir berkembang biak seperti spesies Polypterus lainnya yaitu selama musim hujan. Perubahan suhu dan zat kimia air ternyata menyebabkan perilaku pemijahan ikan. 


Kita juga bisa melihat ikan ini kawin dengan tingkah laku kejar mengejar antara jantan dan betina. Selama pemijahan, ikan Bichir-Bichir jantan akan menerima telur dari betina dengan menangkupkan sirip dubur dan ekor di sekitar alat kelamin. Sang jantan tersebut akan membuahi telur sebelum menyebarkan di antara vegetasi. Telur akan menetas dalam 3-4 hari, dan setelah 3 hari burayak akan berenang bebas.


Bagi kalian yang ingin membudidayakan jenis ikan ini, sebaiknya ikan Bichir-Bichir dipisahkan ke dalam wadah sendiri. Hal ini bertujuan, agar telur yang dibuahi tidak dimakan ikan dewasa lainnya.


Cara Membedakan Jenis kelamin Polypterus Bichir Bichir


Ada tips yang bisa kalian perhatikan untuk membedakan jenis kelamin Polypterus Bichir Bichir yaitu bahwa sirip dubur jantan lebih tebal dari pada betina.


Makanan Polypterus Bichir Bichir


Seperti ikan jenis polypterus lainnya, makanan Polypterus Bichir Bichir yaitu udang, ikan kecil, cacing, bahkan hewan serangga lainnya. Dilihat dari makananya, ikan ini termasuk ke dalam karnivora (pemakan daging).


Jika memeliharanya Polypterus Bichir Bichir, kalian bisa memberikannya makan pelet atau potongan udah segar.


Selain itu Ikan ini sangat aktif di malam hari (nonkturnal) dan memiliki insang luar seperti amfibi.


Habitat Polypterus Bichir Bichir


Polypterus Bichir Bichir banyak ditemukan di perairan dangkal yang bergerak lambat seperti di sungai nil. Tak hanya itu, ikan ini juga bisa ditemukan di danau dan rawa-rawa. Ikan jenis ini banyak dijumpai di negara asalnya seperti Kamerun, Ethiopia, Pantai Gading, Mesir, Kenya, Nigeria, Chad, HIngga Guinea Bissau. 


Akan tetapi, keberadaanya sudah meluas hingga di wilayah Eropa, Amerika, Hingga Asia.


Warna Dan Bentuk Polypterus Bichir Bichir


Perlu diketahui, bahwa jenis ikan palmas termahal ini memiliki panjang tubuh hingga 75 cm - 90 cm dan memiliki warna corak kuning kehijauan. Selain itu, ikan ini juga memiliki sisik yang cenderung kasar.


Untuk kondisi lingkungannya, ikan ini sangat baik berada di suhu 22 derajat celcius - 28 derajat celcius. Sedangkan untuk pHnya, ikan ini baik di angka 6 sampai 7 dengan Hardness 5-25 dH. 


Harga Polypterus Bichir Bichir


Harga Polypterus Bichir Bichir di pasaran Indonesia berkisar di antara 7 jutaan hingga belasan juta. Jenis ikan palmas ini memang sangat mahal, sebab jarang sekali kita temukan di negara kita sendiri.


Jadi, apakah kalian berminat untuk membelinya dalam waktu dekat ini?


ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar untuk "Polypterus bichir bichir (Palmas PBB), Ikan Palmas Termahal"