Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Merawat Ikan Arwana Silver dengan Tepat

Arwana Brazil atau ikan arwana silver dibandrol dengan harga mulai dari belasan ribu hingga puluhan jutaan rupiah. Hewan predator yang memiliki habitat asli di Amerika Selatan ini semakin menjadi incaran para kolektor ikan hias. 

Ikan Arwana Silver

Tampilan indah dari hewan ini yang menjadikannya sebagai buruan. Bentuk tubuhnya panjang dan ramping berwarna silver atau putih. Bagian siripnya akan tumbuh hingga satu meter saat sudah dewasa. Selain itu, daya tarik lainnya adalah gaya renangnya sangat cantik.

Dengan nama ilmiah Osteoglossum Bicirrhosum, hewan ini mampu melakukan lompatan cukup tinggi untuk memangsa buruannya berupa serangga. Nama ini juga mengisyaratkan lidah yang bercabang. 

Cara Merawat Ikan Arwana Silver

Memelihara jenis Arwana memerlukan uang lebih tidak hanya saat akan membelinya tetapi juga perawatannya. Tidak terkecuali arwana silver yang memang merupakan ikan gesit sehingga membutuhkan tempat luas. Kamu bisa coba rawatnya dengan cara ini. 

1. Memberikan Makan dengan Protein Tinggi

Protein adalah unsur penting dalam merawat hewan tersebut. Dengan pemberian pakan yang berprotein tinggi, maka pertumbuhannya akan menjadi semakin cepat hingga mencapai panjang 60 cm. selain itu, kulitnya akan menjadi lebih bersih dan bercahaya.

2. Pemberian Jenis Makanan

Pemberian makanan bervariasi perlu di lakukan meskipun makanan utama ikan Arwana Silver adalah Kelabang. Kamu bisa mencoba memberikan udang, kadal, kadal dan beberapa jenis serangga seperti kecoa, lipan dan jangkrik.

3. Ukuran Aquarium Luas Disertai Penutup

Ukuran aquarium harus yang besar dan luas karena ini termasuk ikan yang aktif bergerak dan melompat cukup tinggi sehingga penutup juga diperlukan. Demi kenyamanannya, kamu memerlukan aquarium dengan ukuran sekitar 1,5 kali panjangnya atau sekitar 3,5 meter. 

4. pH air dan Suhu

selain ukuran aquarium, hal berikutnya yang perlu menjadi perhatian adalah pH dan Suhu agar mirip dengan habitat aslinya. Untuk suhu berkisar 25 hingga 27 derajat. Sedangkan, pH 6 hingga 8,5. Untuk menaikkan pH, kamu bisa menambahkan kapur untuk menaikkannya.

5. Selalu Menjaga Air Tetap dalam Keadaan Bersih

Kebersihan air dalam aquarium perlu dijaga dengan cara melakukan pergantian air paling lama 3 bulan sekali secara total. Jika hanya mengganti sebagian dapat kamu lakukan setiap 2 hari sekali agar ikan arwana silver lebih nyaman dan sehat. 

6. Aerator

Aerator merupakan alat yang digunakan untuk menyuplai udara serta mengeluarkan kotoran dari dalam aquarium. Untuk menggunakannya harus dihubungkan ke sumber listrik. Ini diperlukan agar ikan tetap tenang seperti di habitat aslinya. 

7. Filter 

Selanjutnya yang dibutuhkan adalah filter aquarium ikan arwana silver. Ini berguna untuk menjaga kebersihan air karena menyaring air. Cara kerjanya dengan cara menyedot air keruh dan mengeluarkannya kembali menjadi air yang lebih bersih. 

8. Penghangat 

Ikan ini tidak menyukai perairan dingin sehingga dibutuhkan penghangat untuk mencapai suhu ideal. Kamu sangat membutuhkan ini jika daerah tempat tinggalmu di daerah dingin atau saat musim hujan datang. Kamu perhatikan saja termometernya dan nyalakan saat suhu turun. 

9. Lampu TL untuk Cahaya Aquarium ikan arwana silver

Ini adalah tambahan untuk menjadikan aquarium milikmu menjadi lebih cantik. Sebenarnya ini bisa di skip, tetapi untuk estetika bisa coba. Namun, perhatikan penggunaan tenaga tidak boleh lebih dari 20 watt. Jika lebih suhu menjadi sangat panas dan ikan bisa saja panas.
 
Memelihara ikan jenis Arwana memang memerlukan pengeluaran yang banyak. Tetapi, ini bisa kamu jadikan investasi. Tetapi, bagi pemula sebaiknya kamu belajar terlebih dahulu berhubung harga ikan Arwana silver mahal. Jangan sampai kamu alami kerugian. 

ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar untuk "9 Cara Merawat Ikan Arwana Silver dengan Tepat"