Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Kucing yang Bagus Untuk Dipelihara Oleh Pemula

Kucing adalah hewan yang dikenal sangat menggemaskan dan bisa kamu pelihara di rumah. Tapi, jenis kucing yang bagus ternyata ada banyak sekali dan tidak semuanya cocok dipelihara bagi kamu yang baru pertama kali memelihara kucing. Mengingat setiap jenis kucing ternyata mempunyai sifat dan kebutuhan yang berbeda. Nah, di bawah ini akan di bahas beberapa jenis kucing yang mudah dipelihara oleh pemula. 

Jenis Kucing yang Bagus Cocok Dipelihara Oleh Pemula

Jenis kucing yang bagus dan cocok dipelihara oleh pemula sebenarnya sangat banyak sekali.  Bahkan beberapa di antaranya menjadi jenis kucing yang paling populer dipelihara. Uniknya, karakter setiap jenis kucing memang berbeda. Sehingga sangat penting untuk kamu mengenal dengan baik setiap jenis kucing yang ingin dipelihara. Berikut ini adalah beberapa jenis kucing yang cocok dipelihara pemula: 

Kucing Domestik 

Kucing Domestik

Ya, jenis kucing yang bagus satu ini sendiri sering dikenal dengan sebutan kucing kampung. Tentu saja sebutan kucing kampung ini sendiri dikarenakan tidak jelas indukan dari kucing dan kebanyakan kucing kampung memiliki karakter yang unik. Tapi, untuk merawat kucing kampung bisa dibilang sangat mudah. Meski ada beberapa yang mungkin membutuhkan perawatan khusus. 

Tapi, secara garis besar kucing domestik memiliki kebutuhan yang mudah untuk kamu penuhi. Misalnya untuk urusan makanan, biasanya tidak akan rewel. Hanya saja, kamu harus memperhatikan juga gizi yang dibutuhkan. Karena kucing domestik dikenal sangat aktif, jadi pastikan mereka mendapatkan asupan makan yang cukup. 

Kucing Siam

Kucing Siam


Nah, jika kamu pernah melihat salah satu brand makanan kucing, pasti akan mengenali Kucing Siam ini. Jenis kucing yang satu ini sendiri memiliki keunikan dari warna bulunya. Dimana seluruh tubuhnya berwarna coklat susu, tapi pada bagian wajahnya mulai dari hidung berwarna hitam. 

Keunikan inilah yang memuat Kucing Siam sangat disukai karena terkesan menggemaskan. Nah, ternyata jenis kucing yang satu ini mudah sekali kamu pelihara meski baru pertama memeliharanya. Ada fakta menarik terkait dengan kucing yang satu ini, dimana Kucing Siam merupakan salah satu kucing kuno yang pertama kali ditemukan tahun 1350-an. Untuk harga dari kucing ini mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kucing Anggora 

Kucing Anggora


Salah satu jenis kucing yang tepat untuk kamu pelihara adalah Kucing Anggora. Nah, banyak sekali yang menyamakan Kucing Anggora dengan Persia. Mengingat bahwa bentuk tubuh dari kucing ini terlihat mirip. Tapi, tetap saja perbedaannya yang terlihat dari bentuk fisik terutama bagian wajahnya. 
Kucing Anggora sendiri mempunyai bentuk wajah segitiga dengan telinga runcing. Kemudian untuk ukuran badan termasuk besar, namun lebih kurus. Kucing Anggora sendiri dikenal memiliki bulu yang lebat. Jadi, tidak heran jika kucing yang satu ini populer dipelihara bagi para pecinta kucing.

Kucing Persia 

Kucing Persia


Sudah disebutkan sebelumnya, Kucing Persia dikenal dengan keimutannya. Meski sering dibilang mirip dengan Kucing Anggora, tapi Kucing Persia memiliki bentuk wajah sangat berbeda. Dari bentuk wajahnya juga sudah berbeda, dimana Kucing Persia memiliki wajah bulat dengan bentuk telinga yang juga bulat.

Kemudian, berbeda dengan Kucing Anggora yang terkesan memiliki hidung mancung. Untuk Kucing Persia memiliki bentuk hidung yang terkesan pesek. Tidak salah jika banyak yang menganggap kucing ini sangat imut. Nah, jika kamu baru pertama kali memelihara kucing, jenis kucing yang bagus ini sangatlah cocok sekali untuk dipelihara.

Kucing Ragdoll 

Kucing Ragdoll


Kucing yang satu ini sendiri juga sangat dikenal akan sifatnya sangat jinak. Hal inilah yang membuat kucing ini bernama Ragdoll. Karena memang sikapnya memang manja dan sering digendong layaknya boneka. Tidak hanya dari sifatnya yang jinak, dari bentuk tubuh dari kucing ini juga sangat lucu.
 
Kucing Ragdoll memiliki mata bulat dengan warna biru, pipi yang juga bulat dan bulu tebal. Ketika kamu memutuskan untuk memelihara kucing ini, maka lebih baik kamu memperhatikan kesehatan bulunya. Caranya adalah dengan menyisir bulu setiap hari agar tidak kusut serta memberikan vitamin khusus bulu.

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon


Nah, jenis kucing yang bagus ini juga cocok untuk dipelihara pemula. Tapi, sebelum kamu memutuskan memelihara jenis kucing ini, ada baiknya kamu memperhatikan sifat serta kebutuhan kucing ini. Selain dikenal memiliki bulu yang lebat, Maine Coon sendiri juga dikenal memiliki tubuh yang besar serta kuat.

Maine Coon dikenal akan sifatnya yang aktif serta dikenal sangat setia kepada yang sudah merawatnya. Mengurus kucing ini yang harus diperhatikan adalah dengan memastikan memiliki ruangan yang luas. Mengingat Maine Coon suka bermain dengan pemiliknya. Kamu harus memastikan juga kalau gizi dari kucing ini terpenuhi.
 

Kucing Munchkin 

Kucing Munchkin


Jenis kucing ini sendiri juga sangatlah lucu sekali karena ukurannya sangatlah mungil. Dengan wajah dan mata yang bulat, kucing ini semakin terlihat menggemaskan. Apalagi kaki dari kucing ini sendiri juga pendek. Jadi, ketika berjalan, kucing ini sangatlah lucu dan menggemaskan.

Nah, untuk merawat kucing ini sendiri termasuk mudah. Dimana kamu harus memastikan untuk memberikan makan dengan gizi yang cukup. Pastikan juga kalau memberikan kucing vitamin agar tubuh mereka tetap sehat. Kucing ini termasuk yang memiliki sifat yang pendiam. Tapi, bukan berarti kucing ini tidak aktif dan tidak mau bermain. Malah Kucing Munchkin suka bermain bersama dengan pemiliknya.

Kucing American Short Hair

Kucing American Short Hair


Jika kamu ingin mencari jenis kucing yang bagus dan cocok dirawat bagi pemula, maka Kucing American Short Hair adalah pilihan yang tepat. Kucing yang satu ini sendiri memiliki wajah yang sangat lucu, karena seperti kucing yang sedang marah. Dengan bulu yang berwarna perak, kamu sudah pasti akan gemas sekali.

Maka daripada itu, tidak heran jika kucing ini banyak dipelihara. Apalagi sifat dari kucing ini juga termasuk sangat manja. Selain itu, kucing ini juga mudah dalam hal perawatan, terutama bulunya. Karena tidak selebat Persia atau Anggora. Hanya saja kamu harus memastikan bahwa kebutuhan gizi kucing ini terpenuhi.

Kucing Balinese 

Kucing Balinese


Untuk kucing yang satu ini juga cocok dipelihara untuk pemula. Kucing Balinese memiliki bentuk tubuh yang sangat lucu. Karena tubuh dari kucing ini terkesan ramping dan uniknya matanya sangat biru. Kontras sekali dengan warna bulu yang seperti Kucing Siam. Meski terlihat mirip dengan Kucing Siam, tapi Kucing Balinese memiliki bulu yang lebih panjang. Tidak hanya itu saja, kucing ini juga termasuk mudah dirawat. Apalagi kucing ini adalah jenis asli dari Indonesia. 

Nah, itulah beberapa jenis kucing yang bagus untuk dipelihara oleh pemula. Mungkin bagi sebagian orang kucing di atas membutuhkan perawatan yang mahal. Tapi, memang pada dasarnya merawat kucing harus mengorbankan biaya yang cukup tinggi. Jadi, sebelum kamu memelihara kucing, kamu harus mempertimbangkan banyak hal. Bahkan lebih baik bertanya kepada ahli atau dokter hewan terlebih dahulu.
ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar untuk "Jenis Kucing yang Bagus Untuk Dipelihara Oleh Pemula"

close