5 Daftar Ikan Hias Untuk Akuarium Kecil

5 Daftar Ikan Hias Yang dapat Di Pelihara Di Akuarium Kecil

Ikan hias merupakan salah satu primadona masyarakat indonesia, Sebagai penghobi ikan hias rasanya tidak cukup jika hanya memelihara satu atau dua ikan. Sesuai dengan judul mimin akan memberikan 10 daftar ikan hias yang dapat di pelihara di akurium kecil.

Baca Juga


'Berikut 5 Daftar Ikan Hias Yang dapat Di Pelihara Di Akuarium Kecil

1. Ikan Cupang 


ikan cupang Di Pelihara Di Akuarium Kecil

Ikan cupang merupakan ikan air tawar yang habitatnya berada di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Vietnam. Ikan ini biasanya di pelihara tidak di gabung dengan ikan atau cupang lainnya karena ikan ini cenderung aggresif. Ikan cupang juga dapat hidup pada akurium yang kecil walaupun tanpa sirkulasi udara.

Klasifikasi ikan cupang
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Superkelas : Gnathostomata
Kelas : Oesteochytes
Superkelas : Actinopterygii
Superordo : Achantopteri
Ordo : Perciformes
Subordo : Anabantoidei
Famili : Anabantidae
Subfamili : Ctenopinae
Genus : Betta

2. Ikan Guppy 

5 Daftar Ikan Hias Yang dapat Di Pelihara Di Akuarium Kecil

Ikan guppy adalah ikan hias air tawar yang ukuran nya relatif kecil sehingga bisa di taro di aquarium kecil. Ikan jantan ukuran nya hanya 3-4cm sedangkan yang betina hanya 4-6 cm. Ikan ini mempunyai banyak jenis corak sehingga guppy menjadi salah satu favorit penghobi ikan hias.

Klasifikasi ikan guppy
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Cyprinodontiformes
Famili  : Poeciliidae
Genus : Poecilia
Spesies : Poecilia reticulata


3. Ikan Neon Tetra

5 Daftar Ikan Hias Yang dapat Di Pelihara Di Akuarium Kecil

Ikan ini sangat populer sehingga anda dapat menemukan ikan ini di toko ikan manapun. Ikan ini sangat digemai oleh pemain aquascape karena bentuknya yang kecil serta warna nya yg bagus membuat ikan ini menjadi pilihan terbaik untuk aquascape. Ikan ini merupakan ikan air tawar yang termasuk kedalam famili characidae dengan ordo charaformares, yang berasal dari perairan Amerika Selatan, Tenggara Kolumbia, Peru Timur dan Brazil Barat. Ikan neon tetra ini memiliki warna cerah, dengan bentuk tubuh memanjang sekitar 1 – 3 cm, dengan ukuran relatif jauh lebih kecil dibandingkan ikan hias lainnya. Selain itu, ikan ini dapat berkembangbiak dengan cepat dengan suhur rata – rata 20 -26 derajat celcius, sehingga kemungkinan untuk melakukan budidaya ikan neon tetra ini sangat rentan sekali.

Klasifikasi Ikan Neon Tetra
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Chariciformes
Famili : Characidae
Genus : Paracheirodon
Spesies : Paracheirodon innesi.


4. Ikan Molly

5 Daftar Ikan Hias Yang dapat Di Pelihara Di Akuarium Kecil

Ikan Molly merupakan ikan hias yang sangat lah populer di pasaran saat ini . Karena ikan molly ini memiliki warna yang sangat lah mengagumkan sehingga banyak di cari oleh masyarakat . Selain itu ikan ini sangat lah mudah di budidayakan karena ikan ini mudah beradaptasi di lingkungan baru .

Ikan Molly tergolong jenis ikan hias yang berukuran kecil. Kebanyakan jenis ikan Molly hanya dapat tumbuh hingga mencapai panjang 12 cm saja. Tentu itu juga menjadi nilai tambah tersendiri bagi pemeliharanya, karena tidak butuh tempat yang luas untuk memelihara ikan Molly ini.

Ikan Molly ini terdiri dari banyak jenis yang menyajikan warna tubuh nan cantik lagi menarik. Banyak di antaranya yang berwarna cerah, dan tak sedikit pula jenis ikan Molly yang berwarna sedikit gelap. Menjadi suatu komunitas yang menarik ketika ikan-ikan Molly dengan warna yang beragam disatukan dalam satu akuarium.

Klasifikasi Ikan Molly
kingdom : Animalia
Phyllum : Chordata
Class : Ostheichthyes 
Ordo : Cyprinodonteidei
Family : Poecilidae
Genus : Poecilia
Species : Peocilia sphenops 

5. Ikan Pedang/Swordtail

5 Daftar Ikan Hias Yang dapat Di Pelihara Di Akuarium Kecil

Budidaya Ikan Platy Pedang (Swordtail) Ikan platy pedang atau ikan swordtail merupakan ikan hias kecil tahan lama, dan jenis ikan yang mudah dipelihara sekaligus sangat aman dicampur dalam satu akuarium. Swordtail masih salah satu dari sekian jenis-jenis ikan platy yang mudah di budidayakan serta mempunyai harga yang ekonomis.

Klasifikasi Ikan Pedang (Swordtail)
Ordo : Cyprinodontoidei
Sub-Ordo : Poecilioidei
Famili : Poecilidae
Genus : Xyphophorus
Spesies : Xyphophorus helleri Heckel
Asal : Sebelah selatan Mexico hingga Guatemala
Nama Asing : Swordtail




Labels: cupang, discus, guppy, swordtail, tawar, tetra

Terimakasih Sudah Membaca 5 Daftar Ikan Hias Untuk Akuarium Kecil. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: