55 Jenis Ikan Cupang Lengkap Beserta Gambar - Ikanesia.id

55 Jenis Ikan Cupang Lengkap Beserta Gambar

55 Jenis Ikan Cupang Lengkap Beserta Gambar - Ikan cupang bisa dibilang merupakan salah satu ikan yang paling populer di Indonesia bahkan dunia. Ikan yang mempunyai ciri khas ekor lebar dan panjang serta ukuran tubuh yang kecil ini sangatlah banyak disukai oleh hobies.

Ikan cupang yang mungkin pemula tau biasanya hanya disebutkan dengan 2 macam yaitu ikan cupang slayer dan ikan cupang aduan. Sejatinya ikan cupang mempunyai 2 jenis  bentuk yaitu ikan cupang slayer yang biasa di sebut dengan ikan cupang halfmoon dan ikan cupang aduan yang biasa disebut ikan cupang plakat serta namanya yan berbeda masing-masing tergantung warna dan jenis.

Ikan cupang juga termasuk ikan hias yang mudah dipelihara tanpa menggunkanan oksigen atau gelembng udara yang disebut aerator. Habitat ikan cupang ialah berasal dari negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam dan Singapura.


Jenis-Jenis Ikan Cupang Lengkap Beserta Gambar

Klasifikasi Ikan Cupang

Nama ilmiah: Betta
Lama hidup: Ikan petarung siam: 3 – 5 tahun
Kerajaan: Animalia
Kelas: Actinopterygii
Maksimum produksi telur: Ikan petarung siam: 10 – 40
Panjang: Ikan petarung siam: 7 cm
Baca Juga : Rekomendasi Ikan Hias Kecil Yang Cocok Untuk Aquarium Kecil

Makanan Ikan Cupang

Ikan cupang biasanya diberikan pakan berupa pelet kecil-kecil atau bisa juga diberikan live food seperti cacing darah, encu dan artemia. Untuk menggemukan badan ikan cupang jentik nyamuk merupakan pakan yang bisa kalian coba.
Baca Juga : Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus Beserta Harganya

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina


Membedakan ikan cupang betina dan jantan cukup mudah dan bisa langsung ketahuan langusng dari sirip ekornya. Ikan cupang jantan mempunyai sirip yang lebih lebar atau biasa disebut dengan slayer dan juga memeliki warna yang cerah. sedangkan ikan cupang betina mempunyai sirip yang tidak lebar dan warnannya cenderung pucat.

Cara Ternak Ikan Cupang

Cara Ternak Ikan Cupang

Membudidayakan ikan cupang tidak harus memeliki lahan yang luas. Dengan lahan terbatas pun kalian bisa membudidayakan jenis ikan ini. 

Cara budidaya atau ternak ikan cupang yaitu menyiapkan wadah nya terlebih dahulu bisa berupa aquarium kecil, bak fiber ataupun kolam kecil.

Taruh tanaman air pada wadah tersebut, tanaman air berfungsi sebagai tempat telur ikan cupang menempel.

Lalu masukan ikan cupang jantan pertama kali setelah itu masukan ikan cupang betina di wadah tersebut namun dipisahkan bisa menggunakan wadah aquarium yang lebih kecil. Ini mungkin dinamakan penjodohan ikan cupang.

Setelah merasa sudah jodoh kalian bisa masukan ikan betina ke wadah pemijahan. Selama pemijahan lebih baik ditutupi koran atau apapun supaya prosses pemijahan bisa berjalan dengan lancar.

Jika air sudah berbuih dan banyak telur menempel kalian bisa pisahkan indukan betina dengan telur dan biarkan ikan cupang jantan menjaga telur.

Setelah telur menetas kalian bisa memberikan pakan artemia ke burayak ikan cupang tersebut. Janganlah over feeding ke burayak ikan cupang karna dapat mengotori air dan burayak ikan cupang bisa saja mati.

Penyakit Ikan Cupang

Penyakit ikan cupang yang paling sering terjadi ialah jamur. Ciri-ciri ikan cupang yang sakit biasanya ada bintik putih atau jamur pada ikan cupang. Ikan berenang didasar aquarium ataupun di atas dan terlihat lemas lemas.

Cara mengobati ikan cupang yang sakit terkena jamur ialah dengan menggunakan methylene blue atau bisa juga dengan PK ( Kalium Permanganat ).
Baca Juga : Ini Dia Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Jenis-Jenis Ikan Cupang 

Berikut nama-nama jenis ikan cupang beserta gambarnya. Walaupun saya tidak mengenal dan memahami keseluruhan ikan cupang namun akan saya berikan beberapa deskripsi dibawahnya. Semoga dengan berbagai macam jenis ikan cupang ini kalian bisa menambag pengetahuan kalian dan dapat membantu buat kalian yang ingin memelihara ikan cupang ini. Yuk Simak :

1. Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang jenis ini merupakan ikan cupang yang paling sering dijumpai karena memang banyak yang menjual ikan cupang jenis halfmoon ini. Ciri-ciri ikan cupang halfmoon ini mempunyai ekor yang lebar layaknya setengah bulan.


2. Rosetail Halfmoon

Ikan Cupang Rosetail Halfmoon


Ikan cupang rosetail halfmoon ini sekilas mirip dengan ikan cupang halfmoon biasa, namun jika diperhatikan ikan cupang rosetail memiliki ekor yang menyerupai kelopak bunga.

3. Halfmoon Cooper

Ikan Cupang Halfmoon Cooper

Ikan cooper halfmoon mirip dengan ikan cupang halfmoon untuk ciri ciri ikan cooper sendiri saya belum terlalu paham. Namun saya mendapat bahwa ikan cupang copper berasal dari negara Vietnam. CMIIW !

4. Halfmoon Red Copper

Halfmoon Red Copper

Ikan cupang jenis copper halfmoon ini memeiliki warna merah dibagian ekornya. Maka dari itu nama ikan ini ialah Halfmoon Red Copper.

5. Halfmoon Black White RIM

Halfmoon Black White RIM

Ikan cupang jenis halfmoon warna hitam ini masih sangatlah jarang ditemui apalagi di tambah kombinasi rim ekor yang berwarna hitam.

6. Halfmoon Copper Red Wash

Halfmoon Copper Red Wash

Ikan jenis halfmoon diatas bernama ikan cupang halfmoon red wash karena terdapat bercak bercak seperti warna merah ditubuhnya,

7. Halfmoon Copper Black Besgel

Halfmoon Copper Besgel

Jenis ikan halfmoon copper besgel ini mempunyai warna body hitam dan ekor yang tranparant sesuai nama nya yaitu besgel. Arti dari ukan cupang besgel ialah dari kata bebas gelap alias besgel.

8. Halfmoon Copper Silver


Ikan cupang halfmoon copper silver ini mempunyai ciri-ciri yaitu berekor lebar sesuai dengan jenis halfmoon dan mempunyai warna silver.

9. Halfmoon Copper Red White

Halfmoon Copper Red White

Ikan halfmoon red white ini mempunyai kombinasi yang bagus antara warna merah dan putihnya.

10. Halfmoon Black Melano

Black Melano Halfmoon

Ikan cupang halfmon black melano mempunyai ciri-ciri tubuh yang dominan hitam dengan gradasi warna biru di tubuhnya.

11. Halfmoon Steel Blue

Halfmoon Steel Blue

Halfmoon steel blue ialah ikan cupang halfmoon yang mempunyai ekor lebar dan memiliki warna dominan biru.

12. Halfmoon Rosetail Triple Color

Halfmoon Rosetail Triple Color

Ikan cupang satu ini bertipe halfmoon plus rosetail serta mempunyai 3 warna yang berbeda. Sangat sulit mendapatkan kombinasi warna ikan cupang seperti ini.
Baca Juga : Jam Buka Pasar Ikan Hias Parung Bogor Terbaru 2020

13. Platinum White Halfmoon 

Platinum White Halfmoon

Ikan cupang halfmoon juga memiliki jenis platinumnya. Ikan cupang platinum halfmoon mempunyai warna putih pekat dan mata hitam.

14. Super Red Halfmoon

Super Red Halfmoon

Super red halfmoon ini sesuai namanya mempunyai ciri-ciri ekor lebar berwarna merah pekat dan tubuh yang berwarna merah juga.

15. Orange Halfmoon

Orange Halfmoon

Halfmoon orange sesuai namanya maka ikan ini memiliki warna yang didomnasi warna orange.

16. Halfmoon Moonlight

Halfmoon Moonlight

Halfmoon moonlight ini mempunyai ciri-ciri ekor lebar serta kombinasi 2 warna biru yang berbeda.

17. Halfmoon Full Black

Halfmoon Full Black

Halfmoon Full Black ini memiliki tampilan yang garang karena seluruh warnanya full hitam.

18. Halfmoon Blood Shoot

Halfmoon Blood Shoot

Halfmoon blood shoot ini mempunyai warna yang unik seperti terkena tembakan sehingga banyak noda merah ditubuhnya.

19. Halfmoon Yellow Dragon

Halfmoon Yellow Dragon

Ikan jenis ini sangat jarang ditemui selain jenis halfmoon terdapat jenis dragon juga di ikan ini. Dragon pada ikan cpang sendiri memiliki arti bawha sisik ikan cupang tersebut menyerupai sisik naga atau dragon.

20. Halfmoon Red Lavender

Halfmoon Red Lavender

Ikan cupang halfmoon red lavender mempunyai ciri-ciri tubuh berwarna merah serta terdapat warna ungu lavender di tubuh dan ekornya.

21. Halfmoon Red Marble

Halfmoon Red Marble

Halfmoon Red Marble ini sesuai dengan namanya marble yang artinya mempunyai gen yang unik. Dalam ikan cupang marble sendiri adalah gen yang melompat alias gen yang tidak stabil warnanya sehingga banyak bercak-becak pigmen.

22. Halfmoon Mustard Gas

Halfmoon Mustard Gas

Halfmoon Mustard Gas dengan kombinasi warna ini merupakan salah satu ikan cupang yang sulit ditemui.

23. Black Yellow Halfmoon

Black Yellow Halfmoon

Black yellow halfmoon memiliki ciri-ciri warna kombinasi antaa warna hitam dan yellow.

24. Halfmoon Golden

Halfmoon Golden

Sesuai namanya ikan cupang golden halfmoon mempunyai warna dasar emas dan warna emasnya semakin mengkilat akan semakin mahal ikan cupang tersebut.

25. Halfmoon Double Tail Black

Halfmoon Double Tail Black

Ikan cupang double tail adalah ikan cupang yang mempunyai ekor 2 contohnya seperti gambar diatas. Kebetulan pada gambra diatas merupakan ikan cupang jenis halfmoon series black.

26. Plakat White Dumbo Ear

Plakat White Dumbo Ear

Selanjutnya langsung saja masuk ke jenis ikan cupang plakat. Ikan cupang plakat diatas ialah ikan yang mempunyai sirip dayung yang lebar dan berwarna full putih maka dari itu dinamakan plakat white dumbo ear.
Baca Juga : Rekomendasi Tempat Berburu Ikan Hias Terlengkap Di Jakarta Dan Sekitarnya

27. Plakat Fancy

Plakat Fancy

Ikan plakat fancy merupakn jenis ikan cupang yang mempunyai banyak warna maka dari itu disebut dengan fancy.

28. Plakat Dumbo Steel Blue

Plakat Dumbo Steel Blue

Dumbo ear seusai namanya ikan cupang jenis ini memilki dayung yang ukurannya lebih lebar daripada ikan cupang pada umumnya. Steel blue ialah warna dari tubuh ikan cupang ini.

29. Plakat Black Fancy

Plakat Black Fancy

Plakat fancy black ini mempunyai gabungan dari beberapa warna sebenarnya namun memang didominasi oleh warna hitam.

30. Plakat Fancy White

Plakat Fancy White

Plakat fancy berwarna dominan ini mempunyai kombinasi warna yang unik seperti noda-noda yang warna-warni.

31. Plakat Fancy Blue

Plakat Fancy Blue

Plakat fancy warna biru ini cukup keren juga, apalagi ditambah kombinasi dengan waarna merah ini.

32. Plakat Fancy Golden

Plakat Fancy Golden

Ikan cupang plakat jenis yang satu ini memilki warna dasar full emas ditubuhnya.

33. Plakat Golden Red Dragon

Plakat Golden Red Dragon

Jenis ikan cupang plakat ini mempunyai sisik yang menyerupai naga serta kombinasa warna golden dan merah maka dari itu ikan ini disebut ikan cupang plakat golden red dragon.

34. Plakat Double Tail Red Dragon

Plakat Double Tail Red Dragon

Ikan cupang atau betta fish satu ini cukup ini arena memunyai 2 ekor serta berjenis plakat dan mempunyai sisik naga pada tubuhnya.

35. Black Cooper Plakat

Black Cooper Plakat

Ikan cupang cooper juga ada yang jenis plakat. Ikan ini lebih tepatnya ialah marble copper plakat.

36.  Plakat Panda

Plakat Panda

Ikan cupang plakat panda ini mempunyai kombnasi warna hitam dan putih mirip seperti seekor panda.

37. Plakat Tancho

Plakat Tancho

Jenis cupang yang satu ini disebut dengan plakat tancho. Nama itu saya dapatkan di media internet karena memang saya baru tahu ada warna seperti ini. 

38. Plakat Blue Rim

Plakat Blue Rim

Jenis ikan cupang plakat yang satu ini sedang trending baru-baru ini dan harganya pun masih cukup tinggi. Harga ikan cupang plakat blue rim ini berkisar 200rb hingga 350rb per ekornya.

39. Fancy HMPK

Ikan Cupang Fancy HMPK

Ikan Cupang Fancy HMPK ini adalah singkatan dari Halfmon Plakat yaitu kombinasi atau turunan dari ikan halfmoon dan plakat.

40. White Dragon Plakat

Ikan Cupang Putih keren

Ikan cupang plajat warna putih ini menurut saya sangat keren dan langkah ya karena memiliki mata yang berwarna putih juga.

41.  Hellboy Plakat

Gambar Ikan Cupang Hellboy

Karaena mempunyai warna yang sama dengan karakter film hellboy maka ikan betta yang satu ini dinamakan dengan karakter tersebut.

42. Plakat Koi Galaxy

Gambar Ikan Cupang Hias Koi Galaxy

Ikan cupang plakat koi ini bukanlah kawin silang antara ika cupang dan koi ya. Hanya saja ikan tersebut memeilik warna seperti ikan koi.

43. Kachen Worachai

Ikan Cupang Termahal Kachen Worachai

Ikan Cupang Termahal Kachen Worachai ini sempat menghebohkan dunia karena ikan ini berhasil terjual di harga 20 juta rupiah karena memiliki warna yang sangat langka.
Baca Juga : Pakan Anakan Ikan Atau Burayak Ikan Agar Cepat Besar

44. Red Marble Plakat

Red Marble Plakat

Red marble plakat ini merupaan ikan cupang yang memiliki ciri-ciri berwarna dasar merah dengan kombinasi antara 4 warna

45. Plakat Koi Multicolor

Plakat Koi Multicolor

Setelah menulusir dan mencari tahu jenis ikan diatas ternaya ikan ini jenisnya ialah cupang plakat koi multicolor.

46. Plakat Nemo Candy

Plakat Nemo Candy

Ikan cupang nemo ini akhir-akhir ini banyak sekali peminatnya karena memiliki warna yang beragam dan cerah. Buat kalian yang ingin ternak ikan cupang bisa mencoba ternak jenis nemo ini karena harga ikan nemo cukup tinggi kisaran 75rb hingga 500rb.

47. Giant Dragon Red

Giant Dragon Red

Ikan cupang giant merupakan ikan cupang terbesar yang memiliki maksimal size hingga 7cm yang artinya ikan cupang giant lebih besar daripada ikan cupang pada umumnya. Jenis ikan cupang diatas sendiri ialah giant dragon red.

48. Ikan Cupang Bagan

Ikan Cupang Bagan
Nah buat kalian yang ingin memiliki ikan cupang dengan harga yang murah kalian bisa membeli ikan cupang jenis bagan atau aduan ini. Harga ikan cupang ini cukup murah kalian bisa mendapatkannya mulai dari 5rb rupiah loh.

49. Black Crowntail

Black Crowntail

Ikan cupang crowntail ialah ikan cupang yang memiliki ekor dan sirip bercabang-cabang seperti duri. Jenis ikan diatas ialah black crowntail karena memiliki warna dasa hitam serta ekor yang bercabang-cabang.

50. Platinum Crowntail

Platinum Crowntail

Platinum crowntail ini memilki warna dasar putih pekat seperti halnya ikan platinum lainnya dan memiliki ekor dan sirip yang bercabang.

51. Copper Dragon Crowntail

Copper Dragon Crowntail

Ikan cupang jenis copper juga ada yang memiliki ekor crowntail loh, selain copper ikan ini memiliki sisik naga atau dragon maka dari itu jenisnya disebut copper dragon crowntail.

52. Chilli Red Crowntail

Chilli Red Crowntail


Ikan cupang yang satu ini memiliki warna merah pedas seperti cabe dan memilki ekor jenis crowntail.

53. Wild Betta

Wild Betta / ikan cupang alam

Wild betta atau ikan cupang alam merupakan ikan cupang yang berasal dari tangkapan alam asalnya.
Harga ikan cupang tangkapan alam masih sangat tinggi yaitu berkisar mulai dari 300rb rupiah keatas.

54. Coccina Betta

Ikan cupang coccina

Ikan cupang coccina ini merupakan ikan cupang yang sangat langka. Ikan ini juga bisa disebut dengan ikan cupang alam. Karena masih langka ikan ini harganya masih sangat tinggi.

55. Cupang Sawah

Cupang Sawah

Cupang sawah merupakan ikan cupang alam yang belum mengalami kawin silang sehingga ikan cupang sawah ini bernar-benar cupang yang original.

Demikian 55 jenis ikan lengkap besrta gambar yang mungkin dapat memberi wawasan baru untuk kalian khusunya di ikan cupang.Selain dari 55 jenis ikan cupang diatas masih banyak sekali jenis warna ikan cupang yang tidak saya bahas. Dari 55 jenis ikan cupang diatas manakah jenis ikan cupang favorit kalian ?

Apabila ada kesalahan kata dan nama-nama ikan cupang atau jenisnya harap dimaklumi ya teman-teman. Semoga sehat selalu ya.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :