37 Jenis Ikan Gabus Hias atau Channa Lengkap Beserta Gambarnya

11 Jenis Ikan Gabus Hias atau Channa Beserta Harganya

Ikan Gabus merupakan ikan predator air tawar. Ikan gabus biasa di konsumsi oleh masyarakat di Indonesia karena ikan gabus selain rasanya yang enak juga banyak manfaatnya. Manfaat mengkonsumsi ikan gabus antara lain dapat mempercepat penyembuhan, menambah gizi, menjaga kesehatan mata dan lain lain anda bisa cek di Dokter Sehat untuk info lebih lengkapnya karena yang saya bahas bukan ikan gabus untuk di konsumsi melainkan ikan gabus hias. Ikan gabus di dunia ikan hias tidak kalah dengan ikan hias lainnya. Ikan gabus atau channa atau juga snakehead ini mempunyai penggemar yang banyak di Indonesia maupun di luar negeri. Namun di luar negeri ikan ini sebenarnya di larang dipelihara karnea merupakan salah satu ikan invasif. Ikan invasif adalah ikan yang berasal dari luar yang dapat mengancam kelestarian ikan ikan lokal. Ada beberapa jenis ikan channa atau ikan gabus hias loh. Berikut 37 jenis ikan gabus hias atau channa lengkap beserta gambarnya.

Baca Juga

1. Channa amphibeus

Channa amphibeus

Channa amphibeus mempunyai ciri ciri terdapat strip strip merah di tubuhnya mirip seperti channa andrao. Channa amphibeus tersebar di perairan india dan ditemukan pada tahun 1845. Channa amphibeus dapat tumbuh hingga panjang 90 centimeter.

2. Channa Andrao

Gambar Ikan Gabus Hias Channa Andrao

Channa Andrao sama seperti channa amphibeus terdapat corak merah di tubuhnya namun memeliki fin yang lebih terang. Channa Andrao tersebar di perairan asia. Channa Andrao termasuk ikan gabus hias terkecil karena hanya dapat tumbuh sampai 11 centimeter saja.

3. Channa Argus

Channa Argus

Channa argus ini dapat tumbuh dengan cepat dan ukurannya bisa mencapai 1 meter. 

4. Channa Asiatica

Channa Asiatica

Channa Asiatica dapat tumbuh hingga 35 centimeter. Ada beberapa jenis corak pada channa asiatica ada yg red spot, white spot dan mungkin masih ada jenis lainnya. 

5. Channa Aurantimaculata

Channa aurantimaculata

Channa aurantimaculata merupakan salah satu channa favorit saya karena mudah di dapat dan harganya tidak terlalu mahal. Perpaduan Warnanya pun sangatlah bagus kombinasi kuning, biru dan hitam.

6. Channa aurantipectoralis

Channa aurantipectoralis

Masih jarang sekali info tentang jenis channa aurantipectoralis ini. Dari penampilannya dan warna nya mudah sekali untuk membedakan mana channa aurantimaculata dan juga mana channa aurantipectoralis.

7. Channa bankanensis

Channa bankanensis

Channa bankanensis merupakan channa dengan pertumbuhan paling lambat dibandingkan dengan channa jenis lainnya. Ukuran maksimal snakehead ini ialah 24 centimeter saja. Channa bankanensis tersebar di peraiaran Indonesia dan Malaysia.

8. Channa baramensis

Channa baramensis

Dengan panjang maksimal hanya 22 centimeter channa baramensis termasuk jenis snakehead yang relatif kecil. Habitat channa baramensis berada di perairan sungai kalimantan.

9. Channa barca

Channa barca

Channa barca merupakan jenis ikan gabus atau channa termahal yang beredar di pasar indonesia. Channar barca harganya berkisar belasan juta buat kalian yang tertarik meminang channa barca siapkanlah budget tersebut. Channa barca dapat tumbuh makslimal hingga 90 centimeter.

10. Channa bleheri

Channa bleheri

Channa bleheri merupakan salah satu snakehead yang cocok dipelihara di aquarium karena ikan ini cenderung damai bahkan bisa digabung dengan ikaln lainnya serta mempunyai warna yang bagus dan hanya dapat tumbuh hingga 23 cenitemer.

11. Channa burmanica

Channa burmanica

Channa burmanica merupakan channa yang berasal dari Myanmar bagian utara. Channa burmanica termasuk salah satu jenis snakhead yang damai tidak terlalu agresif. Channa ini sangat jarang ditemukan di penjual penjual ikan hias. Ikan gabus yang satu ini sangatlah kerdil ia hanya dapat tumbuh sampai 8 centimeter saja.

12. Channa diplogramma

Channa diplogramma

Channa diplogramma atau malabar snakehead ini mempunyai bentuk dan karakter dengan jenis ikan toman. Channa ini hanya dapat tumbuh hingga 44 centimeter.

13. Channa gachua

Channa gachua

Dwarf snakehead atau channa gachua sesuai namanya ikan ini merupakan jenis channa yang berukuran kecil hanya dapat tumbuh hingga 25 centimeter. Channa gachua salah satu channa yang cocok dipelihara di aquarium.

14. Channa harcourtbutleri

Channa harcourtbutleri

Channa harcourtbutleri mempunyai nama inggris yaitu Burmese snakehead. Ikan ini berasal dari perairan Myanmar. Max size dari burmese snakehead ini ialah 25 centimeter.

15. Channa hoaluensis

Karena minim nya info tentang Channa hoaluensis saya tidak menemukan foto atau gambar Channa hoaluensis. Channa hoaluensis berasal dari perairan vietnam dan mas size nya 25 centimeter.

16. Channa longistomata

Channa longistomata

Channa longistomata merupakan salah satu jenis snakehead kecil. Max size nya hanya 16 centimeter saja. Channa longistomata berasal dari Vietnam. Channa ini mungkin termasuk langkah di pasar Indonesia.

17. Channa lucius

Channa lucius

Channa lucius atau forest snakehead dapat ditemukan di perairan thailand dan indonesia. Max size dari channa lucius ini berkisar 40 centimeter.

18. Channa maculata


Channa maculata atau blotched snakehead salah satu jenis channa yang agresif. Max size  channa maculata berkisar 20 cm. Channa maculata bisa dibilang versi mini dari channa argus.

19. Channa marulioides

Channa marulioides

Channa marulioides atau emperor snakehead dapat tumbuh hingga 56 cm bahkan lebih di alamnya. Channa maru yang satu ini banyak macamnya jenisnya termasuk yang terkenal ialah red eye maru atau red spotted marulioides.

20. Channa marulius

Channa marulius

Channa marulius mempunyai beberapa sebutan yaitu bullseye snakehead dan great snakehead ini merupakan jenis channa yang mungkin terbesar dibanding channa lainnya. Max size Channa marulius bisa mencapai 180 cm.

21. Channa melanoptera

Channa melanoptera

Channa melanoptera ini berasal dari Indonesia tepatnya di perairan sungai sumatra dan kalimantan. Channa melanoptera dapat tumbuh hingga 65 cm.

22. Channa melanostigma

Channa melanostigma

Channa melanostigma ini merupakan species baru dari snakehead yang ditemukan di sungai sungai di India.

23. Channa melasoma

Channa melasoma

Channa melasoma atau black snakehead ini disarankan tidak digabung dengan ikan lainnya alias soliter. Max size dari black snakehead ini berkisar 30 cm.

24. Channa micropeltes

Channa micropeltes atau biasa disebut ikan gabus toman

Channa micropeltes atau biasa disebut ikan gabus toman ini merupakan predator asli dari indonesia. Ikan gabus toman ini sangatlah agresif dan mempunyai gigi yang tajam. Ukuran ikan gabus toman ini bisa mencapai 130 cm. 

25. Channa ninhbinhensis

Channa ninhbinhensis

Channa ninhbinhensis mempunyai ciri ciri marking coklat kemerahan. Ikan gabus yang satu ini berasal dari Vietnam. Max Size nya hanya mencapai 27 cm.

26. Channa nox

Channa nox

Channa nox merupakan ikan channa yang langka dari perairan China.

27. Channa orientalis

Channa orientalis

Channa orientalis salah satu dari jenis channa berukuran kecil ini hanya dapat tumbuh hingga 10 cm. Cocok sekali dipelihara di aquarium karena ikan ini sangat mudah beradaptasi.

28. Channa panaw

Channa panaw

Channa panaw alias Panaw Snakehead merupakan jenis ikan gabus yang relatif berukuran kecil karena ukuran maksimalnya ialah 14 centimeter saja. Panaw Snakehead ini berasal dari Myanmar dan ikan ini sangat jarang ditemukan di pasar indonesia.

29. Channa pardalis 

Channa pardalis

Channa pardalis memeliki ciri ciri berwarna hitam dan biru dulunya mempunyai nama channa sp true blue. Ukuran maksimalnya hanya 17cm.

30. Channa pleurophthalma

Ocellated Snakehead

Channa pleurophthalma alias Ocellated Snakehead ini mempunyai marking titik titik hitam di tubuhnya. Ikan gabus hias ini sangatlah aktif berenang sehingga membutuhkan aquarium yang memadai. Ukuran panjang masimum ikan gabus jenis ini mencapai 40 cm.

31. Channa pomanensis

Channa pomanensis

Channa pomanensis memiliki ciri ciri yang hampir mirip dengan channa stewartii menurut saya. Channa pomanensis berasal dari sungai sungai di India. Panjang maksimal ikan gabus jenis Channa pomanensis mencapai 17 cm.

32. Channa pseudomarulius

Channa pseudomarulius

Info tentang ikan gabus jenis Channa pseudomarulius ini sangatlah sedikit. Mungkin dengan foto dari TEA SIYI KAI ini dapat membatu.

33. Channa pulchra


Channa pulchra alias peacock snakehead merupakan salah satu ikan gabus hias yang berukuran kecil.  Maksimal panjang dari ikan gabus ini ialah 30 cm. Channa pulchra ini cocok sekali dipelihara di aquarium kecil. Walaupun di gambar terdapat 3 channa dalam 1 aquarium sebaiknya channa jenis ini jangan di gabung dengan ikan lain.

34. Channa punctata

Channa punctata

Channa punctata mempunyai dua sebutan yaitu spotted snakehead dan  green snakehead. Channa ini tidak terlalu agresif dan maksimal ukuranya mencapai 30 cm.

35. Channa shingon

Channa shingon

Channa shingon merupakan spesies baru yang berasal dari China. Masih jarang juga informasi terkait channa ini. Semoga foto dari @cheilinus ini dapat membatu.

36. Channa stewartii

Channa stewartii

Channa stewartii atau golden snakehead ini hampir mirip ya dengan channa shingon di atas. Apa mungkin saya salah gambar ?. Channa stewartii ini merupakan channa yang paling direkomendasikan jika ingin memlihara channa banyak di dalam 1 aquarium. Channa stewartii dapat tumbuh maksimal hingga 25 cm.

37. Channa striata

Channa striata

Channa striata ini paling banyak juga dipelihara oleh hobbies di Indonesia. Channa striata mempunyai beberapa sebutan yaitu striped snakehead, common snakehead dan chevron snakehead. Channa striata ini dipasaran terdapat juga jenis albinonya. Tentunya harganya beda antara Channa striata normal dengan yang albino. Channa striata dapat tumbuh hingga 90 cm.


Sekian lah 37 jenis ikan gabus hias atau channa yang saat ini diketahui. Jika ada yang belum tersebut, salah gambar atau salah nama mohon dimaafkan saya pun masih newbie. Semoga artikel ini dapat membatu jenis ikan channa mana yang kalian ingin pelihara.

Labels: predator, tawar

Terimakasih Sudah Membaca 37 Jenis Ikan Gabus Hias atau Channa Lengkap Beserta Gambarnya. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: