Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Channa Bleheri si Ikan Gabus Mungil

Ikanesia.id - Ikan gabus atau ikan Channa memiliki banyak keragaman jenis dengan karakteristik berbeda-beda, salah satunya adalah ikan Channa Bleheri. Nama Bleheri diambil dari nama seorang penjelajah dan pedagang ikan eksotis, yaitu Heiko Bleher.

Ikan ini memiliki ukuran yang sangat mungil dan dijuluki rainbow snakehead atau gabus pelangi, sebab memiliki warna tubuh yang berwarna-warni. Hal tersebut membuat ikan hias ini semakin banyak digemari dan banyak yang memeliharanya.

Channa Bleheri si Ikan Gabus Mungil


Mengenali Ikan Channa Bleheri

Untuk mengenal lebih dalam lagi, berikut adalah penjelasan mengenai ikan gabus pelangi, seperti ciri dan karakteristik yang dimiliki, makanan yang dikonsumsi, hingga harga jual di pasaran. Mau tahu kan? Yuk simak ulasan berikut!

Baca Juga : 37 Jenis Ikan Channa

Habitat Asli

Habitat asli channa bleheri


Habitat asli ikan ini berada di Tropical Monsoon Forest, tepatnya dari Asia Selatan yaitu di lembah sungai Brahmaputra yang terletak di wilayah Assam dan Arunachal Pradesh yang merupakan negara bagian di India. Tempat itu memiliki curah hujan dan kelembapan yang tinggi. Tempat asal ikan ini merupakan wilayah yang cukup besar dan memiliki 4 musim, yaitu musim semi, musim hujan, musim dingin, dan musim panas.

Jika musim panas tiba, maka suhunya akan meningkat. Hal ini akan terjadi sekitar bulan Maret hingga bulan Juni. Suhu yang meningkat ini bisa mencapai 35 hingga 38 derajat Celcius. Selain itu, selama musim panas wilayah ini memiliki kelembapan yang sangat ekstrim.

Hal itu tentunya akan membuat volume air berkurang. Jika volume airnya berkurang dan menyisakan lumpur dan tanah basah saja, maka mereka akan menggali tanah atau lumpur, bahkan jika airnya belum muncul, mereka tidak mau makan.

Sementara di musim dingin, curah hujan di daerah ini cukup rendah dan terdapat kabut di pagi hari hingga sore hari. Musim dingin ini berlangsung sejak November hingga Februari. Suhu pada musim dingin di daerah Assam sekitar 6 sampai 8 derajat Celcius. Sangat dingin bukan?  Jika wilayah-wilayah yang tergenang air sudah mengering atau masih sedikit lembap, maka ikan gabus ini akan mengubur dirinya di tempat-tempat yang level airnya sudah menurun.

Sedangkan pada musim hujan, curah hujannya cukup tinggi. Biasanya hujan di wilayah ini terjadi pada siang hari dan disertai petir yang menakutkan. Musim hujan di Assam dimulai sejak bulan Juni hingga bulan Oktober, dengan suhu sekitar 18 hingga 26 derajat Celcius. Di musim hujan, daerah Assam mulai menghijau dan mulai tumbuh tanaman-tanaman. Oh iya, curah hujan yang cukup tinggi akan mengakibatkan volume air sungai Brahmaputra meluap, sehingga area di sekitarnya akan terhadang oleh banjir.

Musim semi di wilayah Assam ini berlangsung dari bulan Maret sampai bulan April. Untuk musim gugurnya terjadi sejak bulan September hingga Oktober. Selama kedua musim ini berlangsung, suhu di daerah Assam terbilang stabil, tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Begitu pula dengan curah hujannya yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Cara Merawat Channa Bleheri

Cara merawat ikan ini cukup mudah dan sama dengan jenis ikan lainnya, tetapi karena ikan ini berasal dari iklim yang berbeda dari Indonesia, yaitu beriklim subtropis, maka ada ketentuan-ketentuan dalam merawat ikan gabus hias. Hal itu supaya ikan hias ini bisa beradaptasi dengan lingkungan tropis dan tidak mudah stres.

Caranya yaitu dengan menyesuaikan akuarium dengan kondisi di habitat aslinya, yaitu memberikan bebatuan, kayu-kayuan, daun-daunan kering, hingga tanaman air. Tanaman air sangat berguna untuk tempat persembunyian ikan, supaya sang ikan tidak takut dan bisa sembunyi dengan nyaman. Ada dua faktor mengapa ia bersembunyi, yaitu:

  • Dia merasa takut jika ada orang lewat atau berdiri di depan akuarium.
  • Supaya tidak terlihat oleh ikan channa lainnya.

Selain menyesuaikan tempatnya, suhunya juga harus disesuaikan. Karena ia datang dari iklim sub tropis maka perubahan suhunya harus sama dengan habitat aslinya, yaitu dengan menurunkan suhunya pada bulan November hingga Februari. Jika musim dingin berlangsung, selama itu dia sangat membutuhkan waktu untuk beristirahat.

Ciri-ciri Fisik

Channa Bleheri

Fisik dari ikan ini sangat menarik. Ketika tumbuh remaja, warna kulitnya menjadi kuning. Namun, apabila dia sudah memasuki fase dewasa, warna tubuhnya akan menjadi cokelat, bahkan sisi dan siripnya bisa berubah menjadi warna biru dengan ditambahi adanya bintik-bintik berwarna merah oranye yang cerah. Oh iya, warna ikan jantan dan ikan betina berbeda lho. Ikan jantan memiliki warna yang lebih cerah dan berukuran lebih besar. Sedangkan ikan betina, berwarna lebih gelap dan ukurannya lebih kecil.

Diantara jenis gabus kerdil lainnya, keberadaan ikan ini sangat menonjol karena sirip yang ada di perut sangat kurang. Ukuran maksimal dari ikan gabus hanya bisa mencapai 17 cm saja. Tidak terlalu besar memang, tetapi itu hal yang wajar karena ikan ini termasuk ikan gabus yang berukuran kecil.

Karakteristik

Jika diletakkan di dalam akuarium atau tank, Ikan gabus ini termasuk ikan yang aktif lho, terutama ketika sedang berenang. Hal ini yang membuatnya berbeda dari ikan gabus lainnya. Selain itu, dia juga sangat kuat, buktinya dia sangat berani menggigit tangan orang dan bisa diberi makan dengan bantuan tangan.

Tidak hanya aktif berenang, ikan yang memiliki warna seperti pelangi ini juga jago dalam melompat. Jadi, tutup selalu akuariumnya yah, supaya sang ikan tidak bisa melompat keluar.

Perlu kamu ketahui bahwa ikan ini memiliki temperamen yang tinggi dan termasuk ikan yang agresif. Oleh sebab itu, jangan menyatukan ikan gabus ini dengan ikan jenis lainnya. Jika ia melihat ikan lain, maka sifat agresifnya akan timbul, meskipun itu adalah pasangannya. Ikan ini memiliki tingkat keagresifan yang berbeda tergantung dari jenis Channa itu, yaitu agresif dan sangat agresif.

Makanan Channa Bleheri

Ikan gabus ini merupakan ikan predator, jadi dia sangat suka memakan hewan-hewan seperti udang, cacing tanah, jangkrik, hingga jenis ikan lainnya. Meskipun begitu, ikan ini sangat fleksibel dalam hal makanan. Apabila kamu ingin merawatnya, kamu bisa memberinya makanan mati atau makanan ikan hias pada umumnya. Akan tetapi, di tahap awal kamu harus membiasakan ikan ini untuk memakan makanan lain.

Perlu diingat, jangan terlalu sering memberi makan ikan gabus ini dan porsinya juga harus disesuaikan. Sebab, tubuhnya akan membesar dan bentuk tubuhnya tidak lagi proporsional, apabila kamu memberi makan terlalu banyak.

Harga Channa Blehri

Di pasaran harga ikan hias ini beragam, ada yang murah dan ada yang mahal, tergantung dari usia ikan. Ikan Channa yang masih bayi harganya sekitar Rp 130.000. Sementara untuk ikan yang sudah dewasa harganya sekitar Rp 300.000 hingga Rp 600.000.

Demikianlah informasi mengenai ikan Channa Bleheri dari karakteristik hingga harga jual di pasaran. Pastikan kondisi akuarium tetap terjaga kestabilannya, supaya ikan gabus ini tetap nyaman dan tidak mudah stres. Semoga membantu.

channa bleheri harga
channa bleheri ukuran maksimal
channa bleheri hiko
channa bleheri max size
channa bleheri rainbow
channa bleheri berasal dari
channa bleheri red
channa bleheri wikipedia
channa bleheri aquarium
ukuran channa bleheri
channa bleheri size
channa bleheri mudah
channa bleheri tokopedia
tentang channa bleheri
jual channa bleheri
beli channa bleheri
channa bleheri shopee
channa bleheri murah
channa bleheri bagus
ukuran aquarium channa bleheri