Ini Dia, Jenis-Jenis Tanaman Aquascape Yang Bagus Untuk Akuarium

Ini Dia Jenis Tumbuhan Aquascape Yang Bagus Serta Harganya

Aquascape pada tahun 2014-2016 banyak sekali peminatnya di indonesia termasuk saya. Aquascape seperti seni bercocok tanam di dalam akuarium. Untuk membuat aquascape kita harus mempunyai rencana dan refrensi yang matang. Mau seperti apa aquascape yang ingin dibuat. Aquascape biasanya terdiri dari pasir, batu-batuan dan tumbuhan. 

Cara membuat aquascape susah-susah gampang anda harus mencobanya lama-lama nanti terbiasa. Pertama yang harus disiapkan tentu saja akuarium. Lalu rencanakan tema yang ingin anda buat. setelah itu belanja perlengkapan aquascape seperti pupuk, pasir, batu, tumbuhan bahkan ikan-ikan kecil. Jangan lupa membeli filter akuariumnya, Tahap awal biasanya bakteri starter lalu taung pasir ke dalam akuarium lalu atur bebatuan dan tanam tumbuhan di pasir yang ada pupuknya, Daftar jenis batu-batuan untuk aquascape anda bisa lihat di postingan saya sebelumnya.

Tanaman aquascape adalah tanaman yang tumbuh di dalam air yang berfungsi sebagai hiasan akuarium. Fungsi tanaman aquascape selain dapat mempercatik tanaman aquascape juga dapat sebagai tempat bersembunyi ikan hias dan juga bisa sebagai membantu cycling air agar amoniak di dalam akuarium berkurang, Tanaman aquaap sendiri banyak macamnya dan tanaman aquascape biasanya membutuhkan pencahayaan dan karbondioksida sesuai dengan jenis tanmannya itu sendiri. Maka dari itu anda harus mengenali jenis dan tanaman aquascape terlebig dahulu sebelum membelinya. Pada postingan saya kali ini saya akan membuat jenis jenis tumbuhan apa saja yang biasa digunakan pada aquascape beserta harganya.

Baca Juga


Ini Dia Jenis Tumbuhan Aquascape Yang Cocok Untuk Akuarium


1. Java Moss
Tanaman Java Moss untuk aquasape pemula

Java Moss adalah tanaman yang berasal dari kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia, Jepang, Malaysia, Vietnam, Singapura, Filipina, Dan kepulaun India Timur. Tanaman java moss mempunyai nama ilmiah Taxiphyllum barieri. Tanaman java moss ini merupakan salah satu tanaman yang mudah tumbuh karena mampu mentolelir berbagai suhu dapat hidup di tingkat cahaya yang rendah dan tidak memerlukan banyak karbondioksida. Java moss dapat tumbuh di hampir semua substrat. Java moss dapat tumbuh hingga 10cm dengan ph 5.5 - 8.0 dengan intensitas cahaya rendah.

2. Windelov
Tanaman aquascape windelov untuk pemula

Windelov adalah tanaman yang mempunyai nama ilmiah Microsorum pteropus ini di patenkan oleh Tropica Holger Windelov. Ciri-ciri tanaman windelov ini mempunyai ujung daun yang bercabang halus. membuat tanaman ini salah satu tanaman akuarium yang paling indah. Tanaman windelov ini sangat tangguh dan mudah untuk pemula sekalipun. windelov dapat tumbuh hingga 15-20cm dengan lebar 12-15cm. Tanaman ini dapat ditempatkan di mana saja di alam akuarium tetapi hasil terbaik dari tanaman windelov dapat di tanam di atas batu atau di akar pohon. Tanaman windelov yang menua akan muncul tunas yang tunasnya dapat di potong dan di tanam kembali. Tanaman windelov cocok untuk pemula karena mudah dalam melakukan perawatannya dan mempunyai ketahanan yang kuat.

3.  Dwarf Baby Tears

Tanaman Aquascape Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears adalah tanaman yang mempunyai nama ilmiah Hemianthus Callitrichoides ini memiliki ciri ciri daun yang kecil serta padat dan sering dijadikan tanaman foreground. Tanaman dwarf baby tears ini akan tumbuh seperti karpet yang menyebar meluas melalui tunas yang tumbuh dibawah substrat. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3-4cm dan membutuhkan cahaya yang tinggi untuk mendapatkan hasil terbaiknya. Namun pada pencahayaan rendah tanaman ini juga masih dapat tumbuh dengan normal. Cahaya yang tinggi serta karbondioksida yang banyak serta substrat yang kaya akan nutrisi akan membuat tanaman ini tumbuh dengan sangat baik dan berwarna hijau terang. Dwarf baby tears dapat tumbuh di akuarium dengan suhu 22-24 derajat celcius.  

4. Anubias Barteri Var. Barteri
Anubias Barteri Tanaman Aquascape

Anubias barteri adalah tanaman bunga yang beraal dari afrika bagian barat. Di alam liar tanaman ini dapat ditemukan di sungai dan rawa-rawa. Anubias barteri biasanya akan tumbuh bungah di bawah. Tanaman ini mempunyai daun yang berwarna hijau tua yang cukup tangguh dan memiliki rimpang yang tebal. Tanaman anubias barteri ini adalah tanaman yang dapat beradaptasi dalam kondisi pertumbuhan bahkan kondisi terburuk sehingga tanaman ini cocok untuk pemula. Namun pertumbuhan tanaman ini cukup lambat. Butuh beberapa tahun untuk mencapai ukuran maksimalnya

5. Anubias Barteri Var. Coffefolia
Tanaman anubias jenis coffefolia

Anubias coffefolia ini adalah tanaman anubias barteria dengan jenis coffefolia. Tanaman ini sangat bagus indah serta perawatan nya yang mudah menjadikan tanaman jenis anubias coffefolia juga termasuk jenis tanaman yang di gemari oleh pemula. Sama halnya dengan jenis anubias lain tanaman anubias coffefolia berasal dari afrika bagian barat.

6. Anubias Barteri Var. Angustifolia
Harga tanaman Anubias Barteri Var. Angustifolia

Anubias jenis Angustifolia adah jenis tanaman anubias berdaun tinggi dan ramping yang dapat tumbuh hingga 20cm. Tanaman ini sama dengan jenis anubias lainnya yang perwatannya sangat mudah sehingga tidak membutuhkan cahaya yang tinggi bahkan dengan Co2 yang rendah sekalipun. Tanaman anubias angustifolia juga ditemukan di daerah afrika barat.

7. Anubias Barteri Var. Calladiifolia
Anubias Barteri Var. Calladiifolia adalah

Anubias Calladiifolio adalah tanaman jenis anubias yang berasal dari laboratorium yang berada di australia. Tanaman ini mempunyai daun yang berbentuk seperti hati yang dapat tumbuh hingga 30cm. Dan daunnya dapat hidup selama beberapa tahun. Maka dari itu tanaman anubias varietas ini di rekomendasikan untuk ukuran akuraium yang besar.

8. Anubias Barteri Var. Nana
Anubias Barteri Var. Nana

Anubias Barteri Nana tanaman dari varietas anubias yang berukuran kecil. Tanaman anubias nana yang berasal dari kamerun ini dapat tumbuh tinggi hingga 5-10cm dan rimpangnya dapat mencapai 10-15cm. Tanaman ini juga cocok untuk pemula

9. Lilaeopsis
Tanaman Aquascape terbaik

Tanaman Lilaeopsis adalah tanaman aquascape yang berasal dari Amerika Selatan dan dapat tumbuh dengan sangat rapih. Tanaman ini seperti rumput dengan tingga mencapai 4-7cm dengan pencahayaan yang sesuai maka tanaman lilaeopsis ini dapat tumbuh dengan optimal. Tanaman ini juga bermanfaat untuk ikan sebagai tempat persembunyian bahkan bisa sebagai tempat bertelur ikan.

10 Dwarf Hair Grass
Dwarf Hair Grass

Dwarf Hair Grass merupakan tanaman akuarium air tawar menyerupai rambut berwarna hijau, tanaman ini sangat populer dikarenakan tanaman ini mempunyai keindaahan tersendiri seperti halnya rumput terkena angin tanaman ini juga akan bergoyang2 di dalam air. Tanaman ini biasa digunakan digunakan untuk foreground. Tanaman ini dapat ditanaman dengan suhu 20-25 derajat celcius dengan pencahayan sedang, Namun jika mendapat pencahayan yang tinggi tanaman ini akan tumbuh cepat dan sangat hijau.

11. Amazon Sword
Amazon Sword

Sesuai dengan namanya tanaman Amazon Sword ini adalah tanaman yang berasal dari sungai amazon dan bentuknya seperti pedang. Tanaman ini sangat populer dan dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko akuarium. Tanaman amazon sword ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh. Tinggi tanaman ini dapat mencapai 50cm maka dari itu perlu perawatan berkali dengan mengguntingnya. Untuk menanam tanaman ini memerlukan suhu 22-28 derajat celcius dengan tingkat pencahayan sedang.

12. Hygrophila Difformis
Hygrophila Difformis

Hygrophila Diffrormis tanaman akuarium air tawar yang berasal dari benua Asia. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga 20-30cm dan lebar 6-12cm. Hygrphila Difformis atau disebut juga Water Wisteria termasuk tanaman yang tumbuh di ai dangkal. Tanaman ini juga dapat mencegah tumbuhnya algae karena tanaman ini menyerap nutrisi yang di butuhkan algae. Tanaman ini dapat tumbuh di suhu 23-28 derajat celcius dengan pencahayaan yang sedang.

13. Cabomba Carolinia
Cabomba Carolinia

Cabombia Carolina adalah tanaman akuarium air tawar yang berasal dari sunga-sungai amazon dan juga dapat di bagian Amerika Utara. Tanaman ini tumbuh panjang ke atas denngan daun yang mirip bulu-bulu.Sekilas tanaman ini mirip dengan pohon cemara dan tanaman ini cocok ditanam di area rengah atau pinggir sesuai selera, Tanaman cabombia carolina dapat tumbuh dengan mudah dan tidak rewel. Tetapi membutuhkan cahaya yang cukup agar dapat tumbuh. Tanaman ini tumbuh di suhu 15-26 derajat celcius.

14. Monte Carlo
Perbedaan Monte carlo dengan dwarf baby tears


Monte Carlo adalah tanaman akuariun dengan pertumbuhan rendah sehingga tanaman ini cocok untuk di tanam di dasar, batu-batuan atau pun di kayu.  Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Micranthemun ini berasal dari selandia baru. Tanaman ini membutuhkan nutrisi dan pencahayaan yang cukup agar tanaman ini dapat tumbuh dan berwarna hijau terang. Sekilas tanaman monte carlo memang mirip dengan tanaman dwarf baby tears. perbedaan antara tanaman monte carlo dengan tanaman darf baby tears terdapat pada daun monte carlo lebih besar dibandingkan tanaman dwarf baby tears serta perawatannya yang lebih mudah dibandingkan dwarf baby tears Bagi anda yang kesulitan menananm dwarf baby tears maka tanaman monte carlo ini bisa jadi alternatifnya. Ph air 6-7,5 adalah ph yang di perlukan untuk menumbuhkan tanaman monte carlo ini.

15. African Water Fern
African Water Fern

African Water Fern atau Bolbitis Heudelotii merupakan tanaman air tawar yang biasa ditemukan di seluruh benua afrika. Tanaman ini tumbuh subur paling baik di tempelkan pada batu atau kayu. African water fern mempunyai ciri-ciri daun yang berwarna hijau yang meruncing ke atas. Tanaman ini dapat hidup pada suhu 20-27 derajat celcius. Tanaman ini membutuh kan Co2 dan pencahayan yang cukup tinggi agar dapat tumbuh dengan baik.

16. Bacopa Sp Colorata 
Bacopa Sp Colorata tanaman akuarium


Bacopa Sp Colorata tanaman akuarium yang daunnya berwarna merah. Tanaman masih sulit di dapatkan karena masih tergolong tanaman akuarium yang langka. Bacopa sp colorata mirip dengan tanaman bacopa caroliniana hanya saja tanaman bacopa colorata ini daunnya lebih kecil. Tanaman ini berasal dari Brasil. Untuk menanam tanaman bacop sp colorata ini membutuhkan ph air 5.8-7,8 dan suhu air 20-30 derajat celcius.

17. Bacopa Sp Caroliniana

Bacopa SP Caroliniana meupakan tanaman asal Amerika Serikat yang sudah digunakan sebagai tanaman akurium selama bertahun-tahun. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi 10-30cm dan rimpang 3-4cm. Tanaman ini berwana hijau kekuningan, agar dapat warna yang maksimal tanman ini membutuhkan nutrisi dan pencahayaan yang baik. Perawatan tanaman ini sama seperti variant dari tanaman bacopa lainnya.

18. Crinum Calamistratum
Crinum Calamistratum

Crinum Calamistratum ialah tanaman air tawar asal afrika yang memiliki bentuk yang unik daunnya berwarna hijau tua yang panjang dan ramping ini dapat tumbuh hingga 90 centimeter. Tingkat kesulitan pada tanaman ini cukup sulit karena tanaman ini sangat membutuhkan kadar Co2 yang tinggi dan pencahayaan yang tinggi.

19. Cryptocoryne Pontederiifolia
Cryptocoryne Pontederiifolia

Cyptocoryne Pontederiifolia merupakan tanaman rawa yang berasal dari Indonesia tepatnya di daerah pantai sumatra bagian barat. Pemeliharaan tanaman ini mudah karena tanaman ini sangat mudah beradaptasi di berbagai keadaan. Pencahayaan yang cukup akan membuat tanaman ini tumbuh dengan lebat.

20. Ceratophyllum Demersum
Gambar Ceratophyllum Demersum

Ceratophyllum Demersum adalah tanaman air yang dikenal dengan nama lain Hornwort atau Coon Tail. Tanaman ini termasuk tanaman yang terapung karena tidak mempunyai akar. Biasanya di tanam dengan cara menempelkan nya pada batu atau kayu.Tanaman ini berasal dari semua benua kecual benua antartika. Pemeliharaan pada tanaman ceratophyllum demersum ini sangat mudah sehingga tanaman ini salah satu yang paling populer di dunia aquascape.

21. Cryptocoryne Becketti Petchii
Cryptocoryne Becketti Petchii

Cryptocoryne Becketti Petchii merupakan tanaman yang berasal dari Sri Lanka. Tanaman ini di rekomendasikan bagi yang baru memulai bermain aquascape dikarenakan tanaman ini termasuk tanaman yang mudah beradaptasi di berbagai keadaaan. Pemeliharaan pada tanaman ini pun tergolong sangat mudah. Tanaman ini dapat mencapai tinggi 10-15cm.

22. Echinodorus Vesuvius
Echinodorus Vesuvius

Echinodorus vesuvius adalah tanaman akuarium air tawar yang mempunyai daun sangat rapat dan berwarna hijau. Tanaman ini cocok sebagai background di aquascape. Echinodours ini dapat tumbuh tinggi hingga 10-20cm dan lebar 10-15cm. Tanaman ini mudah dipelihara sehingga cocok untuk pemula dikarenakan tidak membutuhkan cahaya dan nutrisi yang banyak.


23. Egeria Densa

Tanaman aquascape Egeria Densa ini merupakan tanaman air yang sangat populer karena tanaman ini mudah tumbuh dengan cepat dan pemeliharaannya yang mudah. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga 40-100cm. Tanaman ini dapat membantu untuk mencegah timbulnya algae karena tanaman ini menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh algae tersebut.

24. Ceratopteris Cornuta
Ceratopteris cornuta adalah

Ceratopteris cornuta adalah tanaman air yang berasal dari daerah afrika,amerika,asia dan australia. Tanaman ini sejatinya merupakan tanaman yang floating alias mengambang. Namun tanaman ini bisa juga di tempelkan di bebatuan atau di tanam di pasir agar tanaman ini tenggelam. Perawatan tanaman aquascape ini tergolong mudah. Untuk memelihara dan menumbuhkannnya memerlukan suhu air 18-30 derajat celcius dan Ph air 5-8.

25. Ludwigia Rapens "Mesakana"
Ludwigia Rapens "Mesakana" Tanaman Aquascape

Ludwigia Rapens dengan jenis mesakana ini adalah tanaman air yang tergolong sulit tapi peminatnya banyak. Tanaman ini berasal dari benua amerika dengan ciri-ciri berdaun merah yang membuatnya lebih menarik bagi penghobi. Untuk memelihara tanaman ini membutuhkan air dengan kadar ph 5-7 dan suhu 4-28 derajat celcius dengan pencahayan yang cukup.

26. Rotala Sp Cambodia
Rotala sp cambodia merupakan

Rotala sp cambodia merupakan tanaman air tawar dengan batang yang berdaun halus seperti bulu-bulu berwarna coklat kemerahan. Tanaman ini tergolong sulit karena tanaman ini harus mendapatkan pasokan Co2, pencahayaan yang tinggi dan air yang agak lunak agar dapat tumbuh.

27. Lomariopsis Prothallium
Lomariopsis Prothallium atau Lomariopsis cf lineata

Lomariopsis Prothallium atau Lomariopsis cf lineata merupakan tanaman air tawar yang pertama kali dikenal di Jerman yang berasl dari benua Asia. Tanamn ini biasa di aplikasikan untuk area foreground biasanya di tempel pada batu atau di selipkan ke celah hardscape. Pencahayaan yang sedang, kadar air 5-7, suhu 15-30 derajat celcius dan nutrisi yang baik dapat membuat tanaman ini tumbuh optimal.

28. Alternanthera Reineckii Mini
Alternanthera Reineckii Mini

Alternanthera Reineckii mini merupakan tanaman kerdil yang juga dikenal dengan nama rosaefolia minor. Tanaman yang tumbuhnya sangat lamnat ini berasal dari benua amerika. Walaupun kerdil tanaman ini dapat tumbuh hingga 20cm. Tanaman ini membutuhkan cahaya yang tinggi, kadar air ph 5-7, suhu 22-28 derajat celcius serta nutrisi c02 yang banyak.

29. Limnophila Sessiliflora
Limnophila Sessiliflora

Limnophila sessiliflora adalah tanaman yang sudah sejak lama dikenal oleh hobbies aquascape. Tanaman ini dapat mudah tumbuh dengan cepat. Asal dari tanaman ini ialah benua asia. Untuk memelihara tanaman ini memerlukan kadar air ph 5-8, suhu air 15-28 drajat celcius serta pencahayaan dan c02 yang cukup.

30. Littorella Uniflora

Littorella Uniflora

Littorella uniflora merupakan salah satu tanaman air asli eropa yang biasanya tumbuh di tepi-tepi sungai ber-air dangkal. Penghobi aquascape jarang memakai tanaman ini karena tanaman ini masuk di tanaman air dengan kategori sulit di pelihara. Untuk memlihara tanaman litorella uniflora kondisi air yang diperlukan adalah ph 5-8 dan suhu air 4-26 derajat celcius.


Itulah beberapa tanaman air yang biasa digunakan olehn pecinta aquascape. Sebenarnya masih banyak tanaman air yang belum disebutkan. Mungkin di postingan yang akan datang saya lanjutkan. Namun di daftar tanaman aquascape di atas menurut saya sudah cukup untuk menjadi refrensi tanaman mana saja yang ingin anda gunakan jika ingin membuat aquascape.


Labels: aquascape, tawar

Terimakasih Sudah Membaca Ini Dia, Jenis-Jenis Tanaman Aquascape Yang Bagus Untuk Akuarium. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: