Search Suggest

Cara Merawat Ikan Koi Agar Tumbuh Sempurna, Ini Triknya!

Kepada kamu sekalian yang berniat untuk memelihara ikan koi, bacalah artikel ini untuk tahu cara merawat ikan koi yang benar.

Cara Merawat Ikan Koi

Cara Merawat Ikan Koi - Ada bermacam-macam ikan hias yang biasa orang Indonesia pelihara, salah satunya ialah ikan koi. Warnanya yang cerah dan ukurannya yang cukup besar menjadikan mereka sebagai primadona dalam dunia ikan hias. Ada beberapa cara merawat ikan koi yang perlu kamu ketahui supaya ikan-ikan milikmu tumbuh besar dan sehat.


Tata Cara Merawat Ikan Koi yang Benar

Sekilas, ikan koi tampak biasa saja sehingga orang-orang merasa tak perlu susah payah merawatnya. Pandangan ini tak benar karena ikan koi, sebagaimana ikan-ikan lainnya, tetap memerlukan pemeliharaan yang baik.


1. Sediakan Kolam dengan Ukuran yang Pas

Cara merawat ikan koi yang pertama ialah menyediakan kolam yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan ikan. Mengingat ikan koi dapat tumbuh cukup besar, kamu disarankan untuk membuat kolam yang kedalamannya antara 70 sampai 90 cm. 

Dengan begini, kolam dapat menampung air kurang lebih sebanyak 1000 liter dan bisa menampung hingga 10 ekor ikan.


2. Jaga Kebersihan Kolam Ikan

Langkah kedua yaitu menjaga kebersihan kolam ikan dari limbah apapun, termasuk sisa makanan ikan. Perlu kamu ketahui, ikan koi tidak suka berenang di air yang keruh dan banyak kotoran, sehingga kamu harus membersihkannya secara berkala. 

Apabila kamu tidak tahu caranya atau tidak sanggup membersihkannya sendiri, silakan gunakan alat penyaring atau filter air.


3. Pantau Kesehatan Setiap Ikan

Memantau kondisi fisik setiap ikan di kolam merupakan cara merawat ikan koi yang ketiga. Ikan yang sehat akan berenang dengan anggun, lincah dan suka berkerumun serta makan dengan lahap. 

Sementara itu, ikan yang sakit akan berenang dengan lambat, menyendiri, dan tak mau makan sama sekali. Jika ada ikan yang sakit, segera pisahkan dan obati agar tidak menulari ikan-ikan lain di kolam.


4. Atur Pemberian Makan pada Ikan

Makanan atau pelet ikan juga merupakan aspek yang patut kamu perhatikan pada poin cara merawat ikan koi yang keempat. Pilihlah pelet yang bernutrisi tinggi dan mudah ikan cerna agar nanti tak membuat mereka susah makan. 

Namun ingat, ikan koi tak bisa makan terlalu banyak, sehingga kamu wajib mengatur kapan mereka boleh diberi makan dan berapa banyak.


5. Isi Kolam Ikan Menggunakan Air Bersih

Kolam yang kamu telah siapkan sebelumnya bisa jadi mengandung senyawa kimia atau debu yang berbahaya bagi ikan koi. Oleh karena itu, usahakan agar kolam diisi oleh air terlebih dulu, diamkan beberapa hari, baru kamu ganti dengan air baru. 

Tujuannya adalah membersihkan kolam agar ikan koi nantinya tak mendadak sakit atau mati saat kamu masukkan. Jika kolam sudah kamu bersihkan, masukkan ikan satu per satu untuk melihat reaksi mereka.


6. Tambahkan Tanaman Air pada Kolam

Cara merawat ikan koi yang terakhir yaitu menanam tanaman air di kolam. Sekilas, tanaman air sebangsanya teratai mini, bambu air, atau eceng gondok hanya bagus untuk hiasan kolam saja. 

Ternyata tanaman air juga memiliki beberapa fungsi penting untuk kolam. Fungsi pertama ialah untuk memberikan oksigen dalam air yang ikan perlukan agar tetap sehat. Sedangkan fungsi kedua adalah untuk menyediakan sumber nutrisi alami selain pelet.

Setelah membaca artikel ini, pastinya kamu sudah tahu langkah apa saja untuk merawat ikan koi yang benar. Semoga ikan-ikan koi milik kamu mendapatkan perawatan yang sempurna dan tumbuh dengan baik, ya!

Cara Merawat Ikan Koi Agar Tumbuh Sempurna, Ini Triknya!
Table of Contents
Sahputra
Hallo. Saya Sahputra, Saya seorang penulis dan juga seorang Digital Marketing.

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos