Search Suggest

4 Jenis Ikan Laut yang Menyehatkan Tubuh. Mana Favoritmu?

Ikan Laut adalah salah satu bahan masakan yang sangat mudah kamu temui di Indonesia sebagai lauk. Yuk simak jenis-jenis yang menyehatkan!

Ikan Laut yang Menyehatkan

Ikan Laut yang Menyehatkan - Mengatur pola makan yang memenuhi standar gizi seimbang mungkin menjadi tujuan yang sedang ingin kamu usahakan. Salah satu kandungan yang sangat penting untuk kamu penuhi adalah protein. Kamu bisa mendapatkan protein dari banyak bahan makanan, salah satunya adalah ikan laut.

Menurut sebagian ahli, bahan makanan yang satu ini memang memiliki banyak zat yang tubuh manusia butuhkan. 

Maka tidak heran, mantan Menteri Perikanan dan Kelautan RI, Bu Susi Pudjiastuti, melalui medianya cukup gencar untuk mengkampanyekan masyarakat Indonesia gemar memakan hewan konsumsi ini. Apalagi Indonesia adalah negeri maritim yang memiliki banyak biota lautnya.

Ikan Laut yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan

Banyak sekali jenis ikan di laut yang dapat kamu konsumsi. Namun, jenis apa yang sehat untuk kamu dan keluarga makan sebenarnya? Simak terus artikel yang satu ini untuk dapatkan jawabannya.

1. Ikan Salmon

Salah satu biota laut yang tidak perlu kamu pertanyakan memiliki banyak kandungan menyehatkan untuk tubuh adalah salmon. Biota laut yang satu ini cukup terkenal oleh masyarakat. 

Di restoran-restoran akan mudah untuk kamu menemukan menu makanan berbahan dasar salmon. Tentu saja, kamu bisa mengolahnya menjadi banyak sekali bentuk hidangan yang sesuai selera.

Di dalamnya ternyata kaya dengan kandungan seperti asam lemak omega 3. Kandungan ini sangatlah baik untuk kesehatan jantung kamu. Di samping itu, salmon juga memiliki kandungan vitamin D dan kalsium. 

Sehingga mengkonsumsinya akan membantu menyehatkan kehamilan dari ibu hamil, terutama untuk yang sedang berada di fase trimester ketiga.

2. Tuna

Jenis yang kedua yang cocok untuk kamu yang memang sedang mencoba membuat pola hidup sehat dengan jalur konsumsi makanan bergizi adalah tuna. Ikan yang satu ini kaya akan vitamin serta protein.

Namun ada tips untuk kamu agar selektif untuk memilih tuna. Yaitu konsumsilah jenis-jenis tuna yang tidak mengandung merkuri tinggi. Umumnya, kamu bisa mengkonsumsi ikan tuna seminggu 2 kali untuk tujuan pengaturan pola hidup sehat.

3. Tenggiri

Salah satu ikan yang mungkin sering kamu konsumsi di rumah pasti tenggiri. Ikan dengan ciri khas kulit putih dan memiliki rasa yang cukup kuat inni menurut Kemenkes RI dikategorikan sebagai salah satu yang paling rekomendasi untuk kamu makan demi kesehatan.

Predikat ini tenggiri dapat karena kayanya kandungan omega 3 dan B-12 yang ada di dalamnya. Jumlahnya lebih tinggi dari pada hewan laut lainnya. ternyata tidak hanya dua kandungan di atas, tenggiri juga mengandung lemak baik yang bisa membantumu saat menerapkan pola hidup sehat.

4. Ikan Sarden

Pernahkah kamu mencoba makanan kalengan? Pastinya kamu akan pernah menemukan kalengan ikan sarden. Ya, ikan yang satu ini memang aslinya memiliki kandungan nutrisi yang cukup kaya seperti kalsium, zat besi, vitamin B12, lemak omega 3, zat besi, selenium, dan tentu saja protein yang tinggi.

Pengolahannya cukup mudah dan sangat banyak di pasar-pasar yang menjualnya dengan harga murah. Untuk kamu yang suka memakan sarden kalengan perlu juga memperhatikan kandungan sodium yang ada di dalamnya. Jangan berlebihan saat mengkonsumsinya dalam bentuk kalengan tersebut.

Mengonsumsi Ikan Laut Ternyata Sangat Penting!

Tips untuk kamu, konsumsilah ikan laut yang di atas jangan terlalu berlebihan. Cukup secara berkala dalam sepekan agar kamu mendapatkan asupan lemak rendah dan protein yang penting darinya. 

Jangan lupa untuk mengolah ikan hingga benar-benar matang, terutama untuk ibu hamil yang ingin calon anaknya berkembang dengan sehat di dalam rahim. Selamat mencoba!

4 Jenis Ikan Laut yang Menyehatkan Tubuh. Mana Favoritmu?
Table of Contents
Sahputra
Hallo. Saya Sahputra, Saya seorang penulis dan juga seorang Digital Marketing.

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos