Search Suggest

Budidaya Ikan Lele? Begini Langkah-Langkahnya Agar Untung Besar!

Tertarik menjalankan budidaya ikan lele? Simak dan perhatikan bagaimana cara menjalankan budidaya ikan lele secara lengkap berikut ini!

budidaya ikan lele

Ikan lele menjadi ikan yang sangat digemari oleh orang-orang di Indonesia. Hal inilah yang menjadi penyebab utama kenapa budidaya ikan lele menjadi usaha yang sangat menjanjikan di Indonesia. Kamu bisa dengan mudah menjual hasil perikanan karena memang kebutuhan pasar yang tinggi akan ikan lele ini.

Lalu, sebenarnya bagaimana sih cara agar kamu bisa membudidayakan ikan lele sendiri? Nah, berikut ini terdapat pembahasan mengenai apa saja yang harus kamu lakukan saat ingin membudidayakan lele. Simak selengkapnya!

Cara Melakukan Budidaya Ikan Lele

Dalam menjalankan budidaya yang satu ini, ada beberapa proses yang harus kamu lakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menyiapkan Kolam untuk Budidaya Ikan Lele

Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan kolam. Dalam kegiatan budidaya ikan lele, tentunya kolam menjadi suatu hal yang paling penting untuk kamu siapkan pertama kali.

Dalam kegiatan budidaya ini, kamu bisa menggunakan salah satu dari beberapa jenis kolam. Contohnya seperti kolam dengan terpal plastik, kolam yang terbuat dari semen, atau bisa juga kolam dengan tanah sebagai dindingnya.

Selain itu, kamu juga harus memperhitungkan ukuran kolam yang akan kamu gunakan. Tidak sembarang ukuran bisa cocok untuk kamu gunakan sebagai kolam budidaya. Dalam kegiatan membudidayakan lele, jangan menggunakan ukuran kolam yang terlalu kecil.

Kemudian jangan juga menggunakan kolam dengan kedalaman yang terlalu dangkal. Hal ini bertujuan agar lele tidak kekurangan oksigen dan lele juga tidak kepanasan oleh sinar matahari langsung.

2. Memilih Bibit Ikan Lele

Jika kolam sudah siap, maka sekarang saatnya kamu memilih bibit yang akan kamu gunakan nantinya. Dalam kegiatan budidaya ikan lele, bibit menjadi hal yang akan sangat berpengaruh dengan hasil akhirnya nanti.

Usahakan untuk memilih bibit lele yang unggul. Pastikan penjualnya adalah penjual yang terpercaya dan sudah banyak testimoni nya di mana mana. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan bibit lele unggul yang bisa lebih cepat tumbuh, aktif, dan juga tidak mudah sakit.

3. Menebar Bibit ke Dalam Kolam

Cara yang berikutnya adalah menebar bibit ke dalam kolam. Dalam kegiatan budidaya ikan lele, penebaran bibit tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan. Jangan memasukkan semua bibit lele sekaligus secara bersamaan. Hal ini untuk menghindari stress pada bibit ikan lele itu.

Kemudian juga lebih baik menebarkan bibit di waktu pagi atau malam hari. Hal ini karena keadaan lele akan lebih tenang saat berada di waktu tersebut.

4. Menentukan Pakan Lele Terbaik

Kemudian kamu juga harus memilih pakan lele terbaik untuk budidaya ikan lele milikmu. Pakan sendiri juga sangat berpengaruh terhadap kualitas akhir dari lele itu sendiri. Semakin baik kualitas pakan maka akan semakin baik juga hasil panen yang akan kamu dapatkan nantinya.

5. Perhatikan Kondisi Air Kolam

Selanjutnya kamu juga harus terus memperhatikan kondisi air kolam. Pastikan sumber air tidak terkena limbah dan selalu jernih. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman di sekitar kolam agar suasana kolam menjadi lebih teduh.

7. Saatnya Untuk Panen

Lakukanlah perawatan secara rutin selama kurang lebih 3 bulan. Setelah itu, barulah kamu bisa memanen hasil budidaya ikan lele milik kamu ini. Selanjutnya, kamu bisa memasarkannya untuk segera mendapatkan keuntungan dan uangnya bisa kamu gunakan lagi untuk modal membeli bibit ikan lele baru kembali.

Jalankan Budidaya Ikan Lele Sekarang Juga!

Membudidayakan lele ini sangat mudah bukan? Maka dari itu, segera ikuti cara di atas dan jalankan usahamu sekarang juga!

Budidaya Ikan Lele? Begini Langkah-Langkahnya Agar Untung Besar!
Table of Contents
Sahputra
Hallo. Saya Sahputra, Saya seorang penulis dan juga seorang Digital Marketing.

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos