Search Suggest

Hiu banteng (Carcharhinus leucas) : Klasifikasi, Makanan dan Habitat

Ikan hiu merupakan salah satu spesies ikan yang terkenal sangat berbahaya. Selain itu, ikan hiu juga tidak segan-segan memakan mangsa nya

Ikan hiu merupakan salah satu spesies ikan yang terkenal sangat berbahaya. Selain itu, ikan hiu juga tidak segan-segan memakan mangsa nya dengan tragis. Salah satu jenis hiu berbahaya yang dimaksud adalah Ikan Hiu Banteng (Carcharhinus Leucas) .

Para peneliti juga menganggap bahwa ikan hiu banteng sebagai jenis ikan hiu paling berbahaya di Dunia. Ketika mengincar dan menerkam mangsanya, ikan hiu banteng sering menggerakan tubuhnya ke kanan dan kekiri dengan cepat. Bahkan, tak segan-segan ikan hiu banteng menabrak dan mencabit-cabit mangsanya dengan tega. 

Hiu Banteng

Dan yang paling mengejutkannya lagi, bahwa ikan hiu banteng bisa hidup di air tawar. Jadi, jika melihatnya, kami sarankan untuk selalu waspada.

Umumnya, hiu banteng bisa kita temukan di seluruh dunia khususnya di wilayah pesisir samudra barat. Bahkan, di daerah Atlantik, bisa kita temukan jenis ikan ini. 

Tak ketinggalan, di Indonesia juga terdapat hiu tersebut di beberapa daerah Pulau Jawa dan Kalimantan. Di jawa, hiu banteng memiliki sebutan Cucut Bekeman sedangkan di Kalimantan ikan ini memiliki nama Hiu Bujit.

Perlu kalian ketahui, bahwa ikan hiu banteng memiliki seputar ciri khas yang menarik kita bahas, dari pada penasaran, simak penjelasan berikut ini. 

Klasifikasi Ilmiah Ikan Hiu Banteng

Kerajaan (Kingdom) : Animalia (Hewan Multiseluler).
Phylum : Chordata. 
Class (Kelas)  : Chondrichthye.
Order  : Carcharhiniformes.
Family : Carcharhinidae.
Genus  : Carcharhinus.
Spesies (Species) : C.Leucas.
Nama Ilmiah : Carcharhinus Leucas.

Ciri-Ciri Bentuk Fisik Hiu Banteng

Seperti yang kita bayangkan, bahwa ikan hiu banteng memiliki bentuk yang menyeramkan. Bentuknya yang pada, besar, aerodinamis membuat ikan ini terlihat menakutkan. Panjang tubuh ikan hiu banteng bisa mencapai 4 meter dan beratnya bisa mencapai 315 Kilogram. Jadi bisa kita bayangkan bahwa ikan ini sangatlah besar.

Selain itu, ikan hiu banteng memiliki moncong yang kecil bahkan tidak memiliki punggung interdorsal. Tak hanya itu saja, giginya yang tajam membuat mangsa tidak bisa berkutik.

Habitat dan Karakteristik Ikan Hiu Banteng

Hiu Banteng sebenarnya memiliki habitat yang beragam mulai di samudera, sungai air tawar, bahkan tak jarang berada di air payau. 

Selain itu, ikan hiu banteng juga memiliki taktik pertahanan diri yang unik. Seperti yang kita ketahui, bahwa ikan hiu banteng akan memuntahkan makanannya dari dalam perut ketika didekati mangsanya. 

Dari situasi tersebut, otomatis pemangsa akan memakan makanan yang dimuntahkan dan di situasi tersebut, hiu banteng akan memanfaatkannya untuk melarikan diri.

Apakah hiu banteng sudah punah?

Berdasarkan data IUCN, ikan hiu banteng termasuk ke dalam daftar NT (Near Threatened atau hampir Terancam punah). Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor seperti aktivitas manusia di sekitar pantai dan modifikasi lingkungannya habitat ikan banteng itu sendiri.

Selain itu, ikan ini kerap diburu untuk diambil kulitnya, daging, minyak hati, bahkan siripnya. Jika hal ini terus-menerus dilakukan oleh manusia, maka kemungkinan besar anak cucu kita tidak bisa melihatnya lagi di dunia.

Makanan Hiu Banteng 

Hiu banteng merupakan hewan yang aktif di siang bahkan malam hari. Hiu banteng suka memakan ikan, namun terkadang ikan ini juga memangsa penyu, lumba-lumba, ikan pari, burung laut, hingga hiu jenis lain.

Perbedaan Hiu Banteng dan Hiu Putih

Banyak sekali yang bertanya mengenai perbedaan hiu banteng dan hiu putih, bagi yang belum tau, kali ini kami juga merangkumnya di pembahasan kali ini.

1. Hiu Banteng

  • Habitat Ikan Hiu Banteng Di Air Laut, Air Tawar, Hingga Air Payau.
  • Panjang Tubuhnya Bisa Mencapai 4 Meter.
  • Umumnya memiliki berat 315 Kg.
  • Moncong Mulut Lebih Pendek.

2. Hiu Putih

  • Habitat Ikan Hiu Putih Hanya di Laut.
  • Panjangnya Tubuhnya Bisa Mencapai 6 Meter. 
  • Memiliki berat hingga 3,18 ton.
  • Moncong Mulut Lebih Panjang dari pada Ikan Hiu Banteng.
Hiu banteng (Carcharhinus leucas) : Klasifikasi, Makanan dan Habitat
Table of Contents
ikanesia
Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos