Search Suggest

Palmas Teugelsi (Polypterus teugelsi)

Palmas Teugelsi - Seperti yang kita ketahui, bahwa polypterus merupakan salah satu jenis ikan air tawar

Ikan palmas teugelsi

Palmas Teugelsi - Seperti yang kita ketahui, bahwa polypterus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang termasuk ke dalam keluarga Polypteridae. Umumnya ikan jenis ini, banyak ditemui di daerah Afrika.

Tak hanya itu, jenis ikan polypterus sangatlah banyak mulai dari ansorgii, bichir, congicus, delhezi, endlicheri, mokelembembe, ornatipinnis, palmas, polli, retropinnis, senegalus, weeksii, hingga teugelsi.

Akan tetapi, ada hal yang menarik mengenai ikan palmas teugelsi atau polypterus teugelsi. palmas teugelsi (polypterus teugelsi) merupakan ikan predator yang sangat pas dijadikan sebagai ikan hias.

Warna ikan palmas teugelsi sangat menarik bagi kalangan pecinta ikan hias dimanapun berada. Pasalnya, warna dasar yang disuguhkan ikan polypterus teugelsi yaitu coklat kemerahan yang dipadukan dengan warna kekuningan dan hitam sebagai coraknya.

Palmas Teugelsi (Polypterus teugelsi)

Ada informasi unik yang perlu kalian ketahui mengenai palmas teugelsi. Diketahui bahwa kandungan kemih yang dimiliki teugelsi dibagi menjadi 2, dimana di bagian tangan kanan jauh lebih besar. Fungsi bagian tersebut berfungsi sebagai organ pernapasan dan bisa membuat ikan bertahan hidup lebih lama di luar air dalam waktu yang lama.

Perlu kalian ketahui, bahwa spesies ikan ini memiliki rahang atas lebih panjang atau sama dengan dengan rahang bawah. 

Ikan polypterus teugelsi memiliki klasifikasi ilmiah/sains yang mungkin saja belum kalian ketahui, untuk lebih lengkapnya sebagai berikut.

Kerajaan (Kingdom) : Animalia (Hewan Multiseluler).

Phylum : Chordata. 

Kelas (Class) : Actinopterygii.

Order : Polypteriformes.

Family : Polypteridae.

Genus : Polypterus.

Nama Ilmiah (Binomial Name) : P. teugelsi.

Habitat dan Asal Palmas Teugelsi (Polypterus teugelsi)

Ikan ini pertama kali ditemukan di daerah ikan polypterus teugelsi memiliki habitat asli di sungai Cross River di Negara Kamerun. Ikan jenis ini sering ditemukan di sungai yang teduh dan bergerak lambat dengan dedaunan rimbun yang berada di tepi sungai. Tempat tersebut, umumnya berada di aliran hutan hujan.

Tapi bagi yang ingin memeliharanya, kalian bisa menempatkan ikan tersebut di akuarium besar maupun kolam.

Selain itu, kondisi air yang baik digunakan untuk teugelsi memiliki tingkat pH 7,0 sampai 7,5. Sementara untuk suhu (temperatur) berkisar di antara 77-82°F (25-28°C).

Makanan Palmas Teugelsi

Seperti ikan jenis polypterus, makanan polypterus teugelsi yaitu udang, ikan kecil, cacing, bahkan hewan serangga lainnya. Jika memeliharanya ikan polypterus teugelsi, kalian bisa memberikannya makan pelet atau potongan udah segar. Jadi dapat disimpulkan bahwa ikan palmas teugelsi disebut sebagai ikan karnivora atau pemakan daging.

Perlu kalian ketahui, ada beberapa fakta unik mengenai palmas teugelsi. Ikan ini sangat aktif di malam hari (nonkturnal) dan mengandalkan penciumannya untuk menangkap mangsanya. Sayangnya, ikan ini memiliki penglihatan yang cukup buruk. 

Ukuran Tubuh Palmas Teugelsi

Hingga saat ini, polypterus teugelsi memiliki ukuran tubuh hingga 40 cm. Sejak jenis ikan ini teridentifikasi yaitu pada tahun 2004, penemuan terpanjangnya teugelsi mampu mencapai 61 cm. Meski begitu, spesies ikan ini pertumbuhannya tergolong lambat.

Penemuan Ikan Palmas Teugelsi (Polypterus teugelsi)

Perlu diingat bahwa ikan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1988. Setelah diteliti cukup panjang, akhirnya ikan ini diklasifikasikan ilmiah/sains pada tahun 2004 dan dinamakan sebagai Polypterus teugelsi. Asal kalian tahu, bahwa nama ikan ini diambil dari ahli ikan Belgia yang bernama Guy Teugels.

Harga Ikan Palmas Teugelsi 

Jika kita amati di berbagai situs marketplace yang ada, bahwa harga ikan ini berkisar di

antara Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000 ke atas. Melihat harga tersebut, apakah kalian berminat untuk membelinya?

Palmas Teugelsi (Polypterus teugelsi)
Table of Contents
ikanesia
Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos