Search Suggest

Palmas Orna (Polypterus Ornatipinnis)

Palmas Orna - Seperti yang kita ketahui, bahwa ikan palmas memiliki berbagai jenis, mulai dari Endlicheri, Senegalus, Lapradei, Ansorgii, Congicus

Palmas Orna (Polypterus Ornatipinnis)

Palmas Orna - Seperti yang kita ketahui, bahwa ikan palmas memiliki berbagai jenis, mulai dari Endlicheri, Senegalus, Lapradei, Ansorgii, Congicus, Teugelsi, Mokelembembe, Polypterus Retropinnis, Hingga Orna. Namun edisi kali ini, kita akan membahas mengenai ikan palmas orna. Untuk lebih jelasnya, penulis sarankan untuk membaca artikel ini sampai akhir ya guys.

Ikan palmas Orna atau Palmas Orna (Polypterus Ornatipinnis) merupakan salah satu ikan bertulang yang umumnya berada di sekitar air tawar. Selain itu, ikan palmas orna ditemukan pertama kali di Danau Tanganyika dan Lembah Sungai Kongo Afrika Timur dan Tengah.

Ikan orna sering kali dikenal sebagai ikan eksotis dari zaman prasejarah. Ikan ini diperkirakan sudah ada sejak zaman dinosaurus hidup atau sekitar 65 juta tahun yang lalu. Ketika dinosaurus sudah punah akibat jatuhnya meteor, namun ajaibnya ikan ini masih hidup sampai sekarang.

Klasifikasi Ikan palmas Orna

Berikut merupakan klasifikasi ilmiah Palmas Orna :

Kerajaan (Kingdom) : Animalia (Hewan Multiseluler).
Phylum : Chordata. 
Kelas (Class) : Actinopterygii.
Order : Polypteriformes.
Family : Polypteridae.
Genus : Polypterus.
Nama Ilmiah (Binomial Name) : Polypterus Ornatipinnis.

Ciri Ciri Ikan Palmas Orna (Polypterus Ornatipinnis)

Ikan Palmas orna (Ornate Bichir) memiliki pola warna yang unik yaitu hitam dengan bintik-bintik kuning atau oren pada tubuh, kepala, dan juga siripnya. Selain warna hitam, warna ikan orna ternyata juga bervariasi, mulai dari coklat tua hingga abu-abu kecoklatan.

Perlu kalian ketahui, bahwa garis-garis hitam dan kuning pada sirip pektoral bisa menjadi pertanda untuk mengetahui umur ikan tersebut.

Selain itu, ikan ini memiliki 9 hingga 11 duri di bagian punggungnya. Untuk ukuran tubuhnya, panjang ikan orna ini bisa mencapai 60 cm sampai 100 cm. Tak hanya itu, palmas oran memiliki mata di sisi kepalanya dan dua sirip. 

Habitat Ikan Palmas Orna

Tempat tinggal ikan palmas orna berada di sungai maupun rawa-rawa. Jika kalian ingin memeliharanya kalian tidak usah bingung, sebab palmas orna bisa ditempatkan di aquarium bahkan kolam. Akan tetapi, jika kalian bersungguh-sungguh memelihara ikan ini, penulis menyarankan untuk membuat akuarium dengan ukuran yang besar.

Makanan Ikan Palmas Orna

Ikan ini terkenal cukup aktif di malam hari atau biasa kita sebut dengan hewan nokturnal. Selain itu, ikan palmas orang juga merupakan ikan predator,

Untuk mengisi perutnya, palmas orna (Polypterus Ornatipinnis) malahap berbagai makanan seperti serangga, udang, ikan-ikan kecil, hingga hewan lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil dari palmas dan yang terpenting cukup di mulutnya. 

Perlu diingat, bahwa ikan palmas orna memiliki penglihatan yang buruk dan ia hanya mengandalkan indra penciuman saat berburu makanan.

Ketika memburu mangsanya, palmas orna hanya berdiam diri hingga calon mangsanya mendekat dan kemudian menghabisi mangsa tersebut dengan tega.

Harga Ikan Palmas Orna 

Harga ikan palmas orna sebenarnya tergantung dari umur dan ukurannya. Jadi semakin panjang tubuh ikan palmas orna maka semakin tinggi pula harga ikan tersebut. 

Menurut berbagai sumber di marketplace yang ada harga ikan ini berkisar di antara Rp 300.000 sampai Rp 990.000 (Ukuran 17 cm sampai 30 cm). Jadi dipikir-pikir, jenis ikan palmas orna cukup mahal ya guys.

Apakah Ikan Palmas Orna Bisa di Budidayakan?

Permintaan impor ikan ini cukup besar, maka tak heran jika ikan palmas orna menjadi ladang cuan bagi sebagian orang. Sekarang ini, sebagian masyarakat ternyata diam-diam membudidayakan jenis ikan palmas orna. Jadi palmas orna bisa dibudidayakan di negara kita ya guys.
Palmas Orna (Polypterus Ornatipinnis)
Table of Contents
ikanesia
Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos