5 Jenis Ikan Predator Belida Beserta Harganya - Ikanesia.id

5 Jenis Ikan Predator Belida Beserta Harganya

Jenis ikan predator belida beserta harganya - Ikan belida merupakan ikan air tawar yang berasal dari Indonesia. Ikan belida/belido dari namanya ikan ini diambil dari nama sungai di daerah sumatra selatan. Nama inggris dari ikan ini ialah knifefish.

Ikan yang di panggil oleh orang banjar dengan sebutan ikan pipih ini dapat ditemukan di perairan sumatera, kalimantan jawa dan semenanjung malaya. Sedangkan nama latin dari ikan belida ialah Notopetrus chitala H.B..

Selain ditangkap untuk dipelihara dan di budidayakan ikan belida juga dijadikan bahan baku untuk konsumsi masyarakat sekitar bahkan juga oleh kita sendiri.

Karena ikan belida merupakan salah satu bahan baku untuk pembuatan pempek. Makasanan khas Indonesia yang sangat lezar itu. Selain pempek ikan belida juga dapat dibuat kerupuk dan lain-lain.

Jenis Ikan Predator Belida Beserta Harganya

Baca Juga : Mengenal Ikan Genghis khan, Si Ikan Predator Air tawar Yang Mirip Ikan Hiu

Ciri-Ciri Ikan Belida

Ciri-ciri ikan belida yaitu bentuk pungung nya yang melengkung seperti sebuah pisau. Punggungnya meninggi sehingga bentuk badannya terlihat lebar dan pipih.

Makanan Ikan Belida

Karnea ikan belida merupakan ikan karnivora maka di alamnya ikan belida memangsa ikan-ikan kecil, serangga, kodok dan ulat kecil. Jika dipelihara maka makanan terbaik untuk ikan belida bisa berupa ikan cere, anakan ikan mas, potongan udang segar.

Cara Merawat Ikan Belida

Sediakankan lah tempat atau aquarium dengan minimal ukuran 1 meter agar ikan belida dapat tumbuh dengan baik dan jangan lupa menggunakan filter aquarium agar kualitas air dapat terjaga. Suhu air terbaik untuk ikan belida yaitu berkisar 25-30 derajat celcius. Jangan lupa melakukan pergantian air sebanyak 30% dari volume air minimal sebulan sekali.

Jenis-Jenis Ikan Belida 

1. Ikan Belida Royal

Ikan Belida Royal

Belida royal atau royal clown knifefish ini mempunyai nama latin Chitala blanci mempunyai ciri ciri bentuk tubuh yang sama dengan ikan belida pada umumnya. 

Perbedaan dari ikan belida lainnya ialah dari marking nya. Ikan belida royal mempunyai marking totol totol hitam yang lebih kecil dan terdapat totol marking bergaris juga. 

Ikan belida royal bisa anda dapatkan dengan harga mulai dari 150rb rupiah per ekornya.

2. Ikan Belida Bangkok

Ikan Belida Bangkok

Ikan belida bangkok dengan nama latin Chitala Chitala ini lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan jenis belida royal.

Ikan belida bangkok mempunyai ciri-ciri marking totol totol hitam berbentuk hitam dan lebih sedikit dibandingkan dengan ikan belida royal.

Harga ikan belida bangkok mulai dari 20rb rupiah per ekornya.

3. Ikan Belida Albino

Ikan Belida Albino

Ikan belida albino merupakan salah satu ikan belida yang mempunyai kelainan genetik seperti halnya ikan lain yaitu terlahir menjadi albino. Ciri ciri ikan albino pada dasrnya memiliki tubuh putih dan mata yang merah. Berbeda dengan platinum yang memilki mata hitam.

Harga ikan belida albino ini berkisar mulai dari 150rb rupiah per ekornya.
Baca Juga : 37 Jenis Ikan Gabus Hias

4. Ikan Belida Jawa

Ikan Belida Jawa

Belida jawa atau ikan belida yang mempunyai spesifik nama Notopterus notopterus ini memiliki ciri ciri tubuh yang polos tanpa marking dan sedikit gelap bahkan adayang berwana hitam.

Karena perburuan untuk konsumsi dan menurunnya kualitas sungai asal ikan belida jawa ini konon katanya ikan ini sudah termasuk salah satu ikan yang dilindungi negara loh.

Harga ikan belida jawa mulai dari 50rb rupiah per ekornya.

5. Ikan Belida Afrika

Ikan Belida Nile  Afrika

Ikan belida nile afrika ini masih sangat jarang sekali ditemui dan dijual oleh penjual ikan hias. Ikan belida afrika uni bentuk tubuhnya sedikit berbeda dengan ikan belida pada umumnya dan marking ikan belida afrika ini full seluruh badan sehingga menurut saya ikan belida paling keren yaitu belida afrika ini.

Masih jarang ditemui ikan belida afrika ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari 500rb rupiah ukuran kecil per ekornya,
Baca Juga : Tips Memelihara Ikan Hias Untuk Pemula

Penutup


Bagaimana menurut kalian tentang ikan belida ini ? Mana yang menurut kalian paling keren dan mana ikan belida yang pernah kalian pelihara ?.

Share artikel tentan ikan belida ini apabila bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel