Cara Memelihara Ikan Discus yang Wajib Diketahui - Ikanesia.id

Cara Memelihara Ikan Discus yang Wajib Diketahui

Ikanesia.id - Ikan discus merupakan ikan hias dengan warna yang indah. Agar ikan ini sehat dan tumbuh dengan baik, berikut cara memelihara ikan discus yang harus diketahui.

Salah satu ikan hias yang cantik dan mudah didapatkan adalah ikan discus. Ikan discus merupakan jenis ikan hias kecil yang banyak dicari para penggemar ikan hias. Hal ini karena variasi dan kombinasi warna pada ikan discus menjadikannya ikan yang sedap dipandang. Bentuknya yang agak gepeng dan mungil juga membuat ikan ini memiliki daya tarik tersendiri.

Cara Memelihara Ikan Discus yang Wajib Diketahui


Sebagaimana ikan hias lainnya, ikan discus akan mudah stres dan mati apabila tidak dipelihara dengan cara yang benar. Maka kalian yang sedang atau ingin memelihara ikan hias jenis ini harus tau tata cara yang tepat, sehingga ikan ini bisa terlihat lebih indah dan hidup lebih lama. Berikut beberapa cara memelihara ikan discus:
Baca Juga : Harga Ikan Discus Terbaru 2020

1. Berikan Pakan yang Tepat

Salah satu cara merawat ikan discus adalah dengan memberikannya pakan yang tepat. Agar ikan discus bisa tumbuh sehat tanpa diserang penyakit, kalian harus menjaga pola makan dan bahan pakan yang akan kalian berikan.

Biasanya setiap pemelihara ikan hias mempunyai resep tersendiri dalam memberi pakan pada ikan discus. Namun yang terpenting adalah, usahakan kalian memberikan pakan terhadap ikan tersebut dalam porsi yang cukup. Jangan sampai ada pakan yang tidak dihabiskan. 

Sebab sisa pakan dapat menjadikan Nitra dan amonia yang tumbuh berkembang dan tidak baik bagi kesehatan ikan.

Cukup banyak jenis makanan ikan discus, beberapa di antaranya ialah cacing darang, cacing lumpur, ikan air asin dan beberapa jenis binatang lainnya.
Baca Juga : Makanan Terbaik Untuk Ikan Discus

2. Menjaga Akuarium Ikan Discus

Akuarium yang bersih dapat menjadikan ikan discus sehat dan tidak stres. Oleh sebab itu, rawatlah akuarium kalian sebaik mungkin. Akuarium yang bersih juga sangat bermanfaat dalam budidaya ikan discus.

Untuk melakukannya, yang pertama kali harus diperhatikan adalah ukuran akuarium. Idealnya akuarium dengan kapasitas 100 liter hanya cukup untuk satu ikan discus dewasa atau bisa juga digunakan terhadap 3-4 ikan discus anakan.

Suhu air di dalam aquarium juga harus dijaga. Suhu air yang lebih tinggi dapat mengurangi kadar oksigen dalam air. Idealnya suhu air di akuarium ialah berada di antara 28-31 derajat celcius.

Kemudian juga kesadahan air pada akuarium harus berada di antara 1dH - 8dH. Untuk mengurangi kesadahan air dapat digunakan dengan sepotong kayu yang diapungkan di akuarium. Kondisi tersebut akan membuat air di akuarium akan sama seperti di sungai Amazon tempat ikan discus berasal.

3. Ganti Air Akuarium Seminggu Sekali

Ikan discus juga termasuk ikan yang benar-benar harus dijaga kebersihan airnya. Memelihara ikan discus berarti kalian harus mau mengganti 50% air di dalam akuarium setidaknya seminggu sekali. Hal ini dilakukan untuk mengisi mineral sekaligus mengurangi nitrat di dalam akuarium.

4. Tambahkan Hiasan di Akuarium

Agar ikan discus tidak mudah stres, buatlah ikan tersebut layaknya hidup di alam liar. Salah satu caranya adalah kalian harus mengisi akuarium dengan beberapa hiasan. 

Tempat yang nyaman akan membuat ikan ini betah dan bisa terhindar dari stres. Cobalah untuk memberikan beberapa hiasan yang sifatnya alami tapi bersih seperti kayu apung, batu-batu kecil dan lainnya. Ikan discus yang sehat dan warnanya menyala juga akan membuat harga ikan discus semakin tinggi ketika akan dijual.

5. Sesuaikan Penerangan dalam Akuarium

Penerangan dalam akuarium berfungsi agar ikan discus lebih sehat dan warna ikan discus semakin terlihat. Namun yang perlu diingat, penerangan di akuarium juga bisa menimbulkan suhu di akuarium bertambah panas. Jadi usahakan penerangan harus disesuaikan dengan suhu di dalam air. 

6. Hindari dari Hewan Sejenis Lalat

Langkah terakhir agar ikan discus kalian dapat hidup sehat adalah dengan menghindarkan ikan ini atau akuariumnya dari hewan-hewan blackworms yang masih hidup, khususnya lalat.

Hal tersebut dikarenakan hewan-hewan itu seringkali membawa parasit dan kuman berbahaya yang mampu mengancam kesehatan ikan discus.

Demikianlah beberapa cara memelihara ikan discus untuk menjaga agar ikan discus kalian tetap sehat dengan warna yang lebih indah. Bagi kalian yang memelihara ikan jenis ini, jangan lupa untuk melakukan langkah-langkah tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel