Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Air Kolam Berwarna Hijau

Cara Mengatasi Air Kolam Berwarna Hijau - Kolam yang keruh berwarna hijau tentunya akan sangat tidak enak dipandang mata karena ikan yang kita pelihara pun tidak kelihatan. Kolam berwarna hijau disebabkan oleh tumbuhnya lumut Phytoplankton secara alami yang biasanya terjadi di kolam-kolam yang berada diluar atau kolam outdoor yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sehingga suhu kolam menjadi naik yang menyebabkan berkembang biaknya Phytoplankton yang yang nantinya berubah menjadi lumut.

Cara Mengatasi Air Kolam Berwarna Hijau

Kolam berlumut sebenarnya tidaklah berbahaya bagi ikan bahkan lumut bisa menjadi makanan alami untuk sebagian ikan. Hanya saja kolam berlumut tentunya sangat tidak enak dilihat. kan sayang sekali kita melihara ikan yang indah dan bagus untuk dilihat namun ikannya sendiri tidak kelihatan karena kolamnya berwarna hijau.

Adapaun berbagai cara mengatasi agar mengurangi pertumbuhan lumut yang membuat kolam menjadi hijau dengan berbagai tips dan cara dibawah ini.

1. Menggunakan Obat Anti Algae

Cara simpel yang pertama ialah dengan menggunakan obat anti algae yang dijual dipasaran. Biasanya semakin mahal harganya semakin bagus juga hasil yang didapat dengan menggunakan obat jenis ini. Untuk takarannya sendiri berbeda-beda kalian bisa cek dikemasannya.

Karena jika menggunakan obat anti algae kalian harus membeli obatnya scara terus menerus karena obat ini tidaklah bersifat permanen. Jadi kesimpulannya menggunakan obat algae cukup ampuh hanya saja biaya yang dikeluarkan cukup mahal dan harus rutin beli.

2. Kasih Atap Atau Penghalang

Kedua bisa memberikan atap menggunakan jaring yang buat mengurangi hawa panas atau juga atap kayu agar meminimalisir cahaya matahari yang masuk. Cara ini hanya cukup mengurangi presentasi pertumbuhan lumutnya saja.

3. Rutin Mengganti Air Kolam

Cara paling murah untuk kolam yang berlumut ialah dengan rutin mengganti air kolamnya dan menyikat bagian dinding-dinding kolam dan juga dasar kolam. Gantilah setiap minimal sebulan sekali atau kalau rajin bisa seminggu sekali agar saat membersihkan lumutnya tidak banyak.

4. Kasih Ikan Pemakan Lumut

Cara yang biasa digunakan hobbies ialah dengan menambahkan ikan pemakan lumut. Saya tidak menyarankan menggunakan ikan sapu-sapu yang biasa ya atau sapu-sapu lokal karena akan berbahaya buat ikan kalian yang lainnya. Saran ikan pemakan lumut bisa enggunakan Yellow flagtai atau Red Flagtail atau biasa disebut ikan feifeng.

5. Menggunakan Filter Yang Optimal

Menggunakan filter kolam yang mumpuni alias sesuai dengan rumus pembuatan kolam yaitu 30% dari ukuran kolam. Jadi misal kolam berukuran 100cm maka filternya berukuran 30cm begitulah kira-kira. Dan juga menggunakan filter mekanik, biologi dan opsional bisa menggunakan filter kimia.

6. Menggunakan Lampu UV

Menggunakan lampu UV pada kolam yang berlumut merupakan cara yang paling efisien dalam mengatasi masalah ini. Lampu UV biasanya ditaruh di filter chamber terakhir pada kolam. Lampu UV bekerja dengan membunuh plankton penyebab timbulnya lumut pada kolam. Semakin luas ukuran kolam kalian membutuhkan lampu UV dengan watt yang semakin besar pula agar hasilnya optimal.

Hindari lampu UV jangan sampai terkena mata kalian ya dan juga jangan menaruh lampu UV berdekatan dengan media biologi di filter kalian karena nanti bakteri baik yang ada di media biologi kalian ikut mati. 

Sekianlah cara mengatasi air kolam yang berwarna hijau karena berlumut. Saya hanya menulis 6 cara diatas karena cara diataslah yang paling masuk akal dalam mengatasi kolam berlumut ini. 

Apabila artikel ini bermanfaat silahkan share artikel ini ke teman-teman kalian atau saudara kalian ya yang sedang terkena masalah kolam hijau ini. Semoga dapat membantu.