Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Agar kolam ikan menjadi lebih bagus, punya nilai estetik yang tinggi namun tetap sesuai dengan prosedurnya. Membuat kolam ikan Koi minimalis menjadi cantik pasti impian semua pecinta ikan hias, namun menjaga kebersihan dan kesehatan kolam pasti juga jadi prioritas utama yang harus dilakukan dengan baik dan benar.

Langkah Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Ikan Koi memang menjadi primadona di kalangan pecinta ikan hias. Bentuknya yang besar namun mempunyai corak dan motif berbeda-beda menjadi daya tariknya. Tak heran bila sampai saat ini masih banyak orang ingin memilikinya. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat kolam ikan Koi minimalis dan indah:

Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

1. Menentukan Luas Kolam Ikan Koi

Ketika hendak membuat rumah atau kolam ikan Koi, pastikan Anda sudah memilih dan memperhatikan posisi atau letaknya. Pilihlah area yang teduh dan tidak terkena banyak sinar matahari secara langsung. Ini dimaksudkan agar kolam tidak banyak ditumbuhi alga, dan air di dalamnya juga tidak terlalu panas.

Selanjutnya adalah menentukan ukuran luas yang dibutuhkan. Jangan buat terlalu sempit sehingga ruang gerak ikan menjadi terbatas. Standar terbaik adalah berkapasitas 5.600 liter. Dengan begitu ikan Koi tidak akan merasa terganggu dan pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik.

2. Buat Sirkulasi Air dan Bakteri Probiotik

Kemudian setelah masalah ukuran sudah beres, Anda bisa melanjutkan ke tahap konstruksi kolam dan membuat sirkulasi air serta bakteri probiotiknya. Hal ini sangat penting karena nantinya bakteri akan dicampur dengan dekorasi air terjun pada kolam sehingga bisa membuat ikan tetap hidup dengan sehat.

Untuk itu, buatlah sirkulasi air yang benar agar bakteri probiotik tetap berputar dan berada di dalam kolam. Membuat air menjadi sehat, untuk selanjutnya jika sudah jadi jangan lupa juga untuk menambahkan bakteri setiap habis melakukan pengurasan air.

3. Tutup Lubang yang baru dan Pasang Pompa Air

Selanjutnya adalah menggali lubang pada posisi yang telah ditentukan. Saat mengukur luasnya jangan lupa sesuaikan pula kedalamannya. Setelah berhasil digali dengan sempurna, bisa ditutup dengan linear. Jika ingin ubah bentuk maka bisa pakai linear dari bahan karet atau plastik agar lebih fleksibel.

Jika urusan Linear sudah selesai maka lanjut ke bagian pasang pompa air. Pastikan Anda memilih yang memiliki daya cukup seukuran kolam tersebut. Letakkan pompa pada kedalaman satu atau dua inci dari dasar kolam agar tidak menyerap sedimen atau endapan kotor yang berada di dasar.

4. Pasang Filter Air

Kemudian jangan lupa juga untuk memasang filter air untuk menjaga kebersihan dan membuat air kolam tidak berbau anyir. Sehingga ikan Koi tetap sehat dan dapat tumbuh menjadi semakin jumbo. Banyak orang yang lebih mementingkan desain daripada pasang sistem filter dengan benar. Cara ini salah besar.

Kolam yang bagus, besar, mewah namun tidak punya sistem filter bagus tidak akan membuat ikan bertahan hidup dalam waktu lama. Paling lama hanyalah satu minggu saja. Untuk itu, sebelum membeli banyak dekorasi untuk kolam, sebaiknya pasang filtrasi secara benar dahulu.

5. Mulai Dekorasi dan Memasukkan Ikan

Jika tahapan memasang filter dipastikan sudah baik dan benar, maka Anda bisa langsung lanjut ke tahap selanjutnya yakni pembangunan desain kolam. Jangan lupa menambahkan unsur-unsur alami seperti batu dan tanaman agar kolam terlihat semakin cantik dan enak dilihat.

Usahakan jangan taruh batu runcing agar tidak membuat ikan cedera. Membuat kolam ikan Koi minimalis Kolam ikan yang sehat bisa dilihat dari pertumbuhan lapisan ganggangnya. Jika bertumbuh dengan baik maka bisa dipastikan keadaan kolam sangat baik.

Bagaimana? Apakah Anda sudah ada gambaran untuk membuat kolam ikan Koi minimalis ini?