Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Pelet Ikan Gurame Lengkap dan Harganya

Ikanesia.id - Pelet ikan gurame merupakan pakan yang mengandung nutrisi dan dibuat secara khusus berbentuk seperti butiran serta ukuran yang menyesuaikan jenisnya. Ada berbagai jenis yang tersebar di pasaran dengan harga berbeda. Untuk setiap tipenya, disesuaikan pada kebutuhan serta jenis ikannya.

Beberapa Macam Jenis Pakan Pelet Ikan Gurame Lengkap dan Harganya

Pelet ikan memiliki banyak ragam jenisnya berdasarkan merek hingga harganya. Walaupun sekilas terlihat sama, namun pada dasarnya, pakan tersebut disesuaikan pada jenis ikan serta tergantung dari pabrik yang memproduksinya. Berikut jenis pelet ikan gurame lengkap beserta harga pasarannya.

Pelet Ikan Gurame Lengkap dan Harganya

1. Pelet Tenggelam

Pelet Tenggelam memiliki kandungan protein yang cukup besar. Biasanya jenis ini digunakan pada saat masa panen tiba. Hal tersebut dikarenakan, peternak ikan gurame berfokus pada peningkatan bobot . Sebab, semakin berat ikan maka kadar protein akan semakin menurun.

Harga dari pelet tenggelam tak begitu mahal yaitu berkisar Rp. 34.000. karena protein yang terkandung tak begitu banyak dibandingkan dengan yang lainnya. Itulah sebabnya kenapa para peternak jarang menggunakan jenis ini ketika masih dalam proses pembibitan atau pertumbuhan ikan gurame.

2. Pelet Terapung

Pelet terapung memiliki kandungan protein sangat besar bahkan jauh jika dibandingkan dengan jenis pelet tenggelam. Biasanya tipe ini dijadikan sebagai kombinasi antara pakan ikan agar dapat memenuhi kandungan proteinnya terutama pada bibit dalam masa pertumbuhan.

Karena memiliki kandungan protein yang tinggi, maka wajar saja jika pelet terapung lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya yaitu berkisar Rp.109.000 per 10 Kg. Untuk penggunaannya, biasanya para peternak menyesuaikan ukuran serta tahapannya terutama pada bibit ikan gurame.

Jenis Pelet Ikan Gurame Berdasarkan Kode Ukuran

Jika tadi jenis pelet ikan gurame berdasarkan harga dan kandungan nutrisinya, maka kali ini berbeda. Pasalnya, dalam pelet ada beberapa kode yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi mengenai penggunaannya. Berikut jenis pelet ikan gurame berdasarkan kode ukuran.

1. Pelet Untuk Bibit Gurame (PF-800 dan PF-1000)

Sebelum Anda benar-benar terjun ke dunia ternak ikan gurame, perlunya mengetahui kode ukuran agar tak salah saat membelinya. PF 800 merupakan sebuah pelet dengan besaran diameter sekitar 0.8 mm sampai 1 mm. Tipe ini cocok diberikan untuk ikan gurame berusia 30 hingga 45 hari.

Baca Juga Harga Bibit Ikan Gurame Terbaru

Selain itu, untuk pakan bibit gurame Anda juga bisa menggunakan pelet dengan kode PF 1000. Besarannya berdiameter yaitu sekitar 1 mm sampai 2 mm. Jenis ini cocok untuk diberikan kepada ikan gurame berukuran 4-7 cm atau berusia 45 hingga 60 hari.

2. Pelet Untuk Pembesaran Ikan Gurame (Pelet 781 dan Pelet LP)

Untuk pelet dengan kode ini pada umumnya digunakan para peternak disaat proses pembesaran dan juga pertumbuhan ikan gurame. Untuk jenis cukup beragam yaitu 781-1 , 781-2, 781-3, semakin besar angka belakangnya maka makin besar pula diameter peletnya.

Untuk kode pelet LP biasanya diberikan kepada ikan setelah pemberian pelet PF 1000. Selain itu, tipe ini juga memiliki kandungan yang cukup tinggi bahkan lebih jika dibandingkan dengan 781. Oleh sebab itu, perlu manajemen pakan yang teratur agar bisa mendapatkan hasil panen berkualitas.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa pelet ikan gurame lengkap beserta harganya hingga jenis berdasarkan ukurannya. Semoga penjelasan ikanesia diatas dapat membantu Anda dalam menentukan jenis pelet yang akan digunakan nantinya.