Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksesoris Kolam Ikan Koi Lengkap dan Harganya

Ikanesia.id - Penggunaan aksesoris kolam ikan Koi pada tempat penampungan jenis hewan air ini memang sangat diperlukan. Contohnya diperlukannya selang, pompa air, tempat kolam dan masih banyak lagi alat lainnya. Semua itu sangat berguna untuk membantu dalam pemeliharaan kolam dan ikan koi.

Aksesoris Kolam Ikan Koi

Beberapa Aksesoris Kolam Ikan Koi Beserta Harganya

Aksesoris dalam kolam yang dipakai pada tempat ikan sangat dibutuhkan untuk menunjang dalam aktivitas-aktivitasnya dalam dunia bisnis perikanan. Semua alat tersebut berguna sebagai penunjang dalam budidaya ikan Koi. Berikut adalah macam-macam aksesoris kolam ikan Koi dengan harganya.

1. Bottom Drain

Ini adalah sejenis pipa khusus, biasanya diposisikan di dasar kolam. Pipa ini seperti mulut menyedot dengan kerja semua kotoran organik yang sudah menempel pada dasar kolam tersebut. Setelah proses penyedotan selesai, kemudian masuk ke dalam filter dan disaring secara maksimal.

Kotoran yang sudah menjadi salah satu ancaman membahayakan untuk ikan Koi. Di dalamnya ada banyak bakteri dan virus berbahaya bagi tubuh ikan satu ini. Harga untuk satu buah bottom drain adalah sekitar lima ratus ribuan saja. Ini adalah harga yang murah dibanding dengan manfaatnya.

2. Skimmer

Dalam kolam ikan terdapat kotoran-kotoran yang melayang di udara, seperti debu dan daun-daun jatuh dapat teratasi dengan skimmer. Alat ini bisa dipakai untuk mengatasi dan menjamin kebersihan kolam, sehingga akan enak dilihat. Bahkan kolam akan semakin bersih dan terawat tidak kotor.

Skimmer dapat digunakan sebagai alat alternatif yang sangat sederhana, murah dan aman. Harga untuk satu buah alat skimmer ini memang sangat bervariasi, tergantung modelnya dan brand dari alat itu sendiri. Biasanya kisarannya antara ratusan-jutaan rupiah dengan kelebihannya masing-masing.

Baca Juga Jenis Ikan Koi yang Cocok di Aquarium

3. Pompa

Pompa yang dipakai menggunakan pompa eksternal. Hal ini karena penggunaannya pompa luar jauh lebih aman daripada pompa dalam. Pastikan pengguna memakai pompa dengan potensi bahaya sangat kecil bagi ikan, sehingga tidak akan melukai tubuh ikan tersebut.

Selain itu, menggunakan pipa eksternal akan memberikan banyak pengaruh besar untuk kenyamanan ikan milik Anda. Jika seseorang mengalami masalah nantinya akan lebih mudah proses servisnya. Pemilik tidak perlu menggunakan perlengkapan menyelam ke dasar kolam.

4. Filter

Jika seorang penjual ikan di kolam memiliki pompa, tetapi tidak memiliki filter, maka tentu proses pembersihannya belum maksimal. Kedua alat ini saling melengkapi satu sama lainnya dan harus saling cocok supaya dapat bisa bekerja dengan maksimal dan memperoleh hasil terbaiknya.

Filter ini salah satu aksesoris kolam ikan Koi yang menjadi kunci paling penting dari jernihnya air dalam kolam Anda. Untuk variasi bisa dipilih sendiri sesuai dengan masing-masing kebutuhan. Umumnya, terdapat dua macam jenis filter kolam ikan Koi, yakni filter mekanik dan biologis.

Baca Juga : 13 Jenis Ikan Hias Yang Ccocok Dipelhira Di kolam

5. Cahaya Ultraviolet

Anda bisa mencoba menambahkan sinar UV agar air terlihat. Jika seperti itu, sudah pasti kolam akan terlepas dari warna yang hijau dan kumuh dan pastinya sangat mengganggu. Fungsi utama dari adanya sinar UV sendiri adalah untuk menghambat adanya pertumbuhan ganggang.

Karena itu, sinar UV dapat menetralkan patogen yang ada pada lantai, dinding, atau bahkan pada tubuh ikan. Bakteri-bakteri pada bagian tersebut dapat mengakibatkan ikan menjadi sakit. Bahkan bisa berujung ke kematian ikan.

Bagi Anda yang tertarik aksesoris kolam ikan Koi, mungkin informasi-informasi dari ikanesia tersebut dapat sangat berguna dalam membantu untuk memilih peralatan untuk budidaya hewan air satu ini. Sekian dan semoga bisa membawa manfaat!

 

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :