Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Ikan Betutu Beserta Harganya

IKANESIA.ID - Banyak sekali jenis ikan konsumsi yang kerap dijadikan masakan lezat. Salah satunya ialah ikan betutu. Mungkin sebagian dari kamu asing dengan masakan ikan betutu, karena memang ikan ini jarang sekali digunakan sebagai lauk peneman nasi di indonesia.

Tetapi tahukah kamu? tidak cukup populer di indonesia ternyata kalau di negara lain, ikan ini merupakan salah satu sajian mewah di sejumlah hotel-hotel  bintang 5.

Betutu ini terdapat di area perairan Asean alias asia tenggara, namun di perairan indonesia kamu akan sulit untuk temukan ikan dengan ukuran yang besar.

Ikan Betetu dan Harga Ikan Betutu

Ikan merupakan ikan favorit orang-orang yang senang sekali mancing, sebab tarikan ikan ini sangat amat kuat sehingga memacu adrenalin ketika sedang menari pancingannya. Tentu ini merupakan suatu kegembiraan untuk seseorang yang senang memancing 

Betutu juga adalah ikan yang tidak susah untuk dijumpai. Kamu bisa jumpai ikan ini di saluran air sekalipun. Selain itu seperti di rawa, sungai dan parit pun bisa kamu jumpai ikan ini.

Jika kamu tidak mengenal ikan ini dengan nama ikan betutu mungkin kamu mengenal ikan ini dengan beberapa nama lainnya seperti bakut, ikan hantu, bakutut, ikan malas atau ikan bodoh. Karena memang ikan ini dikenal lebih dari satu nama.

Ikan ini merupakan ikan yang cukup menarik jika diulik, penasaran dengan identitas lengkap ikan ini? dan penasaran dengan harga pasar ikan betutu? Yuk simak langsung dibawah ini informasi selengkapnya!

Baca juga: Harga Ikan Discus Terbaru 2021

Klasifikasi Ikan Betutu

Oxyeleotris marmorata merupakan nama lain juga dari ikan Betutu. Ikan Betutu termasuk dalam jenis ikan yang habitat aslinya berasal dari perairan tawar dan ikan bisa dikatakan kembarannya ikan gabus.

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa ikan ini memiliki banyak nama lain. Seperti contohnya di luar negeri ikan ini dikenal dengan “marble goby” dan “marble sleeper” arti lainnya ialah ikan malas. 

Kenapa ia dipanggil ikan malas? sebab tubuh betutu memiliki kemiripan dengan batu yang ada dalam dasarnya air juga ikan ini benar-benar ikan pemalesan. 

Dalam klasifikasi ilmiahnya, ikan ini termasuk dalam eleotridae famili, ia juga merupakan kerabat dari  famili kelompok ikan gabus

Walaupun ia memiliki kemiripan dengan gabus, dalam hal karakter gabus dan betutu memiliki karakter yang cukup berbeda. Kalau gabus merupakan ikan yang cukup aktif sedangkan betutu memiliki sifat tenang dan sangat suka diam.

Baca juga: Harga Bibit Ikan Gurame Terbaru Untuk Budidaya

Ciri-Ciri Ikan Betutu

Tubuh dari ikan ini bisa terbilang mungil, walau kepala ikan ini cukup besar, namun untuk tubuhnya cukup mungil

Biasanya ikan ini ditemukan dengan ukuran 20 hingga 40 centimeter dan ukuran terbesarnya 60an centimeter.

Matanya cukup lebar dan juga menonjol, mulutnya lebar dan memiliki ukuran gigi yang kecil dan juga tajam. Menariknya kan ini mirip dengan kepala ular. 

Cukup menyeramkan bukan? Inilah alasan mengapa di atas kami jelaskan ikan ini memiliki sebutan lain yaitu ikan hantu. 

Sisiknya berbentuk duri kecil, dan dibagian kepala  ikan ini diselmuti sisik yang melingkar. Sisiknya ada di sepanjang gurat samping hingga 80 buah. 

Warna ikan ini coklat dan memiliki bercak berwarna gelap di seluruh tubuhnya. Warna dari ikan ini juga menjadi penanda dari jenis kelamin ikan loh. jika warna ikannya sedikit terang berarti betina, dan sebaliknya jika gelap itu berarti ikannya jantan

Baca juga: Harga Ikan Bandeng Terbaru Serta Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan

Fakta Ikan Betutu

Ikan ini punya sistem imun yang benar-benar kuat, ia tidak akan gampang terserang penyakit. Malas-malas gini ternyata ia ikan yang cukup kuat ya.

hal menarik lainnya ia mampu untuk serap oksigen, dan ia merupakan salah satu ikan yang bisa bertahan dalam situasi air yang tidak mumpuni.

Lamban Dalam Bertumbuh

Ikan ini cukup sulit dalam bertumbuh sebab sangat lambat untuk berkembang. Malahan untuk menjadikan ikan ini menjadi ikan yang bisa dikonsumsi, ia butuh rentan waktu yang cukup lama, sekitar maksimal 35 bulan.

Sebagai penan ikan dalam kondisi tidak fit, ia akan muncul dan berenang-renang pada permukaan air. Hal ini tentu menandakan hal tidak biasa pada ikan. Karena biasanya ikan hanya berdiam di dasar air.

Keunggulan Ikan Betutu

Walau ikan ini punya sejumlah kekurangan seperti sulit berkembang, ikan ini punya juga keunggulan, cita rasanya yang lezat untuk dikonsumsi, tak hera beberapa negara seperti malaysia dan jepang menjadikan ikan ini sebagai hidangan masakan.

Selain memiliki daging yang lezat. Dalam ikan ini terdapat protein dan vitamin-vitamin seperti vitamin e yang bagus untuk kesehatan kulit kamu, lalu f, vitamin b 1,2 dan 6. Dan kandungan vitamin juga protein dalam ikan ini jauh lebih banyak dibanding ikan kembarannya yakni gabus.

Hal yang paling utama adalah kandungan vitamin e-nya ini, yang bisa menghindari kamu dari penuaan dini. Selain itu dalam ikan ini juga terdapat zn dan juga albumin yang bisa membuat sebuah luka cepat sembuhnya.

Makan banyak sekali dokter yang merekomendasikan pasiennya seusai operasi ini mengkonsumsi ikan betutu ini.

Baca juga: Harga Ikan Cupang Hias Terbaru Berdasarkan Jenisnya

Harga Jual Ikan Betutu

Kalau kamu mau membudidayakan betutu, kamu akan memerlukan waktu tidak sedikit. Karena untuk perawatan sampai dengan panennya agar bisa menjadi ikan layak konsumsi dengan berat 400 gram satu ekornya dan ukuran sekitar 20 cm butuh waktu hingga 1 tahun.

Maka dari itu kami sarankan berat ikan yang bisa kamu tebarkan benih dari betutu pada kolamnya sekitar 200 gr satu ekornya. Tetapi kalau memang kamu tak handal dalam hal membudidayakan ikan, langsung saja kamu beli di pasar, untuk harga perkilonya sekitar 200 ribu kurang.

Jika kamu ingin mengkonsumsinya langsung di restoran ataupun dalam, hotel-hotel mewah siapkan uang sebesar 300rb rupiah saja.

Sekarang tinggal kamu pilih ingin membudidayakan ikannya atau hanya menjadi penikmat  dagingnya saja?  Menengok harga ikannya yang cukup mahal maka mungkin sebagian dari kamu akan lebih tergiur untuk melakukan bisnis budidaya ikan betutu bukan?

Namun perlu diingat bahwa untuk membudidayakan ikan betutu ini tentu harus banyak sekali usaha yang kamu lakukan, mengingat ikan ini lambat dalam berkembang untuk tumbuh. Jadi kamu harus banyak bersabar dalam merawat ikan unik satu ini.

Baiklah itu dia beberapa informasi mengenai ikan betutu. Dimulai dari asal muasalnya, ciri fisiknya, keunggulan dan harganya sudah kami infokan kepada kamu secara lengkap. 

Kami berharap informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk kamu,  khususnya untuk kamu semua yang sedang tertarik dengan dunia ikan unik dan malas satu ini yakni ikan betutu.

Kami sangat senang bisa berbagi informasi ini kepada kalian semua. Terimakasih sudah menyimak artikel ini sampai dengan tuntas, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan ya, sampai bertemu lagi di pembahasan berikutnya!