Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ketahui Beberapa Cara Memelihara Ikan Louhan Agar Cepat Jenong

Beberapa Cara Memelihara Ikan Louhan Agar Cepat Jenong - Bagi Anda yang hobi ikan Louhan, maka ketahui beberapa cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong. Louhan atau biasa disebut Flowerhorn merupakan jenis ikan yang banyak diminati dan memiliki bentuk yang cukup unik.

Cara Memelihara Ikan Louhan Agar Cepat Jenong

Supaya ikan Louhan lebih menarik, tentunya Anda harus mengetahui cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong dan berwarna cantik dengan benar. Sebab, beberapa ikan Louhan ini memiliki pola warna yang sangat menarik.

Beberapa Cara Memelihara Louhan Supaya Jenong dan Berwarna Cantik

Dalam proses perawatan dan pemeliharaan ikan Louhan ada beberapa cara yang perlu diperhatikan, beberapa diantaranya yaitu:

1. Perhatikan Ukuran Akuarium yang Digunakan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memelihara ikan Louhan adalah ukuran akuarium yang digunakan. Supaya pertumbuhan ikan lebih maksimal, maka Anda sebaiknya menggunakan ukuran akuarium 90x40x50 cm.

Baca Juga : 6 Tips Cara Perawatan Ikan Louhan

Dengan menggunakan ukuran akuarium yang lebih tinggi, maka hal ini akan lebih baik untuk pertumbuhan ikan Louhan. Selain itu, gunakan juga filter air dan pasang lampu berwarna merah muda (sebaiknya gunakan lampu TFC) selama kurang lebih 10 jam.

2. Perhatikan Temperatur Suhu Air di Dalam Akuarium

Kemudian yang tidak kalah penting dalam cara merawat ikan louhan agar warnanya bagus dan jenong adalah memperhatikan suhu air. Untuk suhu air yang bagus biasanya sekitar 30 ºC, untuk itu Anda bisa memasang pemanas di akuarium.

3. Memperhatikan Kadar pH Air

Cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong dan merah berikutnya adalah memperhatikan pH air di dalam akuarium. Untuk kadar pH yang sesuai dan bagus untuk pertumbuhan ikan Louhan, yaitu dengan pH sekitar 7-8.

4. Memberikan Makan Secara Teratur

Selanjutnya dalam cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong, Anda juga harus memperhatikan pola pemberian pakan yang teratur. Paling tidak lakukan pemberian pakan 2 kali sehari, yaitu saat pagi dan sore.

Baca Juga : Harga Ikan Louhan Berbagai Jenis Terbaru

Kemudian disarankan juga pemberian pakan hidup berupa jangkrik, manfaat jangkrik untuk ikan louhan ini dapat membuat warna ikan louhan lebih cantik. Namun, sebelum memberikan pakan jangkrik pastikan kaki dan kepalanya sudah dibuang.

5. Ajak Berinteraksi Ikan Louhan

Selain pemberian pakan yang baik, Anda juga harus sesering mungkin mengajak ikan Louhan untuk berinteraksi. Hal ini dapat membuat ikan lebih agresif dan cerdas. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk berinteraksi dengan ikan Louhan.

6. Berikan Cermin di Samping Akuarium

Cara merawat ikan louhan yang masih kecil hingga sudah besar, supaya lebih agresif dan aktif berikutnya adalah memasang cermin di samping akuarium. Selain memasang cermin, Anda juga bisa menempatkan Louhan betina di samping akuarium.

7. Memilih Bibit Ikan Louhan Unggul

Kemudian sebelum memelihara ikan Louhan dari kecil, maka Anda harus tahu apa yang harus diperhatikan dalam memilih bibit ikan Louhan yang baik dan unggul. Hal ini dikarenakan ada jenis ikan louhan yang tidak jenong.

Baca Juga : 11 Daftar Pelet Ikan Louhan Yang Bagus Untuk Pertumbuhan Dan Warna

Dalam pemilihan bibit ikan Louhan, sebaiknya Anda memilih ikan yang memiliki tubuh berotot dan pendek. Karena karakteristik ikan Louhan seperti ini cenderung lebih agresif dan aktif. Selain itu, pastikan ikan dalam kondisi sehat dan memiliki nafsu makan tinggi.

8. Mengajak Bermain Ikan Louhan

Cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong dan agresif, maka Anda bisa mengajaknya bermain. Salah satunya adalah dengan cara menempelkan jari Anda di akuarium dan pancing ikan supaya mengejar jari tersebut.

Apabila ikan menjadi lebih agresif, maka hal ini akan membuat ikan lebih cepat jenong. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan metode lainnya yang dapat membuat jenong Louhan lebih cepat tumbuh.

9. Berikan Makanan Yang Kaya Protein dan Lemak

Berikutnya, cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong dan tumbuh besar adalah memberikan pakan yang berlemak dan protein tinggi. Pakan yang kaya akan protein dan lemak akan membuat pertumbuhan Louhan lebih maksimal.

Beberapa sumber pakan yang kaya akan protein dan lemak yaitu seperti cacing beku, bayam, hati sapi, jangkrik dan cacing tanah. Semua bahan ini dapat diolah dan dicampur menjadi satu, pemberian pakan ini bisa diberikan secara rutin.

10. Pemberian Pakan Berupa Pelet

Kemudian dalam perawatan ikan Louhan, Anda juga bisa memberikan pakan berupa pelet. Dalam pemberian pakan pelet ini bisa Anda kombinasikan dengan pemberian pakan buatan, sehingga nutrisi yang dibutuhkan ikan bisa dipenuhi dengan baik.

Baca Juga : https://www.ikanesia.id/2020/08/5-penyakit-ikan-louhan-yang-paling.html

Apabila kebutuhan nutrisi ikan dapat terpenuhi dengan baik, maka hal ini akan membuat jenong pada ikan Louhan lebih cepat tumbuh dan elastis. Pastikan Anda menggunakan pakan pelet yang berkualitas dan kaya akan nutrisi.

11. Berikan Pakan yang Mengandung Beta Karoten

Selain itu, perhatikan juga makanan ikan louhan yang masih kecil hingga besar. Supaya ikan cepat tumbuh jenong dan memiliki warna yang cantik, maka Anda bisa memberikan pakan ikan yang kaya akan beta karoten.

Pakan yang memiliki kandungan beta karoten yang tinggi dipercaya mampu membuat warna ikan Louhan menjadi lebih cantik dan menarik. Apabila Anda bingung mencari pakan ini, maka Anda bisa membeli pakan buatan pabrik yang berkualitas tinggi.

Dalam pemeliharaan ikan Louhan dari benih yang berukuran kecil hingga besar, memang membutuhkan perawatan yang baik. Mulai dari ukuran akuarium hingga kadar pH air harus diperhatikan, agar pertumbuhan ikan menjadi lebih maksimal.

Selain itu, pemberian pakan yang berkualitas dan kaya akan nutrisi juga harus diberikan secara teratur. Hal ini merupakan salah satu cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong, serta dapat membuat warna ikan lebih menarik dan cantik.