Search Suggest

Manfaat em4 Untuk Ikan Cupang dan Cara Pengaplikasiannya

Manfaat em4 Untuk Ikan Cupang - Ikan Cupang yang merupakan jenis ikan hias sekaligus ikan aduan ini memerlukan sebuah teknik cara perawatan yang tepat

Manfaat em4 Untuk Ikan Cupang

Manfaat em4 Untuk Ikan Cupang - Ikan Cupang yang merupakan jenis ikan hias sekaligus ikan aduan ini memerlukan sebuah teknik cara perawatan yang tepat. Salah satunya dengan memanfaatkan em4. Lantas apa sih sebenarnya manfaat em4 untuk Ikan Cupang itu?

Ikan Cupang memang sangat cantik dan indah. Kecantikan serta keindahannya ini membuat banyak sekali penggemar ikan ini. Bentangan umur para penggemarnya juga sangat bervariasi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Namun sebagai penggemar ikan jenis ini, jangan sampai abai terhadap cara merawatnya, salah satunya dengan penggunaan em4. Bagaimanakah cara pengaplikasian em4 serta apakah manfaat em4 untuk Ikan Cupang, silahkan ikuti uraiannya berikut.

3 Manfaat EM4 Untuk Ikan Cupang

Istilah em4 adalah kepanjangan dari Efektif Mikroorganisme nomor 4. Bahan ini adalah sebuah cairan yang mengandung berbagai macam bakteri yang menguntungkan untuk Ikan Cupang. khasiat em4 untuk cupang diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Menjaga Kualitas Air 

Manfaat em4 perikanan untuk Cupang yang pertama adalah membantu menjaga kebersihan air di dalam wadah Ikan Cupang agar tetap terjaga kualitasnya. Dengan memakai em4 maka kejernihan air dapat bertahan hingga 1 sampai 2 bulan.

2. Mengurai Kotoran Ikan Cupang

Manfaat em4 yang kedua adalah membantu untuk melakukan proses penguraian pada kotoran Ikan Cupang. Bakteri yang terkandung di dalam em4 memang merupakan sebauh bakteri yang berfungsi sebagai pengurai  kotoran agar tidak menggumpal dan menyebabkan Ikan Cupang terserang penyakit.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh Ikan Cupang

Manfaat em4 perikanan untuk Ikan Cupang yang ketiga adalah membantu Ikan Cupang agar daya tahan tubuhnya tetap terkondisikan selalu prima.

Cara Pengaplikasian EM4 Untuk Ikan Cupang

Akan tetapi begitu banyaknya manfaat em4 untuk ikan hias Cupang tersebut tidak akan dapat dicapai sesuai harapan dan keinginan jika cara pengaplikasiannya salah. 

Untuk menghindari hal tersebut maka di bawah ini uraian langkah yang dapat diikuti agar Manfaat em4 untuk Ikan Cupang dapat diraih secara maksimal.

1. Siapkan Air bersih Tawar

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para pemilik Ikan Cupang adalah menyiapkan ikan air tawar sesuai kapasitas wadah yang disediakan. Jenis air tawar yang digunakan, bebas saja. Bisa menggunakan air sumur atau memakai air dari PDAM.

Akan tetapi jika menggunakan air PDAM maka lakukan pengendapan terlebih dahulu selama sehari penuh. Tindakan ini perlu dilakukan agar bakteri yang ada di dalam air PDAM dapat mati terlebih dahulu.

2. Campurkan Garam Ikan

Kemudian air PDAM yang telah diendapkan tersebut diberi campuran garam ikan agar PH air dapat netral.

3. Masukkan Daun Ketapang Kering

Langkah berikutnya masukkanlah sebuah daun Ketapang kering. Pastikan jika daun Ketapang kering yang dimasukkan tersebut dalam keadaan bersih ya.

4. Teteskan Obat Biru

Berikutnya masukan sejumlah dua tetes obat biru pada campuran tersebut, aduk hingga tercampur merata lalu diamkan lagi selama sehari penuh alias 24 jam.

5. Teteskan Cairan EM4

Nah pada langkah terakhir, teteskan 3 drop cairan em4 pada air yang telah mengalami proses pengendapan selama 2 x 24 jam tersebut. Jika sudah maka sekarang air endapan tersebut telah siap untuk digunakan. Wah mudah bukan cara pengaplikasian em4 ini?

Demikianlah uraian serta penjelasan yang dapat disampaikan tentang manfaat em4 untuk Ikan Cupang. Selamat dipraktikkan dan dapat menambah wawasan ya!

Manfaat em4 Untuk Ikan Cupang dan Cara Pengaplikasiannya
Table of Contents
ikanesia
Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos