Search Suggest

10 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Kamu sudah tahu manfaat ikan lele? Lele bisa jadi makanan sehat, tetapi juga punya efek samping bagi tubuh. Cek di sini untuk tahu lengkapnya!

Manfaat Ikan Lele

Manfaat Ikan Lele - Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar. Biasanya, banyak orang menjadikan ikan ini sebagai lauk makanan, seperti pecel lele, lele bakar, dan mangut lele. Lele mengandung nutrisi seperti omega-3, lemak sehat, mineral, vitamin, dan protein. 

Jika kamu mengkonsumsinya, kamu bisa merasakan manfaat ikan lele bagi tubuh. Namun, ikan lele juga memiliki efek samping. Yuk, simak manfaat ikan lele yang baik untuk kesehatan tubuh kamu!

10 Manfaat Ikan Lele yang Perlu Kamu Tahu

Jika kamu mengolah ikan lele dengan benar, kamu bisa menikmati manfaatnya, lho. Ini dia manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan konsumsi lele:

1. Menyehatkan Hati

Kandungan omega-3 di dalam ikan lele dapat melindungi jantung dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. 

2. Baik untuk Otak 

Omega-3 yang ada pada lele dapat meningkatkan kekuatan otot rangka sehingga bermanfaat bagi otak. Selain itu, ikan lele juga memiliki asam lemak yang lebih sedikit daripada salmon sehingga lebih baik untuk otak.

3. Bantu Jaga Keseimbangan Berat Badan

Protein dalam ikan merupakan sumber tenaga bagi tubuh. Ikan lele dapat memenuhi sekitar 32 hingga 39 persen kebutuhan protein harian. Dengan perhitungan kebutuhan 105 kalori dalam sehari, protein padat di dalam ikan lele dapat meningkatkan rasa kenyang.

4. Lindungi Sistem Saraf Tubuh

Beberapa jenis ikan mengandung merkuri tinggi. Sayangnya, kadar merkuri tinggi dapat menimbulkan gangguan kesehatan, salah satunya kerusakan saraf. Selain itu, merkuri juga berbahaya bagi anak-anak. 

Manfaat ikan lele yang satu ini adalah aman jika anak-anak mengkonsumsinya karena kandungan merkuri yang rendah.

5. Bermanfaat untuk Kesehatan Mata

Ikan yang mengandung minyak dan asam lemak omega-3 dapat membantu memelihara kesehatan mata. 

Kandungan tersebut juga memiliki manfaat bagi penderita degenerasi makula terkait usia atau AMD, yang biasanya terjadi pada orang lanjut usia. AMD adalah kondisi di mana retina merosot dan menyebabkan penglihatan kabur. 

6. Dapat Melindungi Paru-paru

Ikan lele dapat membantu kamu menjaga kesehatan paru-paru dan meredakan gejala asma pada anak-anak.

7. Bisa Bantu Lawan Depresi

Sebuah penelitian menemukan bahwa omega-3 pada ikan lele dapat membantu mencegah depresi. Semakin rendah kandungan omega-3, maka semakin tinggi risiko depresi. 

8. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Kesehatan tulang dan gigi perlu kamu jaga dengan mengkonsumsi vitamin D. ikan lele merupakan salah satu sumber vitamin D sehingga baik jika anak-anak mengkonsumsinya pada masa pertumbuhan. Selain itu, ikan lele juga mengandung vitamin dan mineral untuk kesehatan tulang. 

9. Mengandung Vitamin B12 

Setiap 100 gram ikan lele mengandung vitamin B12 yang bermanfaat bagi kesehatanmu. Tidak hanya itu, vitamin B12 juga dapat meningkatkan kesehatan mental, melindungi terhadap penyakit jantung, dan dapat membantu mencegah dan mengobati anemia. 

10. Bantu Cegah Dementia

Manfaat ikan lele selanjutnya adalah membantu mencegah kepikunan atau demensia. Otak manusia mengandung 60 persen lemak dan sebagian besar lemak tersebut dari omega-3. Sebuah penelitian menemukan seseorang yang mengkonsumsi ikan dapat mengurangi resiko penyakit dementia dan masalah ingatan.

Demensia adalah penyakit menurunnya daya ingat dan cara berpikir seseorang, biasanya menyerang orang lanjut usia. Penyakit ini dapat berdampak pada aktivitas sosial dan kegiatan sehari-hari. 

Ikan lele mengandung omega-3 yang dapat membantu kamu mencegah demensia. Selain itu, kandungan ini juga memiliki manfaat bagi anak-anak, seperti meningkatkan fokus, keterampilan membaca, perilaku, dan kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Efek Samping Ikan Lele

Efek samping ikan lele muncul ketika kamu mengkonsumsinya berlebihan. Karena lele mengandung asam lemak omega-6, hal ini bisa memicu risiko pembekuan darah, radang sendi, dan penyakit radang usus. 

Selain itu, jika mengkonsumsi ikan lele berlebihan, dapat meningkatkan lemak jahat dan kolesterol dalam tubuh. 

Selain itu, ikan lele juga mengandung merkuri rendah. Maka, konsumsi ikan lele dalam jangka panjang dapat berdampak pada kekebalan tubuh kamu dan dapat merusak saraf. 

Yuk, Rasakan Manfaat Ikan Lele Sekarang Juga!

Itulah manfaat ikan lele yang perlu kamu tahu. Namun, ada juga efek sampingnya bagi tubuh. Karena kamu sudah mengetahuinya, kamu bisa mengukur jumlah ikan lele yang kamu konsumsi. Perlu kamu ingat untuk mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang agar tubuh selalu sehat. Selamat mencoba!

10 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu
Table of Contents
Sahputra
Hallo. Saya Sahputra, Saya seorang penulis dan juga seorang Digital Marketing.

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos