Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

17 Ikan Hias Air Laut yang Mudah dipelihara - Ikan merupakan salah satu hewan air yang memiliki banyak fungsi, ada yang bisa di konsumsi, di budidayakan untuk di jual hingga dipelihara sebagai hewan penghias ruangan. Salah satu jenis yang banyak digemari untuk dijadikan peliharaan adalah ikan air laut.

17 Ikan Hias Air Laut yang Mudah di Pelihara


Walaupun begitu, tidak semua ikan laut bisa di pelihara dengan mudah. Beberapa yang lain bahkan memerlukan tehnik pemeliharaan dan perawatan khusus. Apabila Anda tertarik untuk tetap memelihara ikan jenis air asin ini, berikut merupakan beberapa rekomendasi ikan air laut yang mudah dipelihara dan tidak susah dalam perawatannya.

1. Ikan Hias Air Laut Watchman Gobies

Ikan Watchman Gobies

Jika Anda tertarik untuk memelihara ikan denga pola yang menarik, ikan hias air laut jenis watchamn gobie bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda. Ikan ini terkenal karena ia memiliki pola berwarna biru dan merah muda yang unik.
Watchman gobies merupakan ikan yang agresif sifatnya, namun masih bisa di pelihara dengan mudah. ia akan berenang kesana-kemari, sehingga memerlukan akuarium dengan ukuran yang besar untuk habibatnya. Makanan yang disarankan untuk ikan jenis ini adalah udang kecil.

2. Ikan Hias Air laut Blue Devil


Walaupun memiliki nama yang berkonotasi negatif, ikan ini tidak seburuk itu. Tubuhnya berwarna biru dengan perpaduan warna kuning, putih serta hitam. Campuran warna tersebut membuatnya tubuhnya terlihat estetik, sehingga mebuat blue devil banyak di pilih untuk di pelihara di akuarium. 

Karena suka berenang dalam bebatuan, isilah akuarium Anda dengan karang dan bebatuan. Ukurannya cenderung kecil dan ramping, sehingga tidak memerlukan akuarium yang besar. Ikan air laut yang mudah di pelihara ini sering direkomendasikan untuk pemula.

3. Ikan Hias Air Laut Chalk Bass

Ikan Chalk Bass

Selanjutnya adalah jenis ikan hias air asin berpola unik, yakni ikan chalk bass. Bagi Anda yang baru memulai pengalaman untuk memelihara ikan air asin, jenis ikan cocok untuk Anda. Selain tahan banting dengan pergantian ekosistem, ia juga tidak mudah terkena penyakit. Bahkan, ia tetap mampu bertahan walaupun kondisi air akuarium tidak optimal. 

Walaupun begitu, bukan berarti Anda bisa sembarangan memelihara ikan jenis ini. Jangan terlalu banyak memelihara ikan chalk bass dalam akuarium, seringkali mereka melakukan perebutan teritori yang bisa menyebabkan ikan lainnnya terganggu. 

4. Ikan Hias Air Laut Angelfish

Ikan Angelfish

Berbeda dengan ikan air tawar dengan nama yang sama, anglefish air laut memiliki bentuk yang berlainan. Uniknya, ikan ini merupakan ikan hermaprodhite, yang mana ketika ia masih muda merupakan ikan berjenis betina, makin bertambah usia, ia berganti kelamin menjadi ikan jantan. 

Dalam segi bentuk dan pola, warnanya cukup cerah dan berpola menarik. Umumnya corak yang sering ditemui adalah warna biru, kuning dan hitam. Ikan hias air laut yang mudah di pelihara ini perawatannya juga gampang dilakukan, memiliki imun yang kuat dan dapat hidup dengan kurun waktu yang lama.

5. Ikan Hias Air laut Lion

Ikan Lion

Ingin memiliki ikan dengan bentuk yang unik dari jenis ikan lainnya? Anda bisa memelihara lionfish. Bentuk tubuhnya menarik dengan pola bergaris-garis. Selain itu terdapat ornamen di fisiknya, berupa duri hingga sayap yang mencolok. 

Anda harus lebih cermat jika hendak memelihara ikan ini, sebab makanannya berbeda dengan kebanyakan ikan hias air laut lain. Begitu pula dalam pemilihan teman ikan, Anda harus lebih selektif untuk memilih mana ikan yang sebaiknya di campur dengan lionfish, karena ia bukan jenis ikan yang mudah berteman dengan ikan lainnya. 

6. Ikan Hias Air Laut Dottyback

Ikan Dottyback

Hampir sama dengan jenis ikan air laut yang mudah di pelihara lainnya, dottyback merupakan ikan yang sering direkomendasikan bagi pemula. Coraknya berwarna kuning terang dengan garis ungu pada bagian atas kepala. Ukurannya cenderung kecil sehingga tidak memerlukan akuarium yang besar. 

Dottyback bisa ditemukan dengan mudah di seluruh perairan tropis maupun sub tropis perairan Indo Pasifik. Berikan beberapa hiasan dalam akuarium Anda, seperti terumbu karang, bebatuan maupun tumbuhan. Sebab, ikan ini senang bermain di terumbu karang pada habitat aslinya. 

7.  Ikan Hias Air Laut Clownfish ( Ikan Badut )


Anda tentu sudah tidak asing dengan ikan ini. Terkenal karena sempat di filmkan dalam film animasi Finding Nemo, membuat ikan badut kemudian menjadi populer untuk dijadikan sebagai ikan hias peliharaan. Untunglah ikan ini termasuk dalam ikan air laut yang mudah di pelihara, sehingga perawatannya bisa dilakukan oleh pemula. 

Ikan ini terkenal karena warnanya yang cerah, yakni perpaduan warna oranye, hitam dan putih. Sediakan juga terumbu karang yang cukup untuk memelihara ikan ini di akuarium, sebab di habitat aslinya mereka tinggal di sekitar anemon dan terumbu karang.

8. Ikan Hias Air Laut Butterfly 

Ikan Hias Air Laut Butterfly

Ikan hias air laut butterfly ini merupakan salah satu ikan hias air laut yang mempesona jika anda pelihara di rumah. Ada banyak sekali spesies ikan ini dan semuanya sangat cantik dan mempesona serta mudah dipelihara.

Butterfly fish ini mempunyai karakter ikan yang damai namun untuk memelihara jenis ikan ini kalian perlu aquarium yang luas. Habitat asal ikan butterfly dapat dijumpai di sepanjang belahan bumi bagian selatan seperti di Indonesia, Hawaii, Africa, Fiji dan Melanesia.

Di Indonesia ikan ini bisa juga dipanggil dengan ikan kupu-kupu. Untuk memlihara ikan ini memerlukan settingan aquarium air laut dengan karang-karang agar ikan butterfly nyaman seperti di habitat aslinya.

9. Ikan Hias Air laut Yellow Tang

Ikan Hias Air laut Yellow Tang

Ikan hias laut yellow tang masih merupakan satu keluarga dengan jenis blue tang atau blue dory salah satau pemeran film Finding nemo yang berwarna biru. Ikan dengan nama latin Zebrasoma Flavenscens ini merupakan salah satu jenis ikan air laut yang mudah dipelihara.

10. Ikan Hias Air laut Blue Tang ( Blue Dory ) 

Ikan Hias Air laut Blue Tang ( Blue Dory )

Ikan blue tang ini merupakan ikan hias laut yang sangat populer karena perannya bersama ikan badut ( clownfish ) di film Finding Nemo. Ikan Blue Dory atau Blue Tang adalah jenis ikan yang berada di laut dangkal, ikan ini hidup di karang pesisir pantai. Ikan ini biasanya bisa Anda temui di dataran terumbu dan sepanjang lereng ke laut atas. 

Ikan ini hidup sendirian dengan kelompok besar yang  bertahan hidup dengan mendapatkan  makan secara berkelompok
Ukuran ikan blue dori ini  memiliki ukuran sekitar 23 cm dan ukuran dan 54 cm untuk ukuran maksimal. Ikan blue dori ini ikan memakan tumbuhan  yang ada di dalam laut.

11. Ikan Hias Air Laut Banggai

Ikan Hias Air Laut Banggai

Ikan banggai cardinalfish yang memiliki nama latin Pterapogon kauderni merupakan ikan air laut dari keluarga Apgogonidae. Ikan banggai ini memliki ukuran rata-rata 8 centimeter. Ciri-ciri ikan banggai memiliki warna dasar silver keperakan dengan 3 garis marking berwarna hitam yang satu garis melewati matanya.

Ikan banggai ini hanya dapat ditemukan di sungai bangai Sulawesi selatan. Ikan ini sangat sulit ditemui karena biasanya mereka bersembunyi di batu-batuan dasar laut.

12. Ikan Hias Air Laut Firefish Goby

Ikan Hias Air Laut Firefish Goby

Ikan hias air laut jenis ini merupakan ikan yang sangat aktif sekali berenangnya. Ikan ini patut kalian coba pelihara karena tdak akan bosan melihatnya sangking aktifnya. Dalam hal makanan pun ikan ini sangat mudah. Firefish bisa memakan apa saja termasul planlton dan algae. Ikan ini mempunyai jenis warna yang berbeda-beda antara lain ungu, putih, merah, kuning dan oranye.

13. Blenny Fish

Blenny Fish

Ikan blenny fish ini merupakan ikan air laut lucu dan sangat jarang yang mudah dipelihara. Dengan tampilannya yang lucu ini ikan ini tidak dapat digabung dengan ikan blenny lainnya karena jika digabung dia akan bertengkar. Namun jika digabung dengan ikan hias laut lainnya ikan blenny ini cenderung ikan yang damai. 

jenis ikan blenny ada berbagai macam diantaranya bicolor blenny, horned blenny dan Tail spot benny. Dalam memelihara ikan blenny sebetulnya tidak memerlukan aquarium yang besar sehingga ikan ini cocok sekali buat anda yang ingin memelihara ikan laut dengan aquarium kecil.

 14. Ikan Hias Air laut Damselfish

Ikan Hias Air laut Damselfish

Ikan yang satu ini sangat cocok sekali buat anda yang ingin memelihara ikan laut di aquarium yang kecil. Karena ikan damsefish ini hanya membutuhkan 30 galon saja.

Ikan ini merupakan ikan yang agresif namun tenang saja ikan ini tidak akan menyerang ikan lain. Ikan ini biasa bersembunyi di bebatuan sehingga kalian harus memnberikan settingan aquarium bebatuan untuk tempat bersembunyinya.

Ikan ini mudah dipelhiara dan juga mudah di dapat di toko ikan yang menjual ikan laut serta harganya pun murah. Jadi buat kalian yang pemula memelihara ikan laut bisa mencoba dengan ini damsel ini.

15. Ikan Giant Trevally


Ikan giant trevally ini juga merupakan salah satu ikan air laut yang sangat populer di kalangan ikan hias air lau dan juga ikan predator. Ikan ini berenang sangat gesit dan cepat serta dapat tumbuh besar sehingga memerlukan tempat yang luas jika ingin memelihara ikan ini.

Ikan ini sering sekali di akali agar bisa hidup di air tawar atau air payau. Ikan ini sangatlah menyenangkan saat feeding time, kalian akan merasakan sensasi rusuhnya ikan ini saat sedang makan.

16. Ikan Hias Air laut Wrasses

Ikan Hias Air laut Wrasses

Ikan air laut wrasses mempunyai warna cerah yang bagus, ikan ini juga dapat bersembunyi di pasir dan bebatuan sehingga wajib memakai pasir dan bebatuan jika ingin memelihar ikan jenis ini.

17. Ikan Hiu Blacktip

Ikan Hiu Blacktip

kelevel hobies yang berbeda lagi biasanya ingin mencoba memelihara hiu di aquarium lautnya. Nah jenis ikan hiu yang dapat dipeihara di aquarium ialah hiu blacktip. Namun aquarium kalian minimal 2 meter ya untuk memlihara ikan hiu yang satu ini.

Blacktip reefshark mempunyai nama latin Carcharhinus melanopterus ini dapat tumbuh hingga 180cm sehingag agar dapat tumbuh maksimal ikan hiu ini perlu berada di tempat dengan PxLxT 4x4x4 meter.

Selain hiu blactip masih banyak lagi hiu yang dipelihara oleh hobies diantaranya leopard shark dan Horn shark. Buat pemula saya sangat tidak menyarankan memlihara ikan hiu di aquarium lautnya ya.

Baca Juga

Tips Memelihara Ikan Air Laut

Setelah diterangkan beberapa jenis ikan air laut yang cocok untuk diperlihara bagi pemula, berikut merupakan tips yang bisa Anda aplikasikan ketika memelihara ikan air laut. Sebab, ada perbedaan antara memelihara ikan air laut dengan ikan air tawar, jika salah memelihara ikan akan lebih cepat stress dan bisa saja mati. 

Pastikan Anda memperhatikan suhu air dengan seksama. Karena, walaupun ikan air laut yang mudah di pelihara mudah beradaptasi, namun masih sangat sensitif terhadap perubahan suhu  mendadak. Untuk menjaga agar suhu dalam air tetap kondusif dan ikan tidak mudah stress, atur suhu berada pada kisaran 23 hingga 28 derajat celcius. 

Jangan lupa untuk membersihkan akuarium secara rutin, sebab kebersihan air akan mempengaruhi kesehatan ikan. Langkahnya cukup mudah dilakukan, pertama pindahkan tumbuhan, terumbu karang dan bebatuan dsari akuarium, kemudian dilanjutkan dengan membersihkan lumut maupun kotoran dalam kaca atau dasar akuarium. 

Usahakan akuarium benar-benar besih sebelum dipakai ulang. Akan lebih baik jika Anda mengeringkannya di bawah sinar matahari daripada hanya mengangin-anginkannya. Cahaya matahari bisa membuat kuman mati dan pertumbuhan lumut melambat. Jika sudah, isi dengan air yang bersih, dan masukkan kembali material akuarium berikut ikannya. 

Yang tidak kalah penting adalah memperhatikan tingkat keasinan air. Pastikan jumlah garam yang larut dalam air sesuai dengan jenis ikan yang Anda pelihara. Derajat keasinan air laut sekiar 32-37 per 1.000 unit air, pastikan keasinan berada pada kisaran angka berikut untuk menghindari ikan mati.

Jika masih kebingungan Anda bisa melakukan riset sebelum mulai memelihara ikan air laut, atau bertanya pada pakar akuarium. Semoga informasi berikut bisa membantu Anda untuk memilih ikan air laut yang mudah di pelihara.

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :