Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Klasifikasi Ikan Pbass Berikut Ini!

Ikanesia.id - Di Indonesia masih cukup banyak pecinta Ikan Pbass. Walaupun termasuk pada kelompok predator, namun sangat sering dipelihara oleh banyak orang. Dengan tampilan yang sedikit sangar, ternyata warna tubuhnya sangat menarik dan estetik.

Kenali Klasifikasi Ikan Pbass Berikut Ini!

Klasifikasi Ikan Pbass (Peacock Bass)

Tujuan dari mengetahui pengklasifikasian Peacock Bass adalah agar dapat mengamati jajaran keluarga yang memiliki hubungan cukup erat dengan jenis ikan ini. Karena pada umumnya jika diamati secara seksama akan muncul kemiripan.

Klasifikasi ikan Peacock Bass antara lain :

  • Kingdom : Animalia
  • Phylum  : Chordata
  • Family : Channidae
  • Genus  : Cichla
  • Spesies : Cichla Ocellaris

Habitat Ikan Ikan Pbass 

Habitat Ikan Ikan Pbass

Peacock Bass biasanya hidup menetap pada perairan tawar. Namun ternyata ada juga yang ditemukan di aliran air payau. Jika mencarinya di alam, dapat mudah diperoleh di area hutan bakau, tepian pantai atau muara sungai. 

Penyebaran asli dari Ikan Pbass adalah berasal dari sungai di Brazil, Kolumbia, Perancis, Guyana, Amerika Selatan, Suriname dan Venezuela. Kemudian menyeberang ke wilayah Dominican Republic, Belize, Panama, Ekuador, Peru hingga ke Singapura. 

Karena ikan Pbass ini sangat cepat beradaptasi dengan lingkungannya, penyebarannya mampu masuk ke perairan Indonesia hingga saat ini. Maka tak heran jika sudah sangat banyak yang memperjualbelikan dan memelihara sendiri untuk menghiasi aquarium di rumahnya.

Ciri Ciri Fisik Ikan Pbass (Peacock Bass)

Peacock Bass memiliki ciri fisik agak memanjang. Pada umumnya mampu mencapai 50 hingga 60 cm. Tapi kenyataannya ada penemuan yang sanggup menembus sampai ke angka 90 cm. 

Ikan peliharaan jenis ini memiliki ciri khas sirip punggung disertai dengan lekuk-lekukan sehingga tampilannya terlihat indah dan mempesona. Selain itu, tampilan mulutnya yang besar dan lebar membuat tampak lebih garang.

Peacock Bass memiliki sirip di bagian atas yang cukup lebar. Di belakang tubuhnya pun juga ada, bentuknya membentang hingga menyentuh pangkal ekor. Begitu juga di area perut, tumbuh melebar sehingga terlihat lebih ramping dan pipih.

Karakteristik Ikan Pbass 

Karakteristik Ikan Pbass
Chonh Lee

Peacock Bass memiliki karakteristik sifat pemangsa dan gesit dalam menangkap buruannya. Hal ini terlihat dari bentuk giginya bergerigi dan runcing. Spesies tersebut adalah pemakan ikan kecil yang sangat gesit. Jadi dalam pemeliharaannya jangan sampai dicampur dengan jenis lain.

Ikan hias ini memiliki variasi warna yang cukup banyak. Hal ini tergantung jenis subspesiesnya. Kebanyakan mereka mempunyai tiga garis hitam lurus ke atas namun tidak permanen karena akan menghilang seiring menuanya usia. 

Selain itu, mereka memiliki ciri khas di bagian sirip ekornya. Terdapat bercak hitam dengan ukuran besar yang tepinya dihiasi warna perak. Tampilan ini membuat corak tubuhnya terlihat sangat menarik dan eksotik.

Makanan Ikan Pbass

Makanan Ikan Pbass

Pada umumnya, Pbass lebih gemar dengan makanan yang masih bergerak atau hidup seperti udang, cacing, ikan kecil atau cindil. Tapi terkadang pemberian pelet juga bisa dilakukan untuk mengkombinasinya. 

Namun, makanan hidup relatif membawa penyakit dan kotoran. Maka pengkombinasian dengan pakan jadi sangat diperlukan. Hal ini demi kesehatan ekosistem di dalam aquarium sehingga ikan Peacock Bass ini bisa selalu fit dan dapat menampilkan warna yang indah.

Harga Ikan Pbass

Peacock Bass merupakan ikan hias yang memiliki variasi warna sangat indah. Sekarang cukup banyak orang memelihara jenis ini di aquarium untuk menghiasi dekorasi rumah. Seni corak ditampilkan dengan menarik dan eksotik.

Pada saat ini, untuk mendapatkan ikan hias tersebut sangatlah mudah. Di pasaran banyak dijual berdasar jenis dan ukurannya. Tentu hal ini juga dipengaruhi oleh warna yang dihasilkan. Harga Pbass berkisar antara 15.000 sampai 400.000 rupiah.

itulah ulasan tentang Ikan Pbass. Dengan informasi ini diharapkan dapat memberi sedikit gambaran tentang spesifikasi Peacock Bass yang sangat populer di kalangan para Aquaspace. Semoga bermanfaat.

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :