Mengenal Ikan Blue Tang, Si Ikan Dory Pemain Film Finding Nemo - Ikanesia.id

Mengenal Ikan Blue Tang, Si Ikan Dory Pemain Film Finding Nemo

Mengenal Ikan Blue Tang, Si Ikan Dory Pemain Film Finding Nemo - Jenis ikan air laut ini pasti sudah familiar bagi Anda karena berbagai keunggulan yang membuat ikan Blue Tang digambarkan sebagai tokoh Dory dalam film animasi habitat laut lepas. Sejak dahulu hingga kini, eksistensinya masih terjaga bahkan semakin banyak digemari pecinta ikan.

Mengenal Ikan Blue Tang, Si Ikan Dory Pemain Film Finding Nemo

Kumpulan Fakta Tentang Ikan Blue Tang 

Berbagai keindahan ikan Blue Tang ini membuatnya banyak digemari karena saat di film digambarkan dengan warna tubuh menyala. Namun, ternyata dapat berubah-ubah sesuai kondisi tinggalnya.
Baca Juga : 17 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

Klasifikasi Ikan Blue Tang

Sama dengan beberapa jenis ikan hias lainnya yaitu diklasifikasikan berdasarkan golongan spesiesnya. Mulai dari tingkatan takson paling tinggi yaitu kingdom, termasuk ke dalam Animalia menandakan bahwa merupakan jenis binatang. Sedangkan tingkat filumnya masuk ke Chordata.

Klasifikasi berikutnya adalah class yaitu tergolong Actinopterygii dengan ordo Perciformes. Untuk famili termasuk ke dalam Acanthuridae serta sub famili Acanthurinae. Masih terdapat 2 tingkatan terkecil yaitu genus Acanthurus dan spesies Leucosternon.

Habitat Ikan Blue Tang

Habitat Ikan Blue Tang

Salah satu kekayaan alam berupa makhluk hidup di air laut ini memang terkenal karena keindahan tubuhnya. Karenanya, ia dilarang untuk dipelihara dan dibiarkan hidup bebas. Hidup ikan Blue Tang dilakukan secara bergerombol di karang yang dangkal berkisar antara 0 hingga 25 meter saja.

Ikan tersebut tidak dapat bertahan di kedalaman laut yang jauh karena membutuhkan sinar matahari dengan cahaya cukup bersuhu 25 sampai 27 derajat celcius. Anda juga dapat menjumpainya di sepanjang lereng hingga laut.
Baca Juga : Kupas Tuntas Ikan Clownfish: Salah Satu Ikan Hias Terpopuler

Ciri-Ciri Fisik Ikan Blue Tang

Ciri-Ciri Fisik Ikan Blue Tang

Populer karena tokoh Dory di dalam film, makhluk hidup satu ini juga memiliki nama familiar sebagai ikan Botana Biru. Jika memegangnya secara langsung atau melihat dari jarak dekat, akan terlihat ketebalan kulitnya yang lengkap beserta sisik halus.

Ciri khas yang tidak dimiliki oleh ikan jenis lainnya yaitu terdapat sirip di bagian tubuh atas dekat kepala dan bawah berupa duri tajam mirip pisau bedah. Dilihat dari kejauhan, bentuknya cenderung bulat cembung di depan serta ciut di belakang. Memiliki warna dasar pasti yaitu hitam.

Karakteristik Ikan Blue Tang

Ukuran tubuh ikan Blue Tang ini beragam namun masih berada di kisaran 25 hingga 40 cm. Warna paling banyak mendominasi tubuhnya adalah biru tua, namun diselingi dengan hitam pekat serta bagian ekor memiliki warna menyala dan terang.

Sirip yang ada pada tubuh ikan Blue Tang ini terdapat di dua lokasi, yaitu dekat insang dengan sepanjang badan. Belum ada yang memelihara karena selain dilarang, ternyata juga bahaya untuk disentuh karena pertahanan dirinya melalui duri tajam yang dapat melukai.

Makanan Ikan Blue Tang

Ikan Blue Tang ini terbiasa hidup bebas di lautan lepas tanpa perawatan khusus. Karenanya, dapat menyantap apa saja dan masih tergolong omnivora. Mulai dari tumbuh-tumbuhan hingga binatang kecil lain seperti plankton, udang, cacing dan sebagainya
.
Namun, di beberapa tempat wisata atau kebun binatang yang membudidayakan ikan Blue Tang di dalam aquarium besar, memberi makanan berupa udang atau cacing beku dan sudah dipotong kecil terlebih dahulu.
Baca Juga : Jenis Ikan Laut Dalam Yang Kalian Harus Tahu

Harga Ikan Blue Tang

Memiliki nama jenis lain yaitu ikan Dori ini ternyata sering diperjualbelikan untuk kebutuhan pangan dalam bentuk sudah mati dan difillet. Setiap daerah membandrol pasaran harga berbeda. Untuk satu sisi tubuhnya saja dijual lebih dari 100 ribu rupiah.

Jika membelinya saat masih hidup, biasanya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan karena bentuk dan warnanya yang sangat unik.

Anda pasti sudah tertarik mendengar ikan Blue Tang, namun tetap harus berhati-hati ketika ingn membeli dan memelihara sebab jika salah penanganan bisa membahayakan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel