Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memulai Bisnis Ikan Hias Yang Perlu Kalian Ketahui

Tips Memulai Bisnis Ikan Hias Yang Perlu Kalian Ketahui - Jualan ikan hias memanglah sangat menguntungkan karena banyak sekali orang yang hobi dalam memelihara ikan hias. Namun untuk beberapa orang yang ingin memulai bisnis ikan hias atau jualan ikan hias ini tidak mengetahui step-step atau langkah dalam memulainya. 

Bisnis Ikan Hias


Ada juga orang-orang yang sudah mulai dan berpikiran kok ikan saya lebih lengkap, bagus dan murah tapi tetap toko sebelah lebih rame ? Orang-orang seperti ini biasanya tidak melihat strategi toko ikan kompetitornya seperti strategi apa yang mereka lakukan ?.  Pasti toko tersebut memakai strateginya sendiri dalam usaha bisnis ikan hiasnya. Berikut ini saya coba jelaskan beberapa strategi cara memulai bisnis ikan hias.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Hias Untuk Pemula

1. Buatlah Logo Toko dan Nama Toko

Buatlah sebuah nama toko dan logonya karena hal ini sangat penting sekali dalam melakukan branding. Gunakanlah nama yang mudah diingat oleh calon pelanggan. Sehingga calon pelanggan akan mendapatkan awarness dengan nama toko dan logo kalian dan lama-lama pelanggan akan kepo dan menghampirinya.

2. Manfaatkan Own Asset

Tips Bisnis Ikan Hias


Apa itu own asset  ? own asset adalah sebuah asset yang dibuat dan dikelolas sendiri seperti contohnya antara lain :

a. Social Media

Buat own asset social media di social media sangatlah penting untuk menjangkau pelanggan seperti di facebook dan Instagram. Di facebook kalian bisa buat sebuah halaman facebook atau fanspage facebook dan bergabung ke beberapa grup komunitas ikan hias yang ingin kalian jual. Misalnya kalian ingin menjual ikan predator maka gabunglah ke group fb ikan predator dan jika kalian berjualan di Bandung maka gabung juga di komunitas ikan hias di sekitaran Bandung.

Dan Untuk own asset Instagram kalian bisa buat gallery aktivitas toko kalian seperti ada ikan apa saja yang kalian jual dan promo apa yang sedang berlangsung. Pada instagram jangan lupa gunakanlah hashtag yang relevant seperti #jualikanhias #ikanhiasairtawar dan masih banyak lagi untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

b. Website

Sebagian penjual ikan hias memanfaatkan website sebagai strategy pemasarannya. Kenapa hanya sebagian ? karena membuat website lebih teknis dan sulit dibandingkan membuat sebuah halaman facebok dan akun instagram.

Jika toko kalian mempunyai website akan menjadi nilai tambah buat toko ikan hias kalian. Banyak sekali fungsi website yang mungkin saja tidak didapatkan oleh kompetitor bisnis ikan hias kalian seperti saat di mesin pencarian mencari informasi ikan hias website toko ikan kalian akan muncul di google sedangkan kompetitor kalian yang tidak punya web tidak muncul sehingga calon pelanggan yang mencari di google akan lari ke toko ikan kalian.

c. E-commerce

Jaman sekarang e-commerce sangatlah penting sekali untuk meningkatkan penjualan dalam hal berbisnis termasuk bisnis ikan hias ini. Buatlah e-commerce di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak dan upload produk dengan mengupload ikan-ikan yang kalian jual. Dan juga jangan lupa mendokarasi toko kalian di masing-masing e-commerce agar enak dilihat. Untuk Ikan hias saya sarankan hanya menggunakan pengiriman sehari sampai atau same day dan instant. Hal ini penting agar konsumen senang ikannya tiba dengan sehat.

3. Beriklan / Menggunakan Paid Asset

Iklankan Bisnis Ikan Hias


Apa itu beriklan atau paid asset ? beriklan merupakan cara terkini dan paling modern di dunia digital untuk menjangkau calon pelanggan kalian. Buat kalian yang ingin toko kalian dijangkau lebih banyak calon pelanggan kalian selain menggunakan promo kalian juga bisa menggunakan iklan di facebook ads, instagram ads dan lain-lain. Pada tips ketiga ini memang membutuhkan modal tambahan untuk membayar iklannya.

Sedangkan paid asset lainnya ialah dengan melakukan paid promote ke akun orang lain hal ini biasa disebut endorse yang mana mempromosikan brand kalian atau toko kalian di asset orang lain.

Selain endorse di Instagram kalian juga bisa melakukan paid asset di media - media nasional jika mempunyai modal atau juga jika ingin lebih murah bisa menggunakan website - website yang relevant seperti di Ikanesia.id ini. Kalian bisa hubungi website-webiste yang kalian ingin ajak kerjasama dengan menghubunginya di menu contact pada bagian bawah website.

4. Buatlah Pelanggan Baru Menjadi Langganan

Ini memerlukan perlakuan khusus seperti menawarkan diskon spesial atau bonus-bonus jika membeli. Dan pada tips ini jangan lupa save whatsaap pelanggan kalian dan juga pelanggan kalian save juga whatsaap kalian. Dan selanjutnya kalian update terus story whatsaap kalian tentang ikan-ikan yang baru datang atau ready stok.

5. Jemput Bola

Ada beberapa toko ikan hias yang mempunyai toko ikan sendiri namun tetap membuka lapak di pasar ikan hias seperti di Pasar Ikan Jatinegara dan Parung Bogor. Hal ini juga penting untuk menjangkau pelanggan yang tidak ingin membeli ikan hias secara online dan juga bisa mendapatkan nomor whatsaap calon pelanggan juga.

Nah itu adalah tipsnya, Jika ada pertanyaan bisnis ikan apa yang sedang ramai menurut ikanesia.id ? baik kami akan coba jabarkan doi bawah ini ya. Inilah bisnis ikan yang sedang populer.

Bisnis Ikan Apa Yang Menguntungkan ?


A. Bisnis Ikan Cupang

Tak perlu diragukan lagi bawha ikan cupang sedang naik pesat pamornya semenjak pandemi ini. Beberapa kali saya cek ke pasar ikan hias, ikan cupang ini selalu ramai pengunjungnya. Bahkan beberapa teman saya mulai bisnis ikan cupang ini. Makan dari peluang bisnis ikan dimasa pandemi dengan berjualan ikan cupang merupakan peluang yang tepat.

B. Bisnis Ikan Arwana

Walaupun akhir-akhir ini ikan arwana sedang kalah pamor dengan ikan cupang, ikan arwana masih mempunyai pasar yang bagus di dunia ikan. 

C. Bisnis Ikan Guppy

Bisnis ikan guppy juga masih banyak diminati karena memang ikan guppy merupakan ikan hias air tawar yang snagat populer dan mudah dalam perawatannya.

D. Bisnis Ikan Koi

Sama dengan ikan arwana ikan koi mempunyai audience atau pelangan tetap yang loyal maka dari itu bisnis ikan koi salah satu bisnis ikan yang sangat menguntungkan
Sekian beberapa tips memulai bisnis ikan hias kalian semoga kalian yang mau mulai bisnis ikan hias atau sudah mulai dapat menerapkannya dengan baik dan juga dapat meningkatkan jualan ikan hias kalian. Dan juga beberapa ide bisnis ikan hias yang menguntungkan.

Memulai bisnis ikan akan lebih mudah jika memahami konsep-konsep strategy pemasaran yang sudah disebutkan diatas.

Jika kalian ingin bekerja sama dengan web ikanesia.id kalian bisa hubungi admin kami di menu kontak di bagian bawah website ini ya.
Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :