Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lama Ikan Koi Tumbuh Besar yang Perlu Anda Pahami

Berapa lama ikan Koi tumbuh besar? Tentu berbeda-beda waktunya. Tergantung pada masa permulaan melakukan pembudidayaannya. Oleh karena itu waktunya juga tidak dapat diprediksi secara tepat dan akurat. Sebab, terkadang ada beberapa perbedaan yang bisa saja terjadi.

Lama Ikan Koi Tumbuh Besar yang Perlu Anda Pahami

Untuk kisaran waktunya sendiri memang tidak sama. Oleh karena itu, untuk sekedar gambaran Anda bisa membaca ulasan yang telah dirangkum ikanesia.id di bawah ini:

Lama Ikan Koi Tumbuh Besar

1. Waktu Tumbuh Larva

Larva ikan Koi akan berkembang sedikit demi sedikit setelah selesainya proses pembuahan dan keluar dari perut induknya. Larva-larva ini memiliki tingkat keberlangsungan hidup tidak banyak. Ini karena pengaruh dari alam dan kondisi sekitarnya.

Semakin baik kondisi alam, maka larva akan bisa bertahan hidup secara maksimal. Bahkan hingga bisa tumbuh menjadi ikan Koi dewasa yang nantinya akan bertelur kembali. Begitupun sebaliknya, semakin buruk kualitas kolam, maka akan semakin kecil juga angka hidup ikan tersebut.

2. Waktu Tumbuh Anakan

Pertama yakni waktu tumbuh anakan ikan Koi. Ikan Koi akan bertelur di dalam perut indukannya. Tetapi, ketika diternak tentu akan ada proses pemijahan. Masalah utama dalam hal pembudidayaan ikan Koi adalah tingginya angka kematian larva ikan Koi.

Waktu pertumbuhan anak ikan dipengaruhi oleh makanan dan faktor lingkungan sekitarnya. Semakin baik alam, maka akan semakin cepat juga proses tumbuhnya. Tetapi, pada tahap larva tingkat kelangsungan hidup jenis hewan air ini sangatlah sedikit.

3. Waktu Tumbuh Kembang

Waktu tumbuh kembang ikan Koi bisa terbilang cukup lama. Semuanya tergantung pada kondisi sekitarnya dan ketersediaan pangan, baik alami maupun makanan alternatif. Anda bisa menyediakan pelet sebagai tambahannya untuk mempercepat proses lama ikan Koi tumbuh besar.

Misalkan ketika ikan Koi berusia 6 bulan, bayi-bayi ikan Koi ini akan mengalami pertumbuhan hingga panjangnya mencapai kurang lebih 13 cm. Perawatan ikan Koi di area tambak memang membutuhkan perhatian lebih. Ini agar ikan dapat tumbuh dengan maksimal dan cantik.

4. Waktu Tumbuh Ikan Koi Muda

Masa perkembangan ikan Koi muda juga tentu sangatlah dipengaruhi oleh tingkat frekuensi pemberian makanan untuknya. Anda bisa memberikan sumber makanan alami utama mereka dengan protein. Ikan Koi yang masih muda membutuhkan frekuensi yang lebih tinggi dari usia lainnya.

Perbedaannya juga cukup signifikan, ikan Koi dewasa tidak membutuhkan banyak protein untuk membantu proses tumbuh kembangnya. Selain itu, kualitas dan jenis protein itu sendiri juga sangat mempengaruhinya. Ikan Koi harus bisa mencernanya dengan baik dalam tubuhnya.

5. Waktu Tumbuh Dewasa

Selanjutnya yakni waktu tumbuh dewasa. Hal utama dan akan selalu menjadi faktor penunjang tumbuh kembang ikan Koi adalah makanannya. Ikan Koi akan selalu terlihat lapar dan membuka mulutnya di permukaan kolam.

Pemberian makanan alternatif harus selalu diperhatikan. Jangan sampai ikan Koi kehabisan makanan dan harus mencari makanan ke permukaan kolam. Karena ikan ini akan selalu merasa lapar. Oleh karenanya pemberiannya harus dilakukan sedikit demi sedikit tetapi dengan frekuensi lebih sering.

6. Waktu Penjualan

Untuk waktu penjualan sendiri bisa dilakukan kapan saja. Karena terkadang ada beberapa pembudidaya atau pebisnis yang membeli benih ikan Koi sejak masih menjadi larva. Semuanya tergantung pada keinginan setiap orang.

Hanya saja perawatannya harus sangat diperhatikan demi keberlangsungan hidup ikan Koi tersebut. Salah satu caranya yakni dengan memberikan makan secara teratur dan membersihkan tempat pemeliharaan secara rutin atau memasang alat filtrasi untuk menyaring air yang kotor.

Demikian penjelasan mengenai lama ikan Koi tumbuh besar. Anda dapat mengetahui lebih banyak lagi informasi lainnya dengan memanfaatkan kemudahan akses internet saat ini. Atau dengan melakukan penelitian secara pribadi mengenai proses ini.

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :