Jenis-Jenis Media Filter Biologis Terbaik Untuk Aquarium dan Kolam - Ikanesia.id

Jenis-Jenis Media Filter Biologis Terbaik Untuk Aquarium dan Kolam

Ikanesia.id - Media biologis adalah komponen penting yang harus ada di filter aquarium karena berfungsi sebagai tempat berkembang biaknya bakteri baik yang dapat mengontrol amonia pada air aquarium. Amonia sendiri merupakan bentuk senyawa yang jika tidak di kontrol dan terpadapat banyak sekali senyawa amonia pada aquarium akan sangat berbahay untuk ikan.

Media filter biologis biasanya berada di tahap kedua atau chamber kedua setelah media filter mekanis. Media filter biologis saat ini terdapat 2 tipe yaitu media biologis buatan dan ada juga media biologis yang langsung berasal dari alam.

Jenis-Jenis Media Filter Biologis Terbaik Untuk Aquarium dan Kolam

Banyak sekali media filter biologis yang beredar di pasaran, namun tahukah kalian ciri-ciri media biologi yang baik ?. Ciri-ciri media filter biologis terbaik yaitu mempunyai pori pori yang banyak sehingga media tersebut dapat menyerap air dengan sempurna sehingga bakteri baik dapat berkembang dengan jumlah yang sangat banyak.

Berikut Jenis-Jenis Media Filter Bilogis Terbaik Untuk Aquarium Kalian


1. Biohome


Biohome merupakan media filter buatan yang mengclaim bahwa media filternya merupakan media filter terbaik. Media filter biohome ini berbentuk panjang-panjang yang menyerupai ***.

Media filter biohome mempunyai spesifikasi luas permukaaan 7300m2 / Kg, maka dari itu media ini sangatlah optimal karena dengan 1kg media filter biohome bisa mengcover air hingga 3000 liter.

Media fiter biohome sendiri dijual dengan berbagai macam kebutuhan ada yang buat air tawar dan juga air laut. 3 tipe biohome yang dijual ialah biohome ultimate, biohome plus dan biohome marine.
Baca Juga : Jenis-Jenis Filter Akuarium Terbaik

2. Cermedia Marinepure

Cermedia Marinepure Filter biologis

Cermedia marinepure ini juga merupakan filter biologis buatan yang mempunyai peforma sangat tinggi. Di sebuah akun youtube bernama southernoakaquatics membuktikan bagaimana hebatnya media filter ini menyerap air dengan sempurna.

Walaupun filter ini bernama marinepure alias nama yang biasa digunakan untuk produk aquarium air laut. Media ini juga cocok digunakan di aquarium air tawar seperti sebagai media biologis kolam ikan koi, kolam ikan predator bahkan di aquarium besar maupun kecil.

Cermedia ini mempunyai berbagai macam jenis bentuk yaitu bentuk bulat, kotak kecil-kecil seperti tahu, dan juga bentuk kotak besar dan sedang seperti batako.

3. Momotaro Bacteria House

Momotaro Bacteria House

Momotaro backteria house ini merupakan media filter yang berasal dari negara Jepang tepatnya ialah di momotaro koi farm. Apa itu momotaro koi farm ? mootaro koi farm merupakan salah satu tempat budidaya ikan koi yang sangat populer yang berada di Okayama, Jepang.

Karena dibuat oleh momotari koi farm maka tentu saja media filter ini dibuat khusus untuk media filter kolam ikan koi. Hal itu bisa dilihat dari bentuk dan ukuran momotaro bacteria house ini yang cenderung besar-besar dan panjang sehingga kurang cocok untuk di taruh di susunan filter aquarium kecil.
Baca Juga : 16 Ide Kolam Ikan Minimalis Lengkap Dengan Foto

4. Crystal Bio

Media Filter Crystal Bio

Crystal bio ini ialah media filter biologis buatan yang bentuknya menyerupai batu-batuan alami. Walaupun bentuknya seperti batu jika kalian angkat crystak bio ini sangatlah enteng, bahkan media filter crystal bio yang baru atau yang belum matang biasanya akan mengambang di air.

Crystal bio ini saya rekomendasikan untuk kalian sebagai media filter biologis karena lebih mudah dicari dipasaran Indonesa dan juga harganya lebih murah daripada media filter diatas walaupun teteap saja masih mahal.

Dengan bentuk menyerupai batu batuan kecil crystal bio ini cocok digunakan sebagai media filter untuk aquarium dan juga kolam ikan.

5. Kaldness K1

Kaldness K1

Kaldness K1 ini merupakan media filter yang terbuat dari plastik yang dibentuk sesuai bulat-bulat kecil dan ada ruang kosongnya.

Berbeda dengan media filter biologis lainnya yang hanya direndam dan dilewati air kaldness k1 ini harus bergerak ataupun berputar. Maka dari itu kaldness k1 ini sering disebut dengan moving bed filter karena mengharuskan kaldness k1 berputar-putar terus.

Cara supaya media filter kaldness k1 ini berputar-putar ialah dengan menggunakan air pump atau aerator yang powernya disesuaikan dengan banyaknya jumlah kaldness k1 yang digunakan, semakin banyak k1 semabikin besar juga power yang digunakan.
Baca Juga : Daftar Harga Pompa Air Untuk Aquarium atau Kolam

6. Bioball 

Media Filter Bio Ball

Bioball merupakan media filter biologis yang terbuat dari plastik berbentuk bulat dan juga ada yang berbentuk lain. Bioball ini sangatlah populer dan banyak sekali yang menggunakannya karena mudah ditemukan dan juga harganya yang murah.

Bioball ini sangat cocok buat kalian jika tidak memiliki budget yang banyak dan tidak mau repot menggunkan media filter biologis.

7. Ceramic Ring 

Ceramic Ring

Media biologi yang terbuat dari ceramic ini sangatlah baik sebagai rumah bakteri baik untuk mengontrol amonia pada air. Ceramic ring ini juga gak kalah dengan bioball dalam hal harga karena sama-sama cocok dikantong pelajar. 

Yang membedakan bioball dan ceramic ring ini ialah dari beratnya. Media filter ceramic ring lebih berat 2x lipat dari media filter bioball.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel