Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan dan Harga Ikan Botia Atau Clown Loach

Ikanesia.id - Ikan Botia cukup populer di kalangan penggemar Aquascape karena keunikan motif tubuhnya. Hal inilah yang membuat banyak orang menyebutnya sebagai Clownfish atau ikan abdut. Selain itu, bentuk badannya yang memanjang juga mungil menjadikan tampilannya terlihat lucu dan unik.

Penjelasan dan Harga Ikan Botia Atau Clown Loach

Klasifikasi Ikan Botia

Pengklasifikasian ikan hias ini membuat Anda dapat mengetahui hubungan kekerabatan dan pengelompokkannya. Maka dapat terlihat bahwa ternyata Botia memiliki kemiripan dengan jenis lain yang masih merupakan satu family. 

Klasifikasi ikan Botia adalah sebagai berikut :

Kingdom         : Animalia
Phylum            : Chordata
Class            : Osteichthyes
Sub Class      : Actinopterygii
Ordo              : Teleostei
Sub Ordo      : Cyprinoidea
Family            : Cobitidae
Spesies          : Botia macracanthus

Habitat Ikan Botia

Ikan hias ini cukup banyak ditemui di wilayah Kalimantan, Sumatra hingga pinggiran Malaysia. Pada umumnya menempati sungai-sungai kecil dengan air yang memiliki pH lebih asam, yaitu antara 5-7 dan kisaran suhunya mulai dari 24 sampai 30 derajat Celcius.

Habitat ikan hias tersebut biasanya adalah sungai yang memiliki aliran tenang dan tidak berarus begitu deras. Ciri sifatnya cenderung suka bergerombol sehingga terlihat selalu berkumpul pada satu titik tertentu.

Untuk Botia berukuran kecil ditempatkan pada sungai berarus lemah, berlumpur dan keruh dengan kisaran kedalaman antara 5 sampai 10 meter. Sedangkan induknya memilih hidup di aliran deras dan berbatuan cukup dalam hingga mencapai 2 meter dengan kejernihan yang cukup tinggi. 

Ciri Ciri Fisik Ikan Botia

Ciri Ciri Fisik Ikan Botia

Ciri fisik ikan Botia identik memanjang dan melengkung. Jika dilihat secara keseluruhan, bentuk badannya agak pipih lalu ditutupi sisik halus. Di mulutnya terdapat empat pasang sungut dengan bentuk bibir yang sedikit tebal ditutupi oleh Lamella.

Ikan hias ini dapat mengeluarkan patilnya yang terletak di bawah mata pada saat hidupnya terancam. Pada tubuhnya juga dilengkapi beberapa sirip, posisi tepatnya ada di dada, perut, punggung dan ekor.

Botia memiliki ciri khas warna tubuh kuning cerah dengan dilengkapi 3 motif garis lebar hitam yang mengelilingi bagian kepala. Kemudian perut dan sirip punggung hingga menuju pangkal ekor.  
Baca Juga : Asal Usul Dan Harga Ikan Sili Api Atau Ikan Fire Eel Tebaru

Karakteristik Ikan Botia

Karakteristik Ikan Botia

Karakter ikan Botia lebih suka hidup bergerombol dan berdiam pada suatu titik tertentu. Walaupun demikian, gerakannya cukup gesit. Maka jika ingin memeliharanya, sebaiknya Anda membeli 4 sampai 5 ekor agar Botia dapat hidup aktif bersama dengan kelompoknya.
 
Selain itu, ikan hias ini memiliki ciri khas yang cukup unik, yaitu tiba-tiba memiringkan tubuhnya tanpa bergerak sedikitpun sehingga orang sering mengiranya sudah mati. Padahal, itu hanya merupakan suatu kebiasaan saja.

Makanan Ikan Botia

Makanan Ikan Botia

Botia merupakan karnivora, namun juga suka mengkonsumsi tumbuhan air di pinggiran sungai dengan tekstur lembut dan lunak. Maka bisa dibilang bahwa ikan hias ini termasuk golongan omnivora yang mampu memakan segala jenis.
 
Ikan Botia biasanya suka mengkonsumsi cacing beku, udang air asin dan siput. Untuk macam tumbuhan bisa adalah mentimun, selada atau bayam. Dalam pemenuhan kebutuhan, ikan jenis ini membutuhkan kombinasi antara keduanya agar mendapat gizi seimbang. 
Baca Juga : Makanan Terbaik Untuk Ikan Discus

Harga Ikan Botia

Botia harganya bergantung dari panjang pendeknya tubuh. Jadi jika melihat daftarnya akan disertai dengan ukuran masing-masing. Pada umumnya di pasaran tersedia dari 4-15 cm, jadi Anda dapat memilih sesuai keinginan.

Kisaran harganya mulai dari 5.000 hingga 50.000 rupiah per ekornya. Jika dibandingkan dengan ikan hias lain, Botia relatif masih terjangkau. Jika aquarium di rumah Anda ukurannya tidak begitu besar, sebaiknya pilihlah tubuh ikan yang masih kecil saja agar habitatnya tak terlalu penuh.

Itulah beberapa spesifikasi ikan Botia. Dari bentuk uniknya dan perawatan yang mudah karena pakannya gampang didapat. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau sehingga tak perlu budget besar untuk memelihara Clownfish ini.


Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :