Cara Merawat Burayak Ikan Guppy Agar Cepat Besar - Ikanesia.id

Cara Merawat Burayak Ikan Guppy Agar Cepat Besar

Cara Merawat Burayak Ikan Guppy Agar Cepat Besar – Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan yang sangat sering sekali dibudidayakan oleh banyak orang, baik untuk sekedar hobi maupun untuk dijadikan bisnis. Maka dari itu cara yang harus dilakukan untuk merawat ikan guppy haruslah dengan cara yang benar, terlebih untuk yang masih anakan. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan ikan guppy nantinya tidak terhambat.
Bagi Anda semua yang saat ini sedang membudidayakan ikan guppy namun kesulitan dalam merawatnya karena belum memiliki pengalaman yang begitu banyak, tenang saja karena pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang Cara Merawat Burayak Ikan Guppy. Namun sebelum kita mengulas tentang cara merawatnya, alangkah sebaiknya kita bahas terlebih dahulu beberapa penyebab burayak ikan guppy sangat sulit untuk tumbuh dan berkembang biak.
Cara Merawat Burayak Ikan Guppy Agar Cepat Besar

Penyebab Burayak Ikan Guppy Sulit Tumbuh dan Berkembang Biak

Mungkin banyak dari Anda yang sering mengeluhkan kenapa burayak ikan guppy yang Anda budidayakan tidak tumbuh dan sangat sulit sekali untuk berkembang biak. Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa menjadi penyebabnya.

1. Ukuran Akuarium yang Tidak Pas

Penyebab burayak ikan guppy sulit tumbuh dan berkembang biak yang pertama mungkin disebabkan oleh ukuran akuarium yang tidak pas. Perlu Anda ketahui bahwa burayak ikan guppy yang masih berusia 1 bulan sangat sulit sekali tumbuh pada akuraium berukuran besar. 
Hal ini karena volume air yang sangat banyak dapat membuat burayak ikan guppy sangat sulit sekali dalam mencari makanan. Burayak ikan guppy akan menggunakan banyak sekali tenaganya untuk berenang guna mencari makanan.
Maka dari itu Anda harus bisa dengan semaksimal mungkin menyesuaikan ukuran akuarium untuk burayak ikan guppy yang masih berusia 1 bulan. Letakkanlah burayak ikan guppy yang masih berusia 1 bulan pada akuarium yang berukuran kecil agar mudah dalam mencari makanan.

2. Kurang Rutinnya dalam Mengganti Air

Penyebab selanjutnya yaitu karena kurang rutinnya dalam mengganti air. Burayak ikan guppy sangat membutuhkan pasokan air yang bersih. Dengan rutin mengganti air tentunya akan membantu untuk menghilangkan limbah dan juga racun yang ada di dalam akuarium. 
Mengganti air juga akan meningkatkan pertumbuhan burayak ikan guppy secara signifikan. Maka dari itu Anda harus bisa mengganti air secara rutin agar pertumbuhan burayak ikan guppy tidak terhambat.

3. Makanan yang Kurang Beragam

Burayak ikan guppy sangat membutuhkan jenis makanan yang beragam. Hal ini dilakukan untuk membuat burayak ikan guppy menjadi lebih sehat dan juga menghindarkan dari berbagai macam penyakit. Karena imun tubuh burayak ikan guppy belum begitu baik. Berikanlah makanan yang bervariasi setiap harinya. Sekali-sekali tawarkan juga makanan kering agar burayak ikan guppy dapat mengenali berbagai jenis makanan yang diberikan.

Cara Merawat Burayak Ikan Guppy

Setelah mengetahui beberapa penyebab burayak ikan guppy sangat sulit tumbuh dan berkembang biak, selanjutnya kita akan membahas tentang Cara Merawat Burayak Ikan Guppy. Dan berikut beberapa caranya.

Besarkan Burayak Ikan Guppy Secara Terpisah

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk merawat burayak ikan guppy adalah dengan membesarkannya secara terpisah. Hal ini dilakukan untuk mempercepat laju pertumbuhan burayak. Karena jika burayak dibesarkan pada tempat yang sama, tentunya akan membuat burayak menjadi setres karena harus bersembunyi dari ikan guppy yang sudah besar agar tidak dimakan.

Sesuaikan Volume Air Pada Setiap Burayak

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk merawat burayak ikan guppy adalah dengan menyesuaikan volume air pada setiap burayak. Hal ini dilakukan agar burayak mendapatkan pasokan air yang cukup sesuai dengan kemampuan tubuhnya. Disamping itu, juga dapat membantu burayak yang masih berusia 1 bulan dalam mencari makanan agar tidak terlalu sulit dalam mencari makanan karena terlalu banyak mengeluarkan energi untuk berenang.
Untuk burayak yang umurnya kurang dari 1 bulan, maka 2 liter air saja sudah cukup. Sementara untuk burayak yang berusia 1 bulan lebih, 4 liter air saja sudah cukup. Anda juga bisa menempatkan mereka pada ember-ember yang bersih agar tidak terkontaminasi dengan racun-racun berbahaya yang dapat membuat burayak menjadi mati.

Beri Makanan yang Beragam dan Juga Berkualitas Secara Teratur

Selain kedua cara di atas, cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi makanan yang beragam dan juga berkualitas secara teratur. Berilah makanan burayak 3 sampai 5 kali dalam sehari. Usahakanlah untuk memberikan makanan hidup dan juga makanan buatan sendiri daripada makanan yang dijual di pasaran. Karena makanan yang dijual di pasaran belum tentu kualitasnya baik untuk burayak.
Jika Anda asal dalam memberikan makanan, tentunya dapat mempengaruhi laju pertumbuhan burayak itu sendiri. Maka dari itu sangat disarankan sekali untuk memberikan makanan hasil buatan sendiri. Namun jika Anda tidak bisa memberikan makanan buatan sendiri, Anda juga bisa memberikan makanan yang dijual di pasaran. Dengan catatan makanan tersebut haruslah yang memang telah diformulasikan khusus untuk burayak ikan guppy.

Lakukan Penggantian Air Minimal Seminggu Sekali

Anda juga harus melakukan penggantian air minimal seminggu sekali. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan berbagai macam racun berbahaya dan juga kotoran yang ada di dalam akuarium. Terlebih jika Anda memberikan makanan burayak 3 sampai 5 kali dalam sehari. Tentu akan ada banyak sekali racun berbahaya dan juga kotoran yang menumpuk di dalam akuarium. Kalau sudah begini, Anda harus melakukan penggantian air secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu.

Bersihkan Filter dan Juga Kerikil

Melakukan penggantian air saja tidaklah cukup jika Anda tidak ikut serta dalam membersihkan filter dan juga kerikil. Karena kotoran juga akan menumpuk pada filter dan juga kerikil yang ada di dalam akuarium. Kotoran juga akan terlihat dengan sangat jelas di bagian bawah akuarium. Jika Anda tidak membersihkannya, maka akan sangat percuma jika Anda melakukan penggantian air pada akuarium. Karena kotoran tersebut akan kembali lagi.

Tambahkan Tanaman Hidup

Anda juga bisa menambahkan tanaman hidup pada akuarium. Dengan menambahkan tanaman hidup pada akuarium tentunya akan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pertumbuhan dan juga kesehatan burayak. Tidak hanya itu saja, tanaman hidup yang diletakkan di akuarium juga akan membuat mikroorganisme dan juga ganggang dapat tumbuh. Sehingga dapat menjadi sumber makanan tambahan bagi burayak.
Hal ini tentunya sangat memberikan manfaat yang sangat bagus untuk memperpanjang waktu makan burayak. Tanaman hidup yang disarankan untuk diletakkan di dalam akuarium diantaranya: Java Moss, Guppy Grass, dan juga Java Fern. Tanaman tersebut juga sangat mudah sekali untuk dirawat. Bahkan dapat tumbuh dengan sendirinya di dalam air.
Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat burayak ikan guppy. Mudah-mudahan cara-cara yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan manfaat bagi Anda semua yang saat ini sedang membudidayakan ikan guppy.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel