Cara Mengetahui Ciri Ciri Ikan Molly Hamil - Ikanesia.id

Cara Mengetahui Ciri Ciri Ikan Molly Hamil

Ikanesia.id - Bagi pecinta ikan, jenis ikan molly adalah salah satu yang paling menarik, kalian harus tahu ciri ciri ikan molly hamil agar bisa dibudidayakan

Merawat binatang menjadi hobi yang disukai banyak orang sejak dulu, salah satu jenis hewan yang dipelihara ialah ikan. Dengan memelihara ikan hias akan membuat suasana hati menjadi senang dan rumah menjadi indah. Sebagai pecinta ikan, kalian harus mengetahui ciri ciri ikan molly hamil.

Cara Mengetahui Ciri Ciri Ikan Molly Hamil

Karena kesukaan pada ikan, tidak sedikit orang yang kemudian melakukan budidaya ikan hias. Jenis ikan hias yang digemari banyak pecinta hewan laut ini ialah ikan molly karena memiliki bentuk tubuh yang unik serta memiliki banyak warna yang menarik.

Proses Pembuahan Ikan Molly Betina dan Jantan 

Ikan jenis air tawar yang hanya mampu tumbuh hingga 12 cm ini ternyata memiliki cara berkembang biak yang berbeda. Jika pada umumnya ikan berkembang biak dengan cara bertelur, maka ikan molly justru mengandung anak dan mengalami masa kehamilan.

Fakta tentang ikan molly ini membuat ikan ini harus melakukan prosedur pembuahan internal untuk mendapatkan memiliki anak. Usia reproduksi pada ikan molly ini bervariasi, namun pada umumnya ikan betina siap bereproduksi dalam usia yang masih sangat dini.

Sementara ikan molly jantan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama yakni sekitar usia 12 bulan. Sedangkan molly betina sudah siap untuk bereproduksi ketika sudah memasuki usia 6 bulan. Molly jantan melakukan pembuahan pada sel telur betina dan kemudian terjadilah proses kehamilan pada molly betina.

Telur telur ini tetap berada pada perut molly betina hingga burayak (bentuk bayi dari ikan dewasa) siap untuk dilepaskan dari perut si betina. Lalu kemudian molly betina melahirkan bayi ikan ini dan dikeluarkan dari dalam tubuhnya.

Baca Juga : Cara Ampuh Budidaya Ikan Guppy Di Lahan Sempit


Ciri-ciri Ikan Molly Saat Hamil

Sama seperti makhluk hidup pada umumnya yang mengalami kehamilan, ciri utama ikan molly yang hamil dapat terlihat dari kondisi perut. Memang pada kondisi normal pun ikan molly telah memiliki ukuran perut yang besar dibandingkan ikan lainnya.

Namun, ketika kehamilan ikan molly kondisi perut akan semakin membesar dan seperti ingin meletus. Terutama saat kehamilan ikan ini sudah mencapai usia lebih dari satu bulan, ukuran perutnya akan semakin terus membesar.

Menjelang masa kelahiran, biasanya akan ditemui bercak kehamilan pada perut ikan molly betina. Bercak berwarna kehitaman ini disebabkan karena ukuran ikan dalam perut molly betina sudah semakin membesar dan sudah memiliki mata. Biasanya ciri ciri tersebut akan muncul dalam waktu 20 hingga 40 hari.

Usia Kehamilan Ikan Molly

Usia kandungan ikan molly biasanya berada dalam waktu 6 hingga 8 minggu sebelum memasuki proses kelahiran. Dalam satu waktu periode kehamilan, ikan ini bisa melahirkan hingga puluhan ekor anak ikan molly. Proses untuk menuju kehamilan berikutnya pun memakan waktu yang cukup singkat.
Baca Juga : 11 Jenis Ikan Hias Untuk Aquascape Yang Terindah Dan Bisa Dicampur

Dalam beberapa hari, ikan molly bisa kembali hamil karena mereka memiliki kemampuan menyimpan sel sperma dalam tubuhnya. Untuk membuat anak ikan molly selamat, maka alangkah baiknya jika ikan molly yang hamil dipisahkan dan dibuat akuarium tersendiri.

Setelah melahirkan, ikan molly tidak akan memangsa anak anaknya sendiri dalam waktu 24 jam. Ikan molly yang baru saja melahirkan akan menghasilkan hormon yang bisa mencegahnya dari kelaparan.

Jika telah 1 hari, kalian bisa memindahkan ikan molly besar ke aquarium lain dan diberi makanan ikan molly seperti biasanya.

Itulah beberapa ciri ciri ikan molly hamil yang dapat diketahui dengan mudah dan kasat mata. Berikan perawatan khusus kepada ikan molly yang sedang hamil sehingga mereka bisa melahirkan dengan sehat dan bisa lekas pulih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :