Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Anak Ikan Cupang dan Harganya Referensi Untuk Anda

Makanan anak ikan Cupang  tersedia berbagai jenis baik  yang alami maupun buatan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memperhatikan jenisnya karena beberapa tipe memiliki kebiasaan khusus. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizinya guna menunjang tumbuh kembangnya.

Beberapa Referensi Makanan Anak Ikan Cupang

Ikan Cupang saat ini menjadi burun banyak orang. Bahkan beberapa diantaranya rela merogoh kocek cukup dalam untuk memilikinya dengan tipe yang diidamkan. Hal ini menjadikan peluang besar untuk para peternak, agar mendapatkan hasil maksimal berikut ini rekomendasi pakannya :

Makanan Anak Ikan Cupang

1. Udang

Makanan ini dipercaya menjadi salah satu bahan yang dapat membuat warna dari ikan Cupang semakin bagus. hal ini karena pertumbuhan pigmen dalam tubuhnya  bisa lebih cepat dibandingkan dengan lainnya. Meski begitu,  hindari pemberian berlebihan.

Usahakan pemberiannya tetap selang-seling agar tidak kelebihan nutrisi. Cara penyajiannya adalah dengan memotongnya jadi sekecil mungkin. Sebelum Anda potong usahakan mengupas kulitnya supaya lebih lunak dan tidak membuat tersedak. Untuk harganya berkisar mulai dari Rp. 64.900 / kg.

2. Cacing Beku

Cacing beku sendiri bisa menjadi pilihan yang bagus karena mudah didapatkan dengan harga Rp. 10.000 saja. Anda dapat membelinya dari toko online yang dikemas dalam wadah. Anda tidak perlu khawatir karena sebelumnya pakan tersebut sudah melalui tahap pemilihan agar tepat guna.

Sebelum menggunakan cacing beku, ada baiknya Anda memilih terlebih dahulu jenis cacing sesuai dengan ikan. Hal ini karena beberapa harus mencari jenis khusus untuk menunjang kesehatannya serta warnanya agar tetap cerah.

3. Kutu Air

Bahan ini menjadi salah satu jenis pakan alami untuk anak ikan Cupang agar tercukupi nutrisinya. Kandungan gizi makanan ikan cupang didalamnya sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuhnya serta membantu agar memiliki warna kulit yang bagus dan terawat dengan baik. Untuk harganya sendiri hanya Rp. 10.000.

Meski demikian, Anda harus tetap memvariasikan dengan bahan lainnya agar tidak berlebihan nutrisinya. Cara penyajiannya yaitu terlebih dahulu mengukusnya. Usahakan tidak terlalu sering memberikannya, karena bisa membuat air di dalam kolam cepat keruh.

4. Artemia

Merupakan jenis udang yang hidup di laut dan dikenal dengan nama brine shrimp. Ukurannya sendiri cukup kecil, namun memiliki nutrisi sangat banyak. Hal ini membuatnya banyak digunakan sebagai pakan ikan salah satunya Cupang. Namun paling tepat yaitu untuk yang masih dalam pembibitan.

Sebelum memberikannya kepada ikan, usahakan terlebih dahulu mencucinya agar lebih bersih dan tidak mengandung bakteri berbahaya di dalamnya. Hal ini dapat mengganggu pertumbuhannya serta perkembangan warna tubuhnya. Selain itu untuk mengurangi kandungan garam di dalamnya. Untuk harganya sendiri, yaitu mulai dari Rp. 9.000 saja.

5. Infusoria

Merupakan makanan ikan Cupang alam yang masuk dalam jenis invertebrata kecil yang hidup di air. Agar bisa mendapatkan bahan makanan ini adalah dengan cara membudidayakannya sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan kol atau sawi yang dibiarkan membusuk, kemudian direbus.

Selanjutnya pisahkan dengan sarinya, yaitu dengan cara diperas. Setelah itu simpan sekitar 3 hari di tempat teduh, selanjutnya akan muncul hewan kecil berwarna putih. Segera berikan bahan makanan ini kepada ikan, karena hanya dapat bertahan sekitar satu minggu saja. Jika membeli jadi, harganya sendiri muali dari Rp. 50.000 saja.

Demikian penjelasan ikanesia.id terkait dengan makanan anak ikan Cupang  yang perlu Anda ketahui agar tumbuh kembangnya baik an tidak terganggu. Oleh sebab itu, sebelumnya cari informasi terkait hal tersebut secara mendetail untuk menghindari terjadinya kesalahan.