Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Lungfish, Ikan Yang Ada Dalam Surat Al Kahfi

Ikanesia.id - Dalam kita suci Al-Quran tentu Allah memberikan banyak sekali petunjuk sebagai pedoman hidup umat muslim, selain menjadi pedoman juga merupakan penolong dan penyelamat kita umat muslim dari kesesatan dan kesengsaraan dalam hidup di dunia yang fana ini.

Didalam kitab suci Al-Quran pun, banyak sekali pembahasan mengenai berbagai macam hal, salah satu diantaranya mengenai binatang. Binatang apa yang tidak diperbolehkan untuk dimakan, lalu binatang apa yang harus dihindari untuk disentuh dan tentu masih banyak lagi.

Mengenal Ikan Lungfish, Ikan Yang Ada Dalam Surat Al Kahfi

Salah satu surat dalam al quran yang membahas mengenai binatang atau lebih tepatnya hewan air adalah surat Al-kahfi. Surat yang dipercaya jika dibaca setiap hari jumat akan menyelamatkan kita dari kesesatan da’jal ini membahas mengenai seekor hewan air, yaitu Ikan Lungfish.

Hewan ini di bahas dalam surah Al-kahfi 65 sampai dengan 82. Ikan ini dikisahkan dalam kisah nabi musa. Maka dari itu kami ingin sekali membahas mengenai ikan Lungfish ini.

Dengan izin Allah ikan ini memiliki kelebihan seperti tidak akan matinya ia walau ia tidak makan bahkan ia mampu bertahan dalam 3 tahun berturut-turut. Ini adalah bentuk kebesaran dari Allah yang sangat luar biasa.

Ikan Llungfish mempunyai sebutan lain loh, kebanyakan orang juga mengetahui ikan ini dengan sebutan Lungfish African atau biasa juga disebut tana, atau Tana Llungfish,

Baca Juga : 8 Jenis Ikan Aligator

Kalau kamu bisa membayangkan betapa cantik dan uniknya ikan ini. sedikit berbeda dengan ikan ada umumnya karena ini ini memiliki kaki. Ia hampir serupa dengan belut, tentu sama dengan ikan lainnya, ikan ini memiliki ciri khas berupa corak unik pada tubuhnya.

Yuk langsung saja kita kenalan lebih jauh dengan ikan unik satu ini, simak ulasan lengkapnya dibawah ini ya!

Apa Saja klasifikasi Ilmiah Pada Ikan Lungfish 

Ikan ini masuk dalam kingdom dan familia dari animalia dan Protopteridae , sama seperti ikan pada umumnya. Ada dalam kelas Actinopterygii.

Ikan yang memiliki nama latin Protopterus Annectens ini juga masuk dalams Species P.annectens. untuk genusnya ikan Lungfish ini adalah Protopterus dalam Ordo Lepidosireniformes. 

Ciri-ciri Ikan Lungfish 

Ini adalah hal yang menarik untuk dibahas yaitu ciri-ciri daripada ikan lungfish ini. sebab ikan lungfish ini memiliki ciri yang sangat unik dan lucu, bahkan berbeda dengan ikan yang lainnya. Ini dia ciri-ciri daripada ikan lungfish :

  • Bisa dilihat bentuk mulutnya yang cukup menonjol
  • Ukuran daripada matanya mungil
  • Sering kali dimiripkan dengan belut, karena bentuknya hampir sama dengan belut
  • Memiliki ukuran badan kurang lebih 15 kali daripada kepalanya.
  • Memiliki kaki pada bagian kanan dan kiri badannya (Meski sebenarnya itu sirip) tai memang ikan ini menggunakan sirip juga untuk berjalan
  • Punya insang sebanyak 3 buah, berbeda dengan ikan pada umumnya bukan?
  • Untuk warna pada tubuhnya, ikan lungfish ini memiliki punggung berwarna coklat. 
  • Memiliki bintik pada tubuhnya berwarna gelap seperti hitam
  • Meski gelap warna punggung dan bintiknya, berbeda dengan warna perut yang cenderung terang.
  • Hewan ini terkenal panjan dan panjangnya bisa sampai 1 m.

Itu dia ciri unik yang dimilki oleh ikan lungfish ini.

Habitat Asal Ikan Lungfish 

Ikan lungfish ini memang tidak didapat disebutkan pasti dari mana asal muasalnya. Karena ikan ini bisa kamu temukan dimana-mana. Beberapa diantaranya di :

  • Sierra Leone, 
  • Guinea, Togo,
  • Pantai Gading, 
  • Kamerun, Niger, 
  • Nigeria, 
  • Burkina Faso, 
  • Gambia, Ghana, 
  • Republik Afrika Tengah, 
  • Chad, 
  • Benin, 
  • Senegal,
  • Kenya,
  • Mali, 
  • Sudan.

Jadi untuk menemukan ikan ini kamu bisa mencoba temukan ikan ini di dalam daftar negara yang tertera diatas. Di indonesia memang cukup sulit karena memang tidak ada.

 Apa saja makanan yang biasa dimakan ikan lungfish?

Selain memiliki bentuk yang unik, ternyata dalam hal makanan pun ikan ini cukup unik. Kebanyakan orang mengira ikan ini karnivora namun faktanya adalah ikan lungfish ini adalah seekor ikan omnivora. Dimana ia biasanya makan kerang dan juga bahkan ikan,  tidak hanya itu ia juga makan sejumlah tanaman.

Kalau kamu berminat memelihara ikan ini, tentu kamu gak akan pernah merasa kesulitan dalam hal makanan. Karena makanan daripada ikan ini cukup sering ditemui. Kamu bisa memberinya ikan-ikanan dengan ukuran mungil, contohnya lele atau bisa juga nila. Ia juga menyukai udang.

Baca Juga : 5 Ikan Predator Untuk Pemula

Dan hal yang perlu kamu tahu bahwa ikan ini merupakan ikan yang sangat baik dalam berpuasa, karena ikan ini dapat bertahan hidup dengan sangat lama tanpa adanya makanan. Bahkan bukan hanya sehari dua hari atau sebulan dua bulan, selama 3 tahun bahkan lebih. Maka dari itu ikan lungfish ini ikan yang sangat tidak akan membuat pusing pemeliharanya.

Bagaimana sih karakteristik dan juga habitat dari ikan ini?

Lungfish ini merupakan ikan yang kerap kali ditemukan di sebuah rawa. Untuk sifat daripada ikan ini ialah ia salah satu jenis ikan yang tidak aktif, dan biasanya kalaupun ia bergerak itu ada alasannya, nyaitu adalah ketika dia sedang memburu mangsa. Lalu ketika ia sedang ingin bernafas pada permukaan. Yang terakhir adalah ketika ia sedang mencari tempat ternyamannya untuk ia berdiam diri.

Jika kamu berniat menjadikan ikan ini sebagai peliharan kamu sebaiknya saran kamu untuk jangan menyatukan ikan lain ada tempatnya. Tentu ini akan berbahaya untuk ikan lainnya.

Kenapa berbahaya? Ikan ini merupakan ikan yang diam diam menghanyutkan. Dengan sigap ia bisa memburu ikan lainnya yang ia kehendaki. Maka dari itu hindari menyatukan ikan lain dengan Lungfish di dalam satu tempat ya

Baca Juga : Hukum Memelihara Ikan Dalam Islam

Ya itu dia beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada kamu, mengenai ikan yang disebutkan dalam ayat Suci Al-Quran khususnya dalam surat Al-kahfi.

Ternyata banyak hal besar yang pada ikan Lungfish ya, yang tadinya kita tidak tahu menjadi tahu. InshaAllah ini akan menambah pengetahuan kalian mengenai ikan Lungfish ini.

Jika kamu memang berniat memeliharanya, maka pelihara lah dengan sebaik mungkin ya. jaga dan rawat dengan baik, sesuaikan tempat tinggal hingga makanan sesuai dengan yang ia senangi.

Ikan ini memang sangat lucu dan unik dari sifat maupun fisiknya, maka dari itu ikan ini memang cocok untuk dipelihara, apalagi tidak perlu perawatan ekstra dalam merawat ikan ini. yang tentu sangat memudahkan kamu dalam merawat ikan Lungfishnya.

Baca Juga : Ikan Purba Yang Masih Hidup Sampai Saat Ini

Hindari beberapa hal terlarang yang dijelaskan diatas ya. senang bisa berbagi informasi ini kepada kamu. Semoga informasi ini bisa sangat bermanfaat untuk kamu, sampai berjumpa di pembahasan yang berikutnya.