15 Jenis Ikan Manfish Atau Angelfish Lengkap Beserta Harganya

ikanesia.id - Ikan Manfish atau angelfish merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari keluarga cichilds. Ikan manfish ini salah satu ikan yang sangat populer di kalangan hobbies ikan hias. Nama ilmiah dari ikan manfish ialah Pterophyllum.

Ikan manfish berasal dari sungai - sungai di amazon amerika selatan. Ikan manfish mempunyai ciri - ciri bentuk tubuh seperti layang layang mempunyai 2 sirip lengan kebawah.

Ikan manfish merupakan ikan yang sangat rakus dan terkadang dari mereka ada yang jail alias galak terhadap ikan lain. Makanan ikan manfish berupa cacing sutra, cacing beku, jentik nyamuk, tubifex dan juga pelet.

Jenis Jenis Ikan Manfish Atau Angelfish Lengkap Beserta Harganya

Ikan manfish merupakan ikan yang cocok dipelihara di aquascape karena ikan ini termasuk ikan yang mudah ditemukan di penjual ikan dan juga tidak terlalu rewel dalam hal perawatan.

Cara merawat ikan manfish kalian harus siapkan aquarium berukuran setidaknya 100 liter air dan filter aquarium yang mencukupi. Suhu air dala aquarium yang diperlukan sekitar 26 - 30 derajat celcius. sementara pH nya berkisar 6 - 7. Ukuruan tersebut sebenarnya bukanlah kewajiban karena ikan manfish dapat dilatih dengan kondisi air yang berbeda.

Tankmate terbaik ikan manfish adalah ikan discus, hindarilah tankmate yang berukuran kecil seperti ikan tetra, ikan guppy dan lain-lain karena ikan manfish bisa saja menggigit ikan -ikan yang terlalu kecil.

Ikan manfish mempunyai berbagai macam jenis serta warna yang berbeda - beda dan juga harga ikan manfish pun berbeda - beda tergantung jenis dan ukurannya.

Baca Juga


Jenis Jenis Ikan Manfish

1. Zebra Angelfish

Jenis Ikan Zebra Angelfish

Ciri ciri ikan zebra angelfish ialah terdapat strip garis - garis hitam di tubuhnya dan memilki mata yang merah. Maka dari itu ikan manfish ini disebut dengan nama zebra karena mirip dengan motif kuda zebra. Harga ikan manfish zebra atau zebra angelfish ini berkisar 5 ribu rupiah per ekor untuk ukuran 3 centimeter.  Jika dipasaran mungkin range harganya berkisar 5rb - 30rb tergantung ukuran-nya.

2. Platinum Angelfish

Platinum Angelfish

Manfish platinum ini mempunyai ciri ciri warna silver diseluruh tubuhnya. Harga ikan manfish platinum ini berkisar 5rb - 25rb per ekornya tergantung ukuran dan sellernya.

3. Marble Angelfish

Jnis Marble Angelfish

Marble manfish mempunyai ciri ciri kombinasi motif acak berwarna hitam dan putih. Harga ikan manfish marble berkisar 7rb hingga 20rb rupiah.

4.  Half Black Angelfish

Half Black Angelfish

Manfish jenis half black ini mempunyai ciri - ciri warna hitam setengah di tubuhnya. Harga ikan manfish half black ini mulai dari 5 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah per ekornya.

5. KOI Angelfish


Jenis ikan koi ini bukan ikan koi pada umumnya nama koi di ambil dari kombinasi warnanya yang menyerupai ikan koi jadi ikan ini di sebut angelfish koi. Harga ikan manfish koi berkisar 15rb - 75rb rupiah tergantun ukuran dan penjual.

6. Gold Angelfish


Jenis ikan gold angelfish ini sesuai namanya ikan ini mempunyai ciri ciri berwarna gold. Harga ikan gold angelfish ini berkisar 20rb - 100rb tergantung ukuran dan penjualnya.

7. Blushing Angelfish

Blushing Angelfish

Blushing angelfish ini berbeda dengan ikan manfish lainnya, ikan manfish jenis ini tidak mempunyai pigment warna pada tubuhnya sehingga ikan manfish ini terlihat seperti trasnparant. Harga ikan manfish ini berkisar 10 ribu rupiah hingga 75 ribu rupiah.

8. Silver Angelfish 

Silver Angelfish

Silver angelfish dan zebra angelfish mempunyai ciri ciri motif dan warna yang sama hanya saja silver angelfish ini hanya mempunyai strip hitam yang lebih sedikit dibanding silver angelfish. Harga ikan silver angelfish ini sekitar 5 ribu - 30 ribu rupiah per ekor.

9. Clown Angelfish

Clown Angelfish

Clown angelfish ini mempunyai ciri ciri tubuh yang dominan putih dan motif bercak bercak hitam ditubuhnya. harga manfish jenis ini belum saya ketahui mungkin nanti jika saya sudah dapat info harga manfish jenis ini akan saya edit dan ditambahkan disini.

10. Ghost Angelfish

Ghost Angelfish

Ghost angelfish merupakan jenis ikan manfish yang mempunyai ciri ciri warna pucat seperti gambar diatas. Untuk info harga juga belum diketahui.

11. Black Veil Angelfish

Black Veil Angelfish

Black veil angelfish merupakan jenis ikan manfish yang mempunyai ciri fisik berwarna hitam dan biasanya untuk jenis veil pada ikan manfish mempunyai ekor yang panjang seperti jenis ikan slayer. Harga ikan black veil angelfish berkisar 10rb - 70rb.

12. Albino Angelfish

Albino Angelfish

Albino angelfish ini mirip dengan platinum angelfish hanya berbeda di matanya sesuai dengan ciri khas albino yaitu mempunyai mata yang merah. Harga ikan ini berkisar 10rb - 100rb tergantung ukuran kualitas dan penjualnya.

13. Black Lace Angelfish

Black Lace Angelfish

Untuk jenis ikan black lace angelfish dan black veil angelfish ini sangat mirip ya mungkin dengan gambar di atas ini kalian dapat membedakannya. Harga ikan jenis inmi berkisar 15rb - 75rb.

14. Leopard Angelfish

Leopard Angelfish

leopard angelfish ini memiliki motif titik titik hitam ditubuhnya seperti lepard sehingga dinamakan leopard angelfish.Harga leopard angelfish sekitar 5rb - 30rb rupiah per ekornya.

15. Altum Angelfish

Altum Angelfish - Ikan Manfish Termahal

Altum angelfish merupakan ikan manfish termahal saat ini. Ikan ini memerlukan perawatan yang special dan mempunyai warna dan motif yang tegas. Ikan manfish altum ini juga dapat tumbuh besar hingga mencapai 6 inch. Harga ikan manfish altum bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Sekian 15 Jenis ikan manfish atau angelfish beserta harganya. Jika ada kesalahan kata dan gambar mohon dimaafkan. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya.

Labels: ikan manfish, tawar

Terimakasih Sudah Membaca 15 Jenis Ikan Manfish Atau Angelfish Lengkap Beserta Harganya. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: