Mengenal Si Cantik Ikan Golsom, Ikan Hias yang Galak - Ikanesia.id

Mengenal Si Cantik Ikan Golsom, Ikan Hias yang Galak

Ikanesia.id - Bagi kalian pecinta ikan hias atau para hobbies pelihara ikan hias tentu tak asing lagi  dengan ikan yang satu ini, ikan golsom. Yah ikan golsom merupakan salah satu jenis ikan hias yang penampilannya bisa  dibilang sangat cantik dan menggoda para pecinta ikan hias yang hobi pelihara ikan.

Mengenal Si Cantik Ikan Golsom, Ikan Hias yang Galak


Ikan golsom disebut juga dengan nama green terror dengan nama ilmiahnya Aequidens rivulatus dan konon ikan ini bukan asli dari perairan Indonesia lho. Tapi ikan ini aslinya berasal dari negara Peru dan Ekuador, perairan Amerika Selatan.

Baca Juga : Mengenal Ikan Frontosa Si Ikan Cichild Dari Danau Tanganyika

Ciri - Ciri Ikan Golsom

Ciri - Ciri Ikan Golsom

Ikan golsom mempunyai ciri khas dari sisiknya yang berwarna biru dan hijau metalik yang menjadikan penampilannya tampak terang bersinar. Dengan motif garis - garis dan bintik berwarna hijau dan biru di bagian wajahnya. Ikan golsom memiliki sirip punggung dan dada yang memanjang.
  
Pada ikan golsom jantan biasanya mempunyai warna yang lebih terang dan mencolok dibandingkan  ikan golsom betina, dan bagian sirip ekornya berwarna merah. Dengan perpaduan warna hijau, biru dan merah yang terdapat pada sepanjang tubuhnya itu yang menjadikan ikan golsom tampil cantik.

Ada perbedaan juga pada bentuk kepala antara ikan golsom jantan dan ikan golsom betina. Pada  ikan golsom jantan terdapat benjolan di bagian kepala, sedangkan ikan golsom betina tidak ada benjolan pada bagian kepalanya. Ikan golsom bersifat galak dan agresif, dan hal itu bisa menjadi teror bagi ikan lain di dalam aquarium. 

Baca Juga : Mengenal Dengan Ikan Lemon, Si Ikan Cichlid Yang Berwarna Kuning

Cara Mengembangbiakkan Ikan golsom

Ikan golsom sangat mudah dikembangbiakkan  karena ikan ini berkembang biak dengan sendirinya dalam habitatnya. Sedangkan untuk perkawinannya biasanya sesama ikan golsom jantan akan beradu kekuatan untuk mendapatkan ikan golsom betina, jadi siapa yang kuat dialah yang akan mendapatkan si golsom betina.
 
Setelah kawin si golsom betina akan mencari kubangan kecil sebagai tempat persembunyiannya dan tempat itu nantinya akan di jadikan tempat berlindung bagi anak - anaknya untuk menghindari dari serangan ikan - ikan lain.

Sedangkan untuk mengembangbiakannya sendiri  dalam aquarium caranya adalah :

  1. Gunakan aquarium yang besar dengan air bersih sebanyak 400 liter lebih.
  2. Gunakan parameter air dengan  pH 6.5 - 8.0 dan suhu 20 derajat sampai 40 derajat. Sebaiknya gunakan filter eksternal agar kadar nitrat dan amonia pada air terkendali. 
  3. Bila golsom betina sudah bertelur, kalian harus menyiapkan tempat inkubasi terpisah atau aquarium lain dengan kapasitas air yang sama dan diberi sprayer di atas telurnya. 
Ikan golsom cocok di pelihara dalam aquarium sebagai koleksi  bagi pecinta ikan hias. Namun alangkah baiknya bila dalam satu aquarium hanya ada dua sampai tiga ekor ikan hias karena bila terlalu banyak dikuatirkan ikan golsom akan  memangsa ikan hias lainnya karena ikan ini termasuk jenis omnivora yang bisa memangsa apapun yang di dekatnya. 

Baca Juga : Jenis Dan Daftar Harga Ikan Oscar Terbaru 2020

Makanan Ikan Golsom 

Karena ikan ini  jenis omnivora jadi bisa memudahkan kalian memberi makan apa saja, tapi harus yang berkualitas yah seperti cacing hidup atau beku, fillet ikan, jangkrik, udang, ikan kecil - kecil  atau pakan - pakan kemasan modern bergizi yang banyak di jual bebas.
 
Mengingat ikan ini jenis omnivora juga  maka jangan sekali - kali mencampurkan ikan - ikan yang lebih kecil ukurannya seperti Guppy, Neon Tetra, Cupang, atau sejenisnya. Karena hanya akan menjadi sasaran empuk si golsom yang galak ini.

Harga Ikan Golsom 

Untuk harga satu ekor ikan hias golsom sendiri bervariasi tergantung dari ukurannya, ukuran yang paling kecil dijual dengan harga mulai dari 20.000, untuk ukuran sedang mulai harga 40.000 dan untuk ukuran besar dijual dengan harga 70.000 keatas hingga ratusan ribu tergantung dari besarnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel