Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Dapat Di Gabung Satu Aquarium

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Dapat Di Gabung Di Aquarium

Pada dasarnya ikan hias dapat digabung di satu aquarium asalkan sama-sama cocok dan jenis ikannya. Bahkan ikan predator pun dapat di campur loh. Hal pertama yang harus di perhatikan adalah sifat ikan nya itu tersendiri. Misalnya kalian campur ikan yang jahil dengan ikan yang gampang stress biasanya ikan yang gampang stress bisa stress mulu dan lama kelamaan akan sakit dan mati. Jadi mencapur ikan yang jahil dengan ikan yang gampang stress tidak di anjurkan. Berikut saya berikan contoh apa saja ikan yang dapat di campur dalam 1 aquarium yang cocok.

Baca Juga

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Dapat Di Gabung Satu Aquarium


1. Ikan Guppy, Ikan Tetra, Ikan Molly, Ikan Platy Dan Ikan Rasboras

Cobalah kombinasi dari ikan jenis guppy, tetra, molly, platy dan rasboras ini ikan ini sangat cocok dan berteman dengan baik. Ikun tersebut memang sudah terkenal menjadi tankmates ikan guppy. Makanan ikan ikan ini pun jenisnya sama jadi tidak ribet dalam hal pemberian makan.

2. Ikan Mas Koki Dengan Ikan Blackghost

Banyak pertanyaan tentang ikan mas koki apakah ikan mas koki bisa digabung atau dicampur ? Ikan mas koki bisa bisa saja di campur dengan ikan lain tapi jangan mencampurkan ikan ikan yang kecil seperti ikan neon, guppy dan lain-lain. Cobalah jadikan ikan blackghost sebagai tankmates. Karakter blackghost dan ukuran ikan blackghost cocok untuk di satukan dengan ikan mas koki.

3. Ikan Discus dan Ikan Manfish

Ikan discus merupakan ikan hias air tawar favorit saya karena bentuknya dan warnanya yang indah. Ikan discus ini mempunyai karakter yang gampang stress. Sepengalaman saya memelihara ikan hias ikan discus ini salah satu ikan yang tersulit dipelihara. Saya pernah mencampur ikan discus dengan ikan manfish dan corydoras dan ternyata cocok. Namun ada ikan manfish yang sifatnya jahil tapi tidak semua manfish jahil. Saat mencampur ikan perhatikan pergerakan ikan selama seminggu jika ade ayem aja berarti cocok.

4. Ikan Arwana dan Ikan Datz

Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan predator yang biasanya di pelihara sendirian dalam satu aquarium. Namun terkadang penghobis merasa bosan saja arwana di pelihara sendiri. Biasanya mereka mencari tankmates untuk ikan arwana. Tankmate ikan arwana yang bagus menurut saya adalah ikan datz atau ikan tigerfish. Sama - sama jenis ikan predator dan sama-sama pemakan ikan kecil atau udang jadi tidak ribet juga dalam pemberian pakan. Yang di perhatikan dalam menggabungkan ikan predator adalah ukuran. Jangan sampai tankmates ikan predator ukuran nya muat di mulut. Jika ikan yang dipelihara muat di mulut ikan lain pasti di anggapnya sebagai makanan tapi jika ukuran nya sama makan akan menjadi teman.

5. Ikan Arwana dan Ikan Pari

Ikan pari sbagai tankmates ikan arwana ini paling the best dah. Arwana tipe perenang atas sedangkan ikan pari perenang bawah membuat pemandangan di aquarium menjadi sangan sempurna. Untuk memelihara ikan pari harus diperhatikan ukuran aquarium nya ya. Karena sayang aja karena harga ikan pari yang mahal dan harga ikan arwana yang mahal juga masa aquarium nya tidak mahal hehe.


itulah dia beberapa contoh ikan hias air tawar yang dapat di gabung di satu aquarium. Kalian bisa mencoba-coba ikan lain juga dengan cara memerhatikan pergerakan ikannya ketika pertama kali di campur. Jika tidak cocok atau berantem bisa kalian langsung pisahkan.

Labels: arwana, datz, guppy, molly, tawar, tips

Terimakasih Sudah Membaca Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Dapat Di Gabung Satu Aquarium. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: