Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Penyebab Ikan Discus Gampang Mati

Ikan discus merupakan salah satu ikan hias air tawar favorit saya loh, mungkin juga favorit kalian juga. Selain indah dan cantik ikan discus mudah sekali terkena penyakit. Maka dari itu banyak sekali hobies yang suka dengan ikan discus tapi ragu dikarenakan discus tiba-tiba miring, mudah stress, mudah terkena penyakit dan akhirnya mati.

Ini Dia Penyebab Ikan Discus Gampang Mati


Tips dari saya yang ingin memilihara ikan discus ialah satu "Jangan Kapok" hehe
Baca juga : Jenis Jenis Ikan Discus
Ada beberapa poin penyebab ikan discus gampang sekali mati yang mungkin belum diketahui oleh kalian. Poin ini juga penting buat yang ingin memulai memelihara ikan discus.

1. Air

Peliharalah air di dalam aquarium kalian. Kenapa air ? Air merupakan salah satu penyebab ikan discus gampang mati. Karena jika ingin memelihara ikan discus sebaiknya kalian peliharalah terlebih dahulu air aquarium kalian. Karena ikan discus sensitif sekali dengan parameter air seperti kualitas air, suhu air dan lain-lainnya. 

Air yang aman dan ideal untuk ikan discus ialah ph 6,5 sampai 7. Jika di bawah 6 ikan discus akan mudah stress dan jika di atas 7 ikan discus bisa saja beradaptasi namun ph air diatas 7 tidak memnungkinkan untuk breeding ikan discus. Sedangkan suhu aquarium yang cocok untuk ikan discus ialah 28 derajat hingga 31 derajat celcius.

Peliahara air dan coba stabilkan parameter air di rumah kalian. Jika air di rumah kalian stabil, boleh kalian mencoba memelihara ikan discus.

Siapkan juga air endapan yang digunakan untuk pergantian air. Kalian wajib melakukan pergantian air minimal sebulan sekali.
Baca Juga : Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih Dan Kinclong

2. Siapkan Aquarium Karantina

Sebelum membeli ikan discus hal kedua yang perlu kalian perhatikan ialah menyiapkan aquarium lain untuk karantina ikan discus. Fungsi karantina ikan discus ialah untuk beradaptasi dan mengobati stress pada ikan serta bakteri yang menempel di aquarium lama. Sehingga pada saat dimasukan ke akuarium kalian ikan discus terbebas dari penyakit dan terbebas dari stress.

Hal ini dilakukan pada saat membeli ikan discus baru atau ada ikan discus yang sakit. Untuk kasus ikan discus yang sakit biasanya di karantina terpisah menggunakan obat ikan tergantung jenis penyakitnya.

Penyebab ikan discus berguguran ialah tidak adanya aquarium karantina dan membiarkan discus yang sakit digabung dengan dscus lainnya. Sehingga jamur atau penyakit discus dari discus yang terjangkin menular ke ikan discus lainnya
Baca Juga : Daftar Harga Akuarium Rakitan Dan Akuarium Pabrikan Terbaru

3. Kenali Penyakit Ikan Discus

Kenali penyakit-penyakit ikan discus serta bagaimana cara penangannya yang tepat. Penyakit ikan discus antara lain velvet, bloating, jamur, cloud eye, berak putih, New discus disease(NDD) dan white spot.

Sudah banyak sekali obat ikan discus yang beredar di internet, kalian bisa cari sendiri obat untuk jenis penyakit penyakit di atas.

Banyak sekali yang salah dalam penanganan ikan discus sakit juga merupakan salah satu penyebab ikan discus mati.
Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit White Spot Pada Ikan Hias

4. Aquarium Utama / Main Tank

Persiapkan aquarium utama yang akan ditempati ikan discus kalian. Pastikan aquarium sudah memenuhi syarat memelihara ikan discus. Aquarium ikan discus wajib memiliki heater jika air dirumah kalian dingin, filter untuk cycling air di aquarium kalian dan juga jangan lupa pompa udara agar air di aqaurium kalian banyak mengandung oksigen.

Aquarium yang sudah siap dan sudah cycling dalam hal air dan filter dapat menghindari penyebab ikan discus mati pada saat baru datang atau dimasukan ke aquarium.
Baca Juga : Cara Membuat Aquarium Sendiri Dengan Mudah Di Rumah

5. Beli Ikan Discus

Belilah ikan discus yang sehat dan memiliki riwayat hidup yang terhindar dari penyakit. Hal tersebut hanya bisa ditanyakan langsung ke penjualnya.

Jika kalian membeli ikan discus baru dengan keadaan sakit. Ikan discus yang kalian beli bisa menulari ikan discus yang sehat di rumah kalian.

6. Tankmate Yang Tepat

Pilihlah jenis tankmate untuk ikan discus yang tidak agresif karena apabila agresif ikan discus akan mudah stress dan lama-lama menghitam dan mati.
Baca Juga : Jenis Ikan Pemakan Lumut Terbaik Yang Cocok Sebagai Tankmate Ikan Anda

7. Pakan Bersih

Pilihlah pakan yang bersih terhindar dari jamur. pakan yang tidak bersih dapat menimbulkan penyakit jamur dan bloating pada ikan discus.


Sekian beberapa poin penyebab ikan discus kalian gampang sekali mati. Semoga dengan adanya artikel ini dapat meminimalisir tingkat kematian ikan discus anda.

Memelihara ikan discus itu sebenarnya mudah asal kalian tahu caranya.
Baca Juga : 11 Daftar Pelet Ikan Louhan Yang Bagus Untuk Pertumbuhan Dan Warna

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :