Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Pakan Ikan Lele Supaya Cepat Besar

Rekomendasi Pakan Ikan Lele Supaya Cepat Besar - Pakan yang berkualitas merupakan salah satu dari sekian faktor yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan. Dalam budidaya ikan lele semakin cepat ikan lele besar maka semakin cepat juga panen ikannya.

Pakan ikan lele untuk budidaya tentu harus dilihat juga dari segi ekonomis  nya. Janganlah pakai pakan ikan lele yang termahal tapi memakai pakan ikan lele yang terbaik. Pakan ikan terbaik tidak harus mahal loh, pakan ikan yang baik untuk pertumbuhan ikan lele ialah pakan yang mempunyai proetin yang tinggi serta mengandung vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh ikan lele.

Rekomendasi Pakan Ikan Lele Supaya Cepat Besar

Pakan ikan lele yang baik juga berperan penting dalam budidaya ikan lele agar tingkat keberhasilan panen ikan sangatlah tinggi. Untuk memilih merk pakan ikan lele yang cocok bisa kalian coba rekomendasi pakan ikan lele terbaik agar ikan lele cepat besar ini :

Baca JugaHarga Ikan Lele Untuk Konsumsi Terbaru 2020

Rekomendasi Pakan Ikan Lele Supaya Cepat Besar


1. Pakan Lele Merk Hi Provit 781

Pakan Lele Merk Hi provit 781

Rekomendasi pertama pakan ikan lele yang baik ialah pakan merk hi provit 781. Pakan ini sudah banyak sekali digunakan oleh pembudidaya ikan lele. Pakan ikan tipe floating yang di produksi oleh  PT Central Proteina Prima Tbk ini memang di formulasikan untuk budidaya ikan lele. 

Hi Provit 781 mempunyai keungulan diantaranya terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi, memiliki nutrisi yang baik, meningkatkan nafsu makan ikan lele dan meningkatkan daya tahan tubuh ikan.


Pakan lele merk provit ini memiliki ukuran pelet 1mm,  2mm dan 3 mm sehingga cocok untuk pemberian pakan bibit ikan lele. Harga pakan lele merk Hi Provit 781 ini berkisar 360rb rupiah per 30kg atau sekitar 13rb rupiah per 1kg dengan kemasan repack.

2. Pakan Lele Merk Prima Feed (PF 0, 100, 200, 500, 800 & 1000)

Pakan Lele Merk Prima Feed (PF 0, 100, 200, 500, 800 & 1000)

Pakan ikan lele buatan PT Matahari Sakti ini masuk ke dalam rekomendasi pakan ikan lele yang baik untuk budidaya. Nilai PF0, PF100, PF200 dan seterusnya ialah nilah ukuran peletnya. Untuk bibit ikan lele yang berukuran kecil bisa menggunakan pakan merk prima feed PF0 hingga 200.


Pakan ini dibuat tidak hanya digunakan untuk budidaya ikan lele saja namun bisa juga digunakan untuk budidaya ikan lain seperti budidaya ikan nila, gurame, udang dan lain-lain. Keunggulan pakan prima feed ini ialah menggunakan bahan berkualitas, tersedia berbagai macam ukuran pelet, memperpanjang umur ikan dan menjaga kualitas air. Harga pakan ini berkisar 20rb-25rb rupiah per 1kg kemasan repack dan per karung nya di bandrol 195rb-250rb per 10kg.

3. Pakan Lele Merk Eko Feed

Pakan Lele Merk Eko Feed

Pakan ikan merk ekofeed buatan karawang ini juga banyak direkomendasikan oleh peternak ikan lele karena dapat membuat ikan lele cepat panen. Ada 3 macam eko feed yang beredar yaitu eko feed 2, eko feed 3 dan eko feed 4. Angka tersebut ialah ukuran pelet yang digunakan, eko feed 2 berarti menggunakan pelet berukuran 2mm.

Sama seperti pakan merk prima feed pakan eko feed ini juga dibuat untuk berbagai macam budidaya ikan. Harga pakan merk ekofeed ini berkisar 190rb-200rb rupiah per karung isi 30kg dan ukuran repack 1kg nya rata-rata dijual seharga 9rb rupiah.

4. Pakan Ikan Lele Merk SINTA

Pakan Ikan Lele Merk SINTA

Pakan ikan merk sinta buatan PT Sinta Prima Feedmill ini juga masuk dalam list rekomendasi untuk pakan ikan lele karena mengandung protein yang cukup agar ikan lele cepat besar. Pakan sinta mengclaim bahwa kandungan pakannya mempunyai nutrisi terbaik yang diproses dengan teknologi terkini. 

Pakan ikan sinta ini cocok digunakan untuk budidaya ikan lele, budidaya ikan mas, budidaya ikan nila, budidaya ikan bandeng, budidaya ikan patin dan budidaya ikan gurame. Harga pan ikan merk sinta ini berkisar 310rb per karung isi 30kg.


Selain menggunakan pakan pabrikan yang berbentuk pelet ada juga pakan alternatif dan pakan buatan agar ikan lele dapat cepat tumbuh besar. Mau tahu ? Yuk simak

Pakan Alternatif Untuk Ikan Lele

1. Tepung Ikan

Tepung ikan bisa kalian gunakan untuk budidaya ikan lele suapay cepat besar. Karena jenisnya tepung maka jenis pakan ini cocok sekali digunakan untuk bibit ikan lele. 

2. Daging Cincang / Giling

Daging ikan atau giling juga sering digunakan peternak untuk pakan ikan lele. Karena protein dari daging yang tinggi maka ikan juga dapat tumbuh cepat. Minusnya dari pakan ini mungkin bisa lebih mahal dan juga dapat membuat air amis dan keruh.

3. Maggot

Maggot sudah dikenal sejak dahulu kala untuk pakan alternatif ikan dengan kandungan protein yang tinggi. Maggot ialah hewan yang menyerupai ulat kecil-kecil yang saat ini sudah banyak juga yang membudidayakan maggot untuk pakan ikan maupun pakan burung.

4. Cacing Tanah

Cacing tanah juga sering digunakan oleh pembudidaya ikan sebagai pakan alternatifnya. Karena sulit mencari cacing tanah maka pakan ini biasanya digunakan hanya untuk selingan.

5. Bekicot

Tak hanya cacing tanah, ikan lele pun sangat lahap memakan bekicot loh. Pakan alternatif ini bisa kalian coba.

Sekian rekomendasi pakan ikan lele suapay lelenya cepat besar. Harga diatas dapat berubah-ubah tergantung penjual dan wilayah tempat kalian tinggal.

Jika rekomendasi pakan pabrikan diatas masih terbilang mahal dan pakan alternatif susah dicari kalian bisa coba membuat pakan sendiri. Cara membuat pakan ikan lele sendiri akan dibahas dilain kesempatan. Ditunggu ya 

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :